Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Umur 20-an Agar Umur 30-an Lebih Baik

Masa muda memang merupakan masa-masa yang paling menyenangkan dari semua fase hidup yang ada. Masa  muda adalah suatu masa dimana kita penuh dengan semangat, minat, dan seakan-akan bisa melakukan apapun yang kita suka tanpa takut gagal. Bisa dibilang, menjalani masa muda berarti kesempatan emas untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dan menghabiskan jatah kegagalan kita.

Berbicara tentang masa muda berarti berbicara tentang hal-hal yang perlu kita pelajari tentang kehidupan. Jangan sampai kita terlalu fokus bersenang-senang sehingga lupa untuk mempersiapkan masa depan. Kali ini kita akan membahas apa saja yang sebaiknya kita lakukan di masa-masa usia 20-an kita agar bisa memiliki kehidupan di umur 30-an yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya mulai kita terapkan sejak usia 20-an agar pada usia 30-an nanti hidup kita jadi lebih baik.

1. Percaya pada Diri Sendiri.

Sejak usia 20-an, kita harus belajar untuk membantu diri sendiri dan mengejar apa yang kita inginkan tanpa persetujuan atau bantuan orang lain. Kita perlu mengingat bahwa tidak ada yang bisa mengerti dan bisa diandalkan untuk membantu kita selain diri kita sendiri.

Kita harus mulai belajar berbagai cara untuk menyelesaikan masalah kita sendiri, sekaligus menemukan cara agar bisa sukses dengan kemampuan yang kita miliki. Kita harus bertanggung jawab atas nasib Anda sendiri.

2. Menjaga Kesehatan

Kehidupan di masa tua kita akan menjadi lebih baik ketika kita mulai menetapkan kebiasaan kesehatan yang baik di usia 20-an. Kesehatan yang dijaga sejak dini membuat hidup kita menjadi jauh lebih mudah.

Coba hitung berapa banyak kenalan kita yang masih berusia 30 namun terlihat seperti berusia 40 tahun karena mereka tidak mengurus diri mereka sendiri sejak muda.

Sebenarnya, tips menjaga kesehatan kita cukup mudah, seperti berolahraga setidaknya 3 kali seminggu, tidur 8 jam malam, makan makanan utuh, minum banyak air, dan menghindari obat-obatan.

3. Orang Tua Kita Belum Tentu Tahu Semua Hal yang Terbaik untuk Kita

Memang benar sebuah pernyataan yang menyebutkan bahwa orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun, kita juga harus tetap menyadari bahwa kedua orang tua kita mungkin tidak tahu apa yang terbaik untuk kita.

Jika orang tua kita tidak memiliki pendapat yang sama dengan apa yang kita inginkan, maka kita bisa mencoba untuk berdiskusi secara terbuka tentang apa yang kita inginkan dan kita butuhkan dengan kedua orang tua kita. Hormati mereka, namun jangan selalu bergantung pada pendapat mereka sepanjang waktu. Hal semacam itu justru bisa membuat kita tidak terbiasa mandiri.

4. Simpan Sekarang, Nikmati Nanti

Tips yang satu ini termasuk dalam hal-hal yang perlu kita perhatikan secara serius. Mulai sekarang, hematlah setidaknya 15% dari setiap uang yang bisa kita hasilkan. Keadaan ekonomi yang mapan tidak bisa didapatkan secara instan. Butuh proses yang harus dilakukan sejak muda. Percayalah, menjalani hidup dengan memiliki tabungan akan membuat kita lebih tenang.

5. Kita Istimewa jika Melakukan Sesuatu

Sebagai orang yang berusia muda dan masih memiliki semangat dan tenaga yang tinggi, tentu kita sering mendengar pujian dari orang lain bahwa kita istimewa. Bahkan di beberapa seminar motivasi kita didorong untuk percaya bahwa diri kita luar biasa.

Namun, satu hal yang harus kita ingat adalah bahwa kita dibilang luar biasa saat kita mulai melakukan sesuatu yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain. Jika kita ingin menjadi seseorang yang “Istimewa”, maka kita perlu untuk berhenti berbicara tentang kelebihan kita dan mulai melakukan sesuatu yang patut diingat oleh orang lain.

6. Kesuksesan Bukan Keberuntungan

Ya, memang benar jika ada orang yang menjadi sukses melalui keberuntungan. Namun jumlahnya tidak banyak. Karena itu, jika kita menginginkan sesuatu, kita harus mulai memikirkan suatu sistem atau cara yang bisa digunakan untuk mendapatkannya.

Kita bisa mulai mengumpulkan saran, tips, dan kiat-kiat dari orang-orang yang sudah berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan. Jika melakukannya, besar kemungkinan kita akan mendapatkan hasil yang sama.

7. Bersikap Lebih Terbuka terhadap Hal-hal Baru

Sebagai generasi muda, kita perlu memiliki kerendahan hati dan terbuka untuk pengalaman baru. Jika kita menjalani kehidupan kita dengan pola pikir yang stagnan, maka kita seolah hidup di dalam kotak. Kita bisa saja kehilangan banyak kesempatan yang ditawarkan kehidupan untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

8. Hindari Narkotika

Menjadi anak muda yang ketergantungan dengan narkotika bukanlah sesuatu yang membanggakan. Sudah banyak contoh orang yang seharusnya memiliki banyak potensi justru kehilangan semuanya karena narkoba. Jangan jadi yang selanjutnya.

9. Travelling

Jangan membuat diri kita menyesal dan berkata “sial, mengapa saya tidak melakukan perjalanan ke Asia Tenggara, Amerika Selatan atau Eropa ketika saya bisa!” Selagi masih muda dan belum terikat dengan kewajiban mengurus keluarga, ada baiknya kita membahagiakan diri kita dengan pergi ke tempat-tempat yang kita inginkan.

Dengan menghabiskan waktu membahagiakan diri sendiri di usia 20-an, kita bisa menjadi lebih stabil dalam menghadapi tantangan yang mungkin muncul di usia 30-an.

10. Perbanyak Tertawa

Hidup ini terlalu singkat untuk serius sepanjang waktu dan sangat fokus pada “maju”. Karena itu, cobalah untuk menjalani hidup dengan lebih santai namun memiliki target yang jelas. Jangan lupa untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dan membuat kita tertawa setiap harinya, agar kita tidak mudah merasa stress jika berhadapan dengan tantangan tertentu.

Nah itulah beberap persiapan yang bisa kita lakukan di usia 20-an demi hidup lebih baik di usia 30-an, kira-kira mana yang sudah kamu lakukan?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 hal yang harus dilakukan saat umur 20-an agar umur 30-an lebih baik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Nasihat Jitu nan Efektif bagi Anda yang Berusia 20-an
Yang Harus Dilakukan Ketika Umur 20an, agar Tidak Menyesal di Umur 30– 40an
Ingin Sukses? Kesalahan Ini Harus Dihindari Sebelum Usia 30
Apa itu Reksadana Pendapatan Tetap?
Apa itu Reksadana Pasar Uang?
Perbedaan Pola Pikir Kelas Menengah vs Kelas Atas
Metode-metode Pembobolan Rekening oleh Hacker
Apa itu Stock Split?
7 Cara Mudah Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga
Inilah 7 Kebiasaan yang Akan Membuat Anda Semakin Kaya


Bagikan Ke Teman Anda