Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Cairan Termahal di Dunia

Banyak hal di dunia ini yang dilabeli sebagai barang termahal. Penyebabnya beragam. Bisa karena barang itu langka, atau susah untuk dibuat. Mungkin Anda sudah sering mendengar mobil termahal di dunia, perhiasan termahal di dunia, atau atlet termahal di dunia. Yang satu ini sedikit berbeda.  Cairan termahal di dunia.

Apa saja yang termasuk cairan termahal di dunia dan mengapa? Segera temukan jawabannya.

1. Bisa Kalajengking (Rp 552 miliar per 3.78 liter)

Bisa kalajengking adalah cairan termahal di dunia dengan harga fantastis. Kalajengking menggunakan bisa untuk melindungi diri dari musuh dan menyerang mangsa. Hanya ada 25 spesies kalajengking yang memiliki bisa mematikan bagi manusia.

Bisa kalajengking mengandung protein yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada penderita multiple sclerosis, radang usus besar, dan radang sendi.

3. Bisa King Cobra (Rp 2,16 miliar per 3.78 liter)

King Cobra adalah ular paling berbisa di dunia. Bisa King Cobra bisa membunuh gajah dewasa. Meski mematikan, di dalamnya terdapat protein unik bernama ohanin. Protein jenis ini digunakan sebagai pereda nyeri yang 20 kali lipat lebih manjur dibandingkan morfin.

3. Asam Lisergat Dietilamida (Rp 7 miliar per 3.78 liter)

Zat ini pernah digunakan sebagai halusinogen pada tahun 1960. Terbuat dari asam Lisergat yang berbentuk kristal. Karena masuk dalam golongan NAPZA, penggunaan obat ini menuai kontroversi. Namun kandungan yang ada dalam asam cair ini terbukti dapat merawat depresi, kecemasan, dan ketergantungan obat.

4. Darah Horseshoe Crab (Rp 850 juta per 3.78 liter)

Dalam bahasa Indonesia, Horseshoe Crab disebut juga Belangkas atau Ketam Ladam. Sama seperti namanya, bentuk hewan ini memang menyerupai ladam kuda. Darah Horseshoe Crab menjadi salah satu cairan paling berharga dan termahal di dunia karena dapat digunakan untuk membuat berbagai macam obat.

Horseshoe Crab biasanya hidup di lautan dangkal dengan permukaan berpasir yang empuk dan berlumpur. Karena manfaatnya yang begitu tinggi, hewan ini dipanen dalam jumlah besar. Darah Horseshoe Crab berwarna kebiruan, kini digunakan untuk merawat berbagai macam penyakit. Kemampuan darah hewan ini dalam melawan racun bakteri telah ditemukan sejak 50 tahun yang lalu.

5. Chanel No. 5 (Rp 368 juta per 3.78 liter)

Selain menjadi salah satu parfum paling populer di seluruh dunia, Chanel No. 5 juga termasuk dalam cairan termahal dunia. Parfum ini diproduksi pertama kali pada tahun 1922 dan merupakah kolaborasi seorang ahli kimia, Ernest Beaux, dan Coco Chanel sendiri. Nama No. 5 sendiri diambil dari angka favorit Chanel.

Keunikan parfum ini ada pada aromanya yang dipercaya bisa membuat orang lain tertarik. Mahalnya Chanel No. 5 juga dipengaruhi oleh kemampuan sang desainer dalam memasarkan produknya. Setiap perilisan selalu dalam edisi terbatas sehingga satu orang akan membeli lebih dari 1 botol.

6. Insulin (Rp 133 juta per 3.78 liter)

Sebenarnya tubuh manusia bisa menghasilkan hormon insulin sendiri. Pankreas yang sehat adalah organ yang bisa memproduksi cairan ini. Namun pada penderita diabetes, pankreas mereka melemah sehingga tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah normal.

Hormon insulin sangat sulit untuk diproduksi dalam bentuk biosintesis. Kesulitan yang tinggi dalam proses penciptaannya membuat insulin begitu berharga dan menjadi salah satu cairan termahal di dunia. Cairan ini bisa mempengaruhi kelanjutan hidup seorang pasien diabetes. Meski harganya sangat tinggi, insulin dibutuhkan banyak orang. Kini para ilmuwan masih mencari cara untuk merawat diabetes dengan biaya yang lebih murah.

7. Merkuri (Rp 48 juta per 3.78 liter)

Merkuri adalah cairan beracun, sehingga tidak lagi digunakan sebagai bahan pembuat alat-alat medis. Meski demikian, merkuri masih dijumpai di dalam termometer untuk mengukur suhu badan. Cairan ini sangat mahal karena merupakan satu-satunya metal yang bisa mencair dalam suhu ruang.

Merkuri bisa digunakan untuk keperluan listrik seperti untuk konduktor, penerangan jalan, dan lampu neon. Sementara orang Cina percaya bahwa merkuri berguna untuk kesehatan dan bisa memperpanjang umur manusia.

8. Tinta Printer Warna Hitam (Rp 38 juta per 3.78 liter)

Rasanya tidak mungkin, tapi tinta printer yang Anda gunakan sehari-hari adalah salah satu cairan termahal di dunia. Asal tahu saja, betapapun harga printer yang Anda beli, Anda tetap harus menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli tintanya.

Pengguna pun tidak punya pilihan lain selain harus terus mengisi kembali tinta printer agar bisa digunakan. Tinta printer warna hitam juga termasuk cairan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

9. Asam Gamma Hydroxybutyric (Rp 35 juta per 3.78 liter)

Asam Gamma Hydroxybutyric atau GHB adalah cairan bernilai tinggi yang banyak manfaatnya di dunia medis. Obat ini digunakan sebagai anestetik umum, juga untuk mengobati narkolepsi (gangguan sistem saraf), ketergantungan alkohol, insomnia, dan depresi.

GHB bukan cairan yang langka. Zat ini dapat ditemukan dalam minuman bir dan anggur dalam kuantitas yang sangat minimal. Cara produksinya juga tidak sulit, bisa dihasilkan melalui proses fermentasi. Namun karena kegunaannya yang tinggi, cairan ini menjadi salah satu yang termahal.

10. Darah Manusia (Rp 21 juta per 3.78 liter)

Semua manusia dapat menghasilkan darah sendiri. Donor darah juga tidak dipungut biaya atau gratis. Namun ada beberapa jenis darah yang sangat langka dan jarang dimiliki. Darah langka ini menjadi cairan yang sangat berharga, dan termasuk yang termahal di dunia.

Selain itu, biaya pengiriman darah dari satu negara ke negara lain juga tidak murah. Diperlukan alat khusus untuk menjaga agar kandungan dan tekstur darah tidak berubah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 cairan termahal di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Perusahaan dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia
Mengapa Ada Orang yang Kaya dan Ada Orang yang Miskin di Dunia?
Kaum Top 1% Menguasai Separuh Kekayaan Dunia?
10 Negara Paling Panas Di Dunia
10 Negara Paling Pintar di Dunia (Berdasarkan Rangking IQ)
Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia
10 Negara dengan Bunga Bank Sentral Tertinggi di Dunia
Barang Mahal yang Layak Dibeli
10 Negara Paling Kelaparan di Dunia
10 Negara dengan Utang Tertinggi di Dunia


Bagikan Ke Teman Anda