Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Kesalahan saat Liburan ke Luar Negeri

Berlibur menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh siapa saja untuk melepas penat dari kesibukan beraktivitas. Namun tidak bisa dipungkiri, ketika kita pergi berlibur selalu saja ada kesalahan yang kita lakukan. Dampaknya, perjalanan menjadi tidak menyenangkan dan Anda menjadi lebih stress setelah pulang liburan. Hal ini bisa terjadi baik ketika Anda melakukan perjalanan di dalam atau ke luar negeri.

Bagaimana cara menghindari kesalahan saat berlibur?

Kuncinya adalah membuat rencana. Perencanaan yang sederhana bisa membuat Anda terhindar dari kesalahan umum yang dilakukan saat berlibur sehingga Anda bisa menikmati perjalanan tanpa rasa khawatir sedikit pun.

Inilah beberapa kesalahan yang umum terjadi saat berlibur dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya.

1. Membawa Terlalu Banyak Barang

Ketika Anda berkemas sebelum liburan, rasanya ingin membawa sebanyak mungkin baju untuk berjaga-jaga di semua kegiatan yang mungkin dilakukan. Jika ini yang Anda lakukan, Anda akan kerepotan membawa barang-barang dan terkena biaya tambahan di bandara.

Apabila tas Anda terlalu penuh, keluarkan setengah dari semua baju yang Anda bawa. Percayalah Anda tidak akan memakai semua baju yang Anda bawa. Untuk menghemat ruang dalam koper, Anda juga bisa mencuci baju di perjalanan.

2. Tidak Mempersiapkan Paket Data Ponsel

Saat Anda pergi ke luar negeri, Anda harus mengecek paket internet pada ponsel Anda. Jangan sampai Anda terkena biaya roaming yang mahal. Jika ternyata internet ponsel Anda tidak mencakup layanan ke luar negeri, matikan data seluler dan aktifkan mode pesawat sebelum terbang. Anda bisa memanfaatkan wi-fi publik yang tersedia atau membeli langganan data internasional jika Anda benar-benar membutuhkannya.

3. Jadwal Penerbangan yang Terlalu Mepet

Saat bepergian ke luar negeri, Anda mungkin harus melakukan transit dan berpindah pesawat untuk sampai ke tujuan. Jadwal penerbangan bisa menjadi tidak terduga. Jika penerbangan pertama Anda delay, Anda hanya punya sedikit waktu – atau tidak ada sama sekali untuk penerbangan berikutnya.

Untuk menghindari hal ini, pesan tiket dengan jangka waktu yang cukup aman di antara dua penerbangan. Jarak yang paling ideal adalah dua jam, sehingga jika terjadi delay, penerbangan Anda yang selanjutnya masih aman.

4. Tidak Menukarkan Uang di Bandara

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah tiba di bandara adalah menukarkan uang yang Anda bawa dengan mata uang lokal. Menukarkan uang di ATM yang tersedia di bandara lebih menguntungkan karena nilai tukar yang lebih baik. Sangat penting membawa mata uang lokal saat bepergian ke luar negeri untuk membayar ongkos tranportasi umum atau taksi.

Meski Anda lebih suka bertransaksi dengan kartu kredit, tidak ada salahnya menyimpan sedikit uang tunai di kantong—tidak semua tempat menyediakan pembayaran dengan kartu kredit, misalnya pasar tradisional.

5. Tidak Membeli Asuransi Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa untuk membeli asuransi sehingga ketika penerbangan dibatalkan atau ada keperluan mendadak yang membuat Anda tidak bisa melakukan perjalanan, Anda tidak akan kehilangan banyak uang. Anda bisa memilih asuransi yang mencakup biaya kesehatan jika asuransi kesehatan Anda tidak menyediakan layanan di luar negeri.

6. Tidak Memeriksa Kebutuhan Visa

Visa seringkali menjadi masalah ketika Anda bepergian ke luar negeri. Setelah menentukan destinasi, cek apakah visa di negara tersebut dapat digunakan di negara lain atau tidak. Masalah visa bisa mengganggu, bahkan membatalkan perjalanan jika Anda ditolak di imigrasi.

7. Memasukkan Terlalu Banyak Destinasi dalam Sekali Perjalanan

Bagi sebagian besar dari Anda, ke luar negeri adalah kesempatan langka sehingga Anda ingin memaksimalkan perjalanan. Namun bukan berarti Anda bisa memasukkan semua tempat dan negara yang ingin dikunjungi dalam sekali waktu. Bukannya mendapat kepuasan, Anda malah akan merasa stress karena harus mengejar jadwal perjalanan berikutnya. Tujuan liburan yang awalnya untuk bersenang-senang justru membuat Anda jauh lebih lelah yang seharusnya.

8. Tidak Mengecek Rencana Perjalanan Secara Rutin

Membuat rencana perjalanan atau itinerary adalah sebuah kewajiban sebelum melakukan perjalanan. Lebih penting lagi untuk mengecek rencana yang sudah Anda buat setiap saat untuk memastikan tidak ada yang terlewat. Simpan itinerary yang telah dibuat di ponsel Anda sehingga Anda bisa mengeceknya dengan mudah sewaktu-waktu.

9. Mengasumsikan Transportasi Publik yang Mudah di Semua Tempat

Ini adalah pemikiran yang salah. Tidak semua kota besar di negara maju memiliki akses transportasi yang mudah dan murah. Jika Anda pergi ke Paris, Anda hanya perlu membayar sekali saja untuk berkeliling kota. Namun lain halnya jika Anda pergi ke Roma, karena lokasi stasiun yang sangat jauh dari pusat kota sehingga Anda perlu naik taksi untuk pergi ke sana.

Bersiaplah untuk hal-hal tidak terduga seperti ini. Lakukan riset sederhana tentang sistem transportasi di suatu kota atau negara sehingga Anda tahu apa yang harus Anda lakukan saat tiba di sana.

10. Jangan Tergoda dengan Harga Tiket Murah

Karena ingin berhemat, Anda menentukan tujuan wisata berdasarkan harga promo tiket yang paling murah. Tapi Anda lupa memperhitungkan faktor lain seperti biaya penginapan, biaya makan, dan transportasi. Jangan sampai Anda terjebak dengan biaya hidup yang mahal di sana hanya karena tergoda oleh harga tiket yang hanya separuh dari harga normal.

Sebelum membeli tiket, perhitungkan semua pengeluaran lain yang penting agar Anda tidak terjebak dan pengeluaran justru membengkak.

Itulah beberapa kesalahan dalam bepergian yang harus Anda hindari. Persiapkan segala hal dengan matang sebelum berangkat untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan jika Anda sudah mempersiapkan semuanya, kesalahan dan hal lain yang tidak terduga tetap terjadi. Namun setidaknya, Anda sudah menyiapkan langkah antisipasi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 kesalahan saat liburan ke luar negeri, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Berlibur Keluarga dengan Harga Hemat
10 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit
9 Kesalahan Umum dalam Mengambil Kredit
Alasan Mengapa Kita Perlu Belajar ke Luar Negeri?
Kesalahan yang Sering Dilakukan di Bandara
Tip Membawa Bagasi di Pesawat
8 Kesalahan-kesalahan Merencanakan Keuangan Keluarga
Kesalahan Umum Pembeli Rumah Pertama
Mengapa Harus Belajar Bahasa Lokal Saat Travelling?
10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi yang Harus Dihindari


Bagikan Ke Teman Anda