Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Hal yang Harus Dilakukan Setiap Hari agar Menjadi Lebih Pintar

#pintar #setiap hari

Einstein berkata bahwa waktu itu Relatif. Jumlah waktu satu jam terkadang terasa sangat singkat, terkadang sebaliknya. Demikian dengan anda yang menghabiskan waktu anda sehari-hari. Rasanya baru kemarin masuk kuliah, rasanya baru kemarin tamat kuliah, dan rasanya baru kemarin anda masuk bekerja. Tapi meski banyak hal sudah anda lewati, pernahkah anda merasa bahwa anda berada di titik stagnan, dengan kualitas diri dan kemampuan otak yang terasa begitu-begitu saja?

Jika memang merasa demikian, yang anda perlukan adalah berhenti sejenak dan melihat perjalanan yang telah anda tempuh. Apakah anda sudah berada pada lingkungan yang tepat? Teman-teman yang tepat? Suasana yang tepat untuk mengembangkan diri anda? Jika merasa masih belum sesuai dengan yang anda inginkan, mungkin anda perlu mengevaluasi hal-hal berikut untuk mengembangkan diri anda. Yuk disimak!

1. Membaca Lebih Banyak Bacaan Berkualitas

Buku baik untuk anda, demikian juga artikel berkualitas. Yang harus anda batasi adalah membaca status di newsfeed facebook anda, memperhatikan instagram teman anda kemana ia dengan siapa, meladeni orang lalu berdebat di twitter, dan hal-hal tak bermutu lainnya. Sadarkan diri bahwa hal-hal semacam itu, meski menghibur namun tidak akan meningkatkan kualitas diri anda. Kecuali jika anda mengikuti semacam komunitas yang memberikan banyak feedback dan masukan pada social media anda.

Pilihlah yang anda baca, karena ia akan memenuhi ruang-ruang pemikiran anda secara sadar atau tidak sadar.

2. Yes Man

Pernahkah anda menonton film Yes Man, dimana seorang Jim Carey menjadi karyawan biasa dengan kehidupan monoton, lalu kehidupannya berubah 360 derajat dan ia menjadi lebih hidup karena berkata YES untuk setiap kesempatan yang datang padanya?

Terkadang kita harus mencoba hal-hal diluar kebiasaan kita untuk menemukan kemampuan lebih pada diri kita.

3. Beri Makan Otak Kanan Anda

Pekerjaan seringkali melelahkan. Dan otak kiri anda sudah lelah karena digunakan setiap hari. Bagaimana jika anda menyisihkan waktu untuk membiarkan otak kiri anda beristirahat dan membiarkan otak kanan anda bersenang-senang? Lakukan hal yang anda sukai seperti melukis, bernyanyi, membaca cerita fiksi, bahkan travelling.

4. Stay Foolish, Stay Hungry

Salah satu quote dari Steve Jobs ini menggambarkan dengan tepat bahwa anda harus menjadi orang yang tetap penasaran akan sesuatu. Jika anda menginginkan suatu jawaban atas pertanyaan yang timbul di benak anda, anda bisa langsung mencarinya di Google. Hal ini akan membuat anda tetap mengetahui hal-hal yang terjadi di sekitar anda bahkan dunia.

5. Punya Target

Jika selama ini hidup anda mengalir apa adanya dan anda tak punya ambisi apapun, anda akan cenderung tetap stagnan di tempat anda berada. Memiliki ambisi itu baik, asalkan dengan kadar yang tepat. Rencanakan sesuatu, targetkan sesuatu, susun rencana. Anda akan menemukan diri anda hidup dengan lebih bersemangat karena banyak hal yang anda nantikan di masa yang akan datang.

6. 70 persen mendengar, 30 persen berbicara

Masalahnya jika anda terlalu banyak berbicara, anda biasanya tidak akan mendapatkan apa-apa, karena anda terlalu banyak bicara mengenai diri anda sendiri. Banyaklah mendengar daripada berbicara, karena anda bisa belajar dari orang lain setiap orang memiliki pengalaman hidup yang bebeda-beda dan dapat anda ambil hikmahnya.

7. Menulis

Selain mendengarkan orang lain, anda juga harus pandai mendengarkan diri sendiri. Jika dunia terlalu bingar untuk anda mendengarkan suara hati anda, maka menulislah. Tulislah apapun. Mulai dari hal-hal penting hingga hal-hal remeh sekalipun. Tulis pemikiran anda, pribadi anda, apa yang sesungguhnya anda inginkan di sebuah aplikasi yang dapat anda update kapan saja. Jadilah jujur. Toh apa yang anda tuliskan tak ada satupun orang yang tahu.

Terkadang kita perlu mendengarkan diri kita sendiri untuk benar-benar mengetahui apa yang kita inginkan.

8. Menonton Ted Talk

Pernahkah anda menonton Ted Talk? Adalah sebuah acara talk show streaming yang membahas banyak hal. Anda bisa memilih untuk menonton talk show sesuai dengan topik yang menarik bagi anda. Topik di Ted disampaikan oleh orang-orang yang telah berpengalaman di bidangnya, sehingga anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan dari sini.

9. Bergaul dengan Orang yang Menyenangkan

Ada banyak orang di lingkungan anda, yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Bagi orang yang tidak menyenangkan, anda tidak perlu menyisihkan waktu khusus. Namun bagi orang yang menyenangkan, rutinlah menemuinya untuk sekedar mengobrol, bercengkrama, dan melakukan hal-hal menyenangkan bersama-sama. Mintalah feedback padanya untuk meningkatkan kualitas diri anda.

10. Batasi Penggunaan Social Media

Yang perlu anda lakukan adalah matikan notifikasi yang tidak terlalu penting. Misalnya notifikasi facebook, twitter atau wa yang tidak terlalu crucial. Jangan sampai anda menghabiskan waktu keseharian anda diinterupsi oleh berbagai notifikasi yang tidak penting, yang membuat konsentrasi anda akan hal-hal penting justru buyar entah kemana.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 hal yang harus dilakukan setiap hari agar menjadi lebih pintar, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.