Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Langkah untuk Menjadi Kaya

#langkah menjadi kaya #tip keuangan

Siapa yang tidak ingin menjadi kaya di dunia ini? Banyak orang mengusahakan berbagai cara untuk bisa mendapatkan kekayaan yang diinginkan, namun tidak banyak yang berhasil. Jika Anda termasuk yang sudah banyak berusaha namun belum juga membuahkan hasil, mungkin Anda perlu melakukan beberapa perubahan. Berikut adalah langkah-langkah yang diberikan oleh ahli keuangan supaya Anda bisa menjadi kaya.

1. Pengeluaran Harus Lebih Sedikit dari Pendapatan

Hal ini sebenarnya sudah diketahui oleh hampir kebanyakan orang, bahkan terabadikan dalam pepatah untuk tidak besar pasak daripada tiang. Namun pada prakteknya, sulit untuk menahan diri dari membeli sesuatu yang diinginkan apalagi jika Anda memiliki uang. Karenanya, Anda perlu menguatkan dan mendisiplinkan diri lebih untuk tidak mengeluarkan uang dengan seenaknya terutama jika sudah melebihi pendapatan. Alih-alih menjadi kaya, justru hal itulah yang akan cepat mengantarkan kita pada kemiskinan.

2. Hutang Adalah Wabah Bencana yang Berbahaya, Hindarilah!

Anda boleh memiliki hutang jika berada dalam salah satu atau dua keadaan ini: keadaan yang memaksa atau Anda akan mendapatkan lebih banyak dari yang dibayar. Selain itu, hindari hutang sejauh-jauhnya dan sebisa mungkin seperti Anda menghindari penyakit menular yang mematikan. Hutang memang sama berbahayanya dengan penyakit, bisa perlahan menggerogoti uang serta tabungan dan tentunya membuat hidup Anda sengsara.

3. Investasi Saat Orang Lain Takut Melakukannya

Saat perekonomian memburuk dan orang-orang cenderung ketakutan untuk melakukan tindakan finansial, itulah saatnya Anda menginvestasikan dana yang selama ini ditabung dengan rajin. Seperti layaknya hal lain di dunia ini, perekenomian akan selalu mengalami naik turun dan baik buruk keadaannya. Ketika perekonomian tidak begitu baik, biasanya harga lebih rendah sehingga Anda bisa berinvestasi lebih banyak untuk kesuksesan di masa mendatang.

4. Pilih Salah Satu, Menjadi Kaya atau Terlihat Seperti Orang Kaya

Ingatlah hal ini, bahwa Anda boleh saja berusaha mencapai keduanya namun tidak akan punya cukup waktu dalam hidup ini. Lagipula, orang kaya yang sesungguhnya tidak perlu menunjukkan bahwa mereka kaya karena tidak terpengaruh oleh penampilan luar belaka. Oleh karena itu, menghabiskan uang untuk membentuk image supaya dipandang seolah orang kaya hanya akan menghambat Anda menjadi orang kaya yang sesungguhnya.

5. Berinvestasilah Seolah Anda Hidup Selamanya

Orang bijak bilang, hidup dan mencintailah seolah akan mati besok sehingga Anda menjalaninya dengan penuh totalitas. Namun kebalikannya dalam investasi, dimana Anda perlu berpikir akan hidup selamanya. Maka secara otomatis Anda pun akan berpikir akan pentingnya tabungan serta persiapan secara finansial, bahkan membutuhkannya.

6. Rumus Menjadi Kaya

Untuk menjadi kaya, Anda perlu menjalankan minimal dua hal dari enam rumus ini. Berikut adalah enam rumus menjadi kaya menurut ahli keuangan:

  • Menikahi dan hidup bersama uang
  • Mewarisi uang dalam jumlah banyak
  • Memiliki talent atau bakat yang unik
  • Memiliki keberuntungan yang sangat besar
  • Menciptakan dan memiliki bisnis yang sukses
  • Berhemat, menabung, dan berinvestasi dengan bijak secara terus menerus

7. Hal yang Paling Beresiko Adalah Tidak Mengambil Resiko

Dalam hidup secara keseluruhan maupun perkara keuangan khususnya, resiko adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari jika kita ingin terus bergerak maju. Tidak berani mengambil resiko justru merupakan hal yang paling beresiko, karena itu berarti Anda hanya diam di tempat atau bahkan mengalami kemunduran. Dan meski resiko tidak bisa dihindari, namun Anda bisa meminimalisirnya dengan banyak mencari tahu dan belajar baik dari diri sendiri maupun orang lain.

8. Urusan Keuangan Anda Bukan Tanggung Jawab Orang Lain

Uang yang Anda miliki bernilai sangat penting bagi Anda, namun tidak begitu bagi orang lain. Memang sah saja jika Anda mencari bantuan orang lain seperti ahli keuangan atau akuntan dalam perkara ini, namun setidaknya Anda mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi finansial Anda. Ingatlah bahwa pada akhirnya urusan keuangan Anda merupakan tanggung jawab Anda sendiri, bukan orang lain yang membantu Anda.

9. Informasi Lebih Sedikit Bisa Lebih Berguna

Hal yang penting untuk dipahami saat Anda menginvestasikan uang adalah jangan cepat terpengaruh oleh informasi yang beredar di publik. Seperti yang telah diulas sebelumnya, bahwa perekonomian selalu naik turun atau berada dalam keadaan baik dan buruk. Sama halnya ketika Anda berinvestasi pada bisnis tertentu, yang mana tidak selalu langsung sukses dan tentunya mengalami naik turun. Jika Anda sudah yakin bahwa bisnis atau hal yang diinvestasikan memang memiliki nilai tinggi dan layak diperhitungkan, maka percaya pada insting Anda dan biarkan investasi itu untuk waktu yang lama supaya mendapatkan untung besar nantinya.

10. Waktu Bukan Uang, Uang lah yang Merupakan Waktu

Pepatah lama waktu adalah uang mungkin harus kita tinggalkan mulai sekarang, karena menurut ahli keuangan uang-lah yang merupakan waktu. Analogi sederhana untuk memahami kalimat tersebut adalah seperti ini, misalkan Anda membeli pakaian seharga Rp 1 juta perbulan. Jika Anda memotong anggaran dan membeli pakaian yang seharga Rp 500 ribu, Anda masih memiliki sisa Rp 500 ribu. Sisa Rp 500 ribu perbulan jika dikalikan 12 bulan saja sudah mencapai Rp 6 juta, dimana nominal ini bisa digunakan untuk biaya hidup selama sebulan.

Dengan begitu, memotong anggaran dan menyimpan uang lebih banyak membuat Anda dapat membiayai waktu yang dijalani nantinya. Semakin banyak jumlah yang Anda sisihkan dan ditabung atau diinvestasikan, semakin besar kemungkinan waktu Anda yang terjamin di kemudian hari.

Demikianlah langkah-langkah supaya menjadi kaya menurut ahli keuangan yang bisa Anda ikuti. Ingatlah bahwa tidak ada segala sesuatu instan yang berakhir baik, jadi sebaiknya tidak perlu mencari jalan instan dan jalani saja yang sudah semestinya. Bagaimanapun cara yang Anda tempuh, yakinlah bahwa usaha dan kerja keras pasti akan memberikan hasil terbaik. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang langkah-langkah untuk menjadi kaya, swmoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.