Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Cara Berhemat yang Salah

Pernahkah Anda merasa, meski Anda sudah rajin menabung tabungan Anda masih segitu-gitu saja? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Adakah yang salah dari pola berhemat atau menabung Anda hingga uang tidak bisa terkumpul? Inilah yang harus dicari tahu.

Bahkan berhemat dan menabung pun perlu cara yang benar lho. Ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika Anda sedang menabung. Dengan teknik menyimpan uang yang benar, maka Anda tidak akan lagi merasakan mengapa tabungan Anda susah terkumpul.

Berikut adalah kesalahan umum yang sering dilakukan saat menabung dan harus Anda hindari.

1. Menabung di Rekening Bank

Saat Anda ingin mulai menabung, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah membuka rekening bank untuk menyimpan uang. Hal ini tentu tidak salah, tetapi menabung hanya di rekening bank bukanlah langkah yang bijaksana jika Anda ingin cepat kaya.

Bank hanya memberikan rata-rata 2% bunga setiap tahunnya, dan jumlah ini sangat sedikit. Jika tujuan Anda adalah memperbanyak uang, beralihlah pada investasi, bukan hanya menabung. Dengan melakukan investasi, Anda bisa menikmati keuntungan berlipat ganda dalam waktu singkat.

2. Memangkas Pengeluaran

Cara menabung yang paling jitu adalah dengan memangkas pengeluaran. Tapi bukan berarti Anda harus memangkas semuanya. Pangkas semua pengeluaran yang tidak penting dan tidak mendesak seperti barang-barang mewah, makanan tidak sehat, dan masih banyak lagi.

Pengeluaran yang tidak penting, meski jumlahnya kecil, tanpa disadari akan semakin menyulitkan Anda untuk menabung. Pilihlah pos-pos pengeluaran yang sekiranya tidak penting, lalu hentikan pengeluaran di bidang tersebut.

3. Berbelanja Saat Ada Diskon

Logikanya, jika membeli sebuah barang saat ada diskon, pengeluaran Anda pasti semakin sedikit. “Diskon” adalah stratgei pemasaran yang banyak dilakukan oleh toko untuk meningkatkan penjualan mereka.

Boleh saja Anda berbelanja saat diskon besar-besaran, namun pastikan Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut. Karena tidak jarang harga diskon justru lebih tinggi dari harga aslinya lho. Jadilah konsumen yang pintar dengan berhati-hati saat berbelanja dan tidak mudah tergoda dengan diskon besar-besaran.

4. Terlalu Fokus Memangkas Pengeluaran

Di poin sebelumnya telah disebutkan bahwa memangkas pengeluaran adalah langkah penting untuk menabung dan berhemat. Namun jangan hanya fokus pada memangkas pengeluaran saja, tetapi juga bagaimana meningkatkan pendapatan Anda.

Terlalu sering menghitung budget yang dimiliki hanya akan membuat Anda berpikir bahwa Anda serba kekurangan. Rasanya seperti berapapun yang Anda miliki tidak akan pernah cukup. Carilah kerja sampingan untuk menambah pendapatan sehingga Anda tidak akan punya pemikiran bahwa kondisi Anda serba terbatas.

Manfaat lain dari mendapatkan pekerjaan tambahan adalah Anda bisa menggunakan waktu secara lebih efisien, menghabiskan waktu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Jika jumlah pendapatan semakin besar, maka Anda bisa lebih leluasa mengatur keuangan.

5. Tidak Pernah Membawa Uang Tunai Saat Bepergian

Berangkat dari pola pikir “jika saya tidak membawa uang tunai, maka saya tidak akan mengeluarkan uang”, Anda menyimpan semua uang Anda di kartu kredit dan kartu debit. Padahal jika Anda terlalu sering bertransaksi dengan kartu, akan lebih sulit bagi Anda untuk mencatat pengeluaran.

Buat Anda yang sedang ingin menabung dan berhemat, uang tunai bisa menjadi sahabat terbaik. Alokasikan uang sejumlah tertentu setiap harinya, simpan uang tersebut di dompet saat Anda akan keluar rumah. Jika uang dalam dompet habis, maka Anda tidak boleh mengambil uang lagi. Berarti uang Anda untuk hari itu sudah habis.

6. Menyepelekan Budget atau Tidak Pernah Menyiapkan Budget

Budgeting adalah tahap yang sangat penting buat Anda yang ingin menghemat yang. Dengan menyiapkan anggaran, maka Anda sudah selangkah lebih maju dalam penghematan. Buatlah budget yang realistis untuk setiap pos pengeluaran yang ada, tuliskan dan tinjau kembali semua pengeluaran setiap bulannya. Setelah Anda melunasi semua pengeluaran di bulan itu, tabung sisa uang yang masih ada.

Mulai dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu, lalu tingkatkan seiring berjalannya waktu. Lama kelamaan, Anda akan punya kebiasaan menabung yang baik.

7. Memilih Cicilan Hutang Paling Minimum

Tidak semua manusia bisa hidup bebas hutang, bahkan lebih banyak manusia yang harus membayar hutang dan cicilan setiap bulan. Sebut saja itu cicilan rumah, cicilan mobil, dan masih banyak lagi.

Mencicil hutang dengan jumlah yang paling minimum awalnya memang terasa tepat, karena Anda masih punya sisa uang untuk kebutuhan lainnya. Namun jangan lupa bahwa setiap hutang pasti mengandung bunga. Jika jumlah cicilan minimum, maka jatuh tempo akam semakin panjang, dan jumlah bunga yang harus Anda bayar semakin besar. Sebisa mungkin bayar cicilan tepat waktu agar Anda bisa terhindar dari beban bunag yang terlalu besar.

8. Tidak Melakukan Catatan Pengeluaran

Setelah melakukan budgeting dan memangkas pengeluaran, langkah selanjutnya adalah mencatat pengeluaran secara rinci dan teliti. Apabila Anda tidak suka dengan cara mencatat keuangan konvensional, kini banyak aplikasi pencatatan keuangan online yang bisa dimanfaatkan.

9. Tidak Berinvestasi

Menabung adalah cara yang tepat untuk menambah uang, tetapi berinvestasi bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Jika Anda mencari pendapatan tambahan, investasi adalah pilihan yang tepat.

Seiring berjalannya waktu, kekayaan Anda akan bertambah melalui investasi. Selain itu investasi juga bisa menjadi pengaman finansial saat kondisi darurat muncul.

10. Terlalu Banyak Bertanya

Satu hal yang harus dihindari saat Anda mulai menabung adalah terlalu banyak bertanya dan meragukan setiap keputusan yang dibuat. Apakah saya berada di jalur yang benar dalam mencatat keuangan bulanan? Apakah investasi saya menguntungkan? Apakah saya masih punya uang untuk kebutuhan yang lain? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang justru membuat Anda ragu.

Jalani saja saat Anda memang ingin menabung, buat keputusan realistis, dan jangan terlalu banyak meragukan apapun yang Anda lakukan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 cara berhemat yang salah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Deposito?
Tip Sederhana untuk Berhemat
7 Cara Mudah Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga
9 Tips Membuat Keuangan Jadi Lebih Terorganisir
Cara Membuat Media Planning
5 Kebiasaan Soal Uang Ini Akan Membuat Anda Jadi Kaya
Dasar-Dasar Keuangan Pribadi (Personal Finance)
7 Kebiasaan ini Akan Membuatmu Jadi Milyuner
12 Cara Menghentikan Pengeluaran Uang dalam Jumlah Banyak
Tips Cepat Mengatur Keuangan yang Baik


Bagikan Ke Teman Anda