Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ekonomi

Ekonomi merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Lulusan sekolah ekonomi pun kebanyakan menuai sukses di dunia kerja. Entah sebagai karyawan maupun wirausawan. Namun kebanyakan kita menganggap bahwa mempelajari ekonomi hanya sebatas teori dan kurva-kurva saja. Padahal ada sejumlah alasan mengapa kita mesti mempelajari bidang ilmu tersebut.

Universitas Havard, Otago, dan berbagai perguruan tinggi di Inggris mempunyai jurusan ekonomi yang diminati begitu banyak mahasiswa mancanegara. Nah biar kita tidak menganggap enteng pentingnya ekonomi, berikut sejumlah alasan mengapa kita harus belajar ekonomi.

1. Memperluas Pengetahuan tentang Istilah-istilah Ekonomi

Mempelajari istilah-istilah ekonomi akan memberikan anda pemahaman yang lebih baik mengenai dinamika pasar secara menyeluruh. Selain itu, anda akan tahu bagaimana cara untuk mempraktekkannya di keseharian. Ekonomi pun tidak hanya seputar mempelajari serangkaian istilah-istilah tersebut.

Setelah mengetahui berbagai kosakata tersebut, anda bisa mengembangkannya ke dalam strategi bisnis. Misalnya dalam membuat keputusan dalam bisnis atau menentukan harga penjualan secara tepat.

2. Merupakan Jurusan Kuliah yang Prospektif

Anda bisa merujuk pada tabel di Liga Subjek Ekonomi. Di kolom prospek lulusan, mahasiswa ekonomi memiliki peluang yang cukup besar dalam memperoleh pekerjaan di bidang profesional, bahkan dalam waktu enam bulan pasca kelulusan.

Pada tahun 2017, jurusan ekonomi menempati urutan kedua dalam memperoleh besaran gaji dengan penghasilan rata-rata sekitar 9,821 Poundsterling lebih tinggi daripada mereka yang bergelut di pekerjaan non-profesional.

3. Ilmu yang Akan Diterapkan di Kehidupan Nyata

Ilmu ekonomi merupakan ilmu ada di tiap aspek kehidupan kita. Para pelajar akan memahami segala sesuatu terkait menentukan harga barang dan jasa. Selain itu, mereka juga akan paham tentang standar ekonomi yang bervariasi di tiap negara. Ilmu ekonomi juga begitu erat pengaplikasiannya dengan kehidupan nyata.

Anda akan mudah menilai dan melihat bagaimana keadaan pasar global yang sedang terjadi. Banyak pula universitas yang menawarkan kesempatan untuk menerapkan ilmu ekobomi di dunia kerja sembari belajar.

4. Melatih Kemandirian

Belajar ekonomi juga akan membuat siswanya lebih mandiri. Sebab ilmu ekonomi akan melatih para siswanya untuk langsung mempraktekkan ilmunya di kehidupan nyata. Kualitas pendidikan ekonomi di kebanyakan universitas Inggris bahkan mampu menarik minat mahasiswa mancanegara untuk belajar di dalamnya.

5. Ekonomi Merupakan Jendela Dunia

Ilmu ekonomi berlaku untuk hampir seluruh aspek kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari ekonomi, anda bisa mengetahui berbagai macam hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak, seperti:

  • Bisnis
  • Keuangan
  • Administrasi
  • Hukum
  • Pemerintahan, baik itu regional hingga tingkat nasional

6. Ilmu Ekonomi Memiliki Segudang Ketrampilan yang Berharga

Ekonomi lebih dari sekedar teori karena mencakup tentang cara berpikir. Dengan mempelajari ekonomi, anda akan mendapat cara yang logis dalam menghadapi berbagai masalah. Belajar ekonomi juga akan membantu anda dalam mengembangkan kemampuan dalam berbagai hal, diantaranya:

  • Ketrampilan komunikasi dan berhitung
  • Ketrampilan berpikir kritis
  • Menguasai literasi secara umum
  • Mendapat wawasan tentang biaya peluang dan pertukaran
  • Paham dan mampu mengevaluasi bagaimana proyek dan kebijakan pemerintah
  • Mendapat wawasan mengenai mekanisme alokasi sumber daya negara dan lingkungan secara umum

7. Jurusan Ekonomi Mampu Menciptakan Lulusan yang Hebat

Dalam dunia kerja di era sekarang, ketrampilan dan karakter pribadi yang kuat sangat diperlukan. Maka dari itu para pengusaha tertarik pada lulusan yang memiliki kriteria tersebut.

Jurusan ekonomi akan melatih para lulusannya dengan ketrampilan analisis serta pemecahan masalah yang sangat baik.  Tak heran jika jurusan tersebut mampu menciptakan lulusan yang hebat yang sangat diperlukan di dunia kerja.

8. Peluang Kerja Lebih Beragam

Berbagai ketrampilan yang dikembangkan melalui belajar ekonomi akan membuka banyak peluang karir bagi lulusannya. Masih ada persepsi keliru mengenai prospek pekerjaan untuk para lulusan ekonomi dimana dinilai tidak sebagis lulusan di bidang lainnya.

Menurut data terbaru dari Departemen Pendidikan, lulusan ilmu ekonomi rata-rata memperoleh 173% dari pendapatan rata-rata nasional setelah lima tahun lulus. Untuk presentase lulusan yang bekerja sekitar 73% dan sisanya melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi.

Dalam beberapa tahun terakhir, lulusan ekonomi dari Universitas Otago mendapat pekerjaan dalam bidang baik di sektor swasta maupun publik. Diantaranya:

  • Bank
  • Perusahaan Akuntansi
  • Firma Hukum
  • Perusahaan Leasing
  • Kementrian Luar Negeri & Perdagangan
  • Departemen Tenaga Kerja
  • Departemen Dalam Negeri
  • Kementrian Perdagangan
  • Administrasi Rumah Sakit
  • Badan Statistik
  • Universitas dan berbagai institusi pendidikan lainnya

9. Kita Bisa Bersikap dan Memberi Tanggapan Terkait Isu Ekonomi yang Sedang Terjadi

Karena anda serius mempelajari ekonomi, maka anda akan memiliki wawasan lebih luas dalam bidang ekonomi dibanding orang awam. Dengan demikian, anda bisa memberi tanggapan dan bersikap jika misalnya ekonomi memasuki masa resesi. Anda pun bisa memberi saran serta beberapa alasan tentang kondisi ekonomi tersebut.

10. Lebih Dari Sekedar Belajar Kurva

Banyak anggapan bahwa ekonomi hanya sebatas mempelajari kurva, grafis, model, dan segenap teori yang diangap membosankan. Pada kenyataannya, ilmu ekonomi lebih bervariasi dan tak sebatas teori saja.

Sejumlah teori ekonomi yang didasarkan pada asumsi tentang bagaimana perilaku orang-orang secara rasional dalam hal ekonomi. Karena tak hanya mempelajari teori saja, kita pun akan belajar bagaimana pentingnya kita untuk tahu apa yang harus dilakukan jika asumsi-asumsi tersebut gagal.

Maka belajar ekonomi tak hanya sekadar mempelajari kurva dan sejenisnya. Namun belajar tentang bagaimana bias kognitif yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan ekonomi. Tentu saja itu sangat penting untuk keberlangsungan hidup jadi lebih baik.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 alasan mengapa kita harus belajar ekonomi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



7 Alasan Mengapa Kita Harus Berhemat
Mengapa Harus Belajar Bahasa Lokal Saat Travelling?
Strategi Menabung Sesuai dengan Kondisi Ekonomi
Apa itu Hukum Permintaan?
Belajar Giat tapi Tak Kunjung Sukses, Mengapa?
Bagaimana Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi?
Inilah Alasan Orang Lebih Senang Menjadi Karyawan
Hal-hal Berikut Seharusnya Diajarkan di Sekolah
5 Alasan Mengapa Bisnisman Tidak Naik Pesawat Kelas Ekonomi
Financial Skill yang Harus Dipelajari di Sekolah


Bagikan Ke Teman Anda