Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Lifehack Biar Sukses dalam Kehidupan Profesional

Semua orang akan mengalami masa dimana dia harus mengatur segala aspek kehidupannya. Di dunia bisnis, kampus, hingga rumah tangga membutuhkan trik-trik tertentu untuk dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang dikenal dengan nama lifehack.

Dalam kehidupan profesional, nyatanya lifehack juga sangat penting untuk diterapkan demi kehidupan yang lebih baik. Terutama untuk meraih hal-hal terbaik dalam kehidupan. Berikut beberapa lifehack dalam kehidupan profesional tersebut:

1. Buat List untuk Hal-hal yang Rumit

Di kehiduan profesional terutama di dunia kerja, kita seringkali terjebak dalam hal – hal rumit dan complicated. Sering kali hal rumit itu membuat kita stres dan kesuitan untuk mencari solusi.

Kenapa? Karena sebelum mencari solusi, biasanya kita sudah terbayangkan betapa sulitnya kondisi tersebut. Hal ini menyebabkan tingkat percaya diri kita menurun. Parahnya, kita bahkan menganggap diri kita tidak bisa mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik. Dan pada akhirnya berkesimpulan bahwa kita tidak dapat mengerjakannya dan akan terkena sanksi.

Jawabannya sebenarnya gampang. Hilangkan semua pikiran pikiran buruk tersebut dari kepala kita. Jangan pikirkan dampaknya terlebih dahulu. Berusaha untuk percaya diri dan list down apa saja yang harus kita persiapkan. Dimana masalahnya, apa tantangan terbesarnya. Jadikan dalam bentuk poin-poin. Dan yang terpenting adalah jangan sungkan untuk meminta bantuan.

2. Simpan Informasi Penting Kamu di Cloud

Selain menyimpan dengan rapi dokumen-dokumen penting kamu di dalam lemari, sudah saatnya juga kamu menyimpan scan dokumen penting kamu di Cloud. Dimana kamu bisa menggunakan dan mengaksesnya sewaktu-waktu.

Buat kamu yang masih mencari pekerjaan, interview sana-sini, alangkah baiknya menyimpan dokumen penting yang bisa kamu akses dan print setiap saat kamu butuh. Tidak ada lagi alasan gagal interview karena kamu lupa membawa fotokopi KTP kamu.

Tidak hanya dokumen penting, kamu juga bisa menyimpan banyak informasi di dalam Cloud. Sehingga ketika kamu lupa membawa data kamu, kamu bisa langsung mengaksesnya dimana saja, kapan saja. Tentunya untuk dokumen penting tersebut, orang lain tak boleh mengaksesnya. Maka kamu bisa mengatur pengaman berupa kata kunci atau password.

3. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Buat kamu wanita karir atau berumah tangga dengan penghasilan pas-pasan yang harus dibagi. Atau bagi kamu yang sering menghitung keuagan kamu dengan kertas, saatnya menggunakan aplikasi. Banyak aplikasi diluar sana yang bisa membantu kamu memecahkan persoalan pengaturan keuangan kamu tanpa repot.

Ada spendee, sebuah aplikasi mobile yang bisa diintegrasikan dengan akun bank kamu. Kamu bisa mendaftarkan setiap pengeluaran kamu agar bisa dievaluasi di bulan selanjutnya. Kamu bisa mengetahui poin-poin pengeluaran mana yang harus kamu hilangkan atau kamu kurangi untuk disimpan. Kamu juga bisa merencanakan pengeluaran setiap bulannya, sehingga kamu bisa lebih mudah memutuskan mana yang prioritas dan mana yang bukan.

Selain Spendee, kamu juga bisa menggunakan Uangku yang memiliki fungsi yang kurang lebih sama. Kamu bisa merencanakan tabunganmu, batas pengeluaran kamu setiap hari, dan berbagai fitur canggih lainnya. Saatnya pintar mengatur keuangan dengan mudah.

4. Saatnya Buat Kamu Mengatur Jadwal di Calender Cloud

Buat kamu yang sibuk meeting setiap hari, bertemu klien di tempat dan jadwal yang berbeda-beda, serta harus menemui janji makan bareng teman. Kamu bisa mulai mengatur semua janji, appointment, meeting, dan pertemuan lainnya di Cloud Calender seperti Google Calender, Business Calender, atau aplikasi kalender lainnya.

Buat kamu yang masih sering mencatat jadwal meeting dan pertemuan lainnya dikertas atau jurnal, Cloud Calender bisa jadi pilihan terbaik buat kamu. Tidak perlu takut lupa membawa buku atau lupa pada janji yang sudah kamu tulis.

Cloud Calender bisa membantu mengingatkan kamu seperti alarm sehingga tidak ada janji, meeting, atau pertemuan lainnya yang kamu lupakan.

5. Jangan Terbiasa Menunggu, Mulailah untuk Multitasking

Di kehidupan profesional, tak jarang kamu dituntut untuk dapat mengerjakan lebih dari 1 pekerjaan sekaligus. Disaat tugas lama belum selesai, kamu sudah dibanjiri dengan permintaan – permintaan lain. Sementara berkas yang satu masih menunggu approval, berkas yang lain menantimu untuk segera dikerjakan.

Di dunia yang seperti itu kamu diharapkan dapat mengerjakan 2-3 pekerjaan sekaligus. Biasakan tidak menunggu pekerjaan yang masih membutuhkan konfirmasi, review lebih lanjut, baru mengerjakan pekerjaan lainnya.

Sudah saatnya kamu untuk multitasking. Tentunya kamu perlu aplikasi asistent tambahan yang bisa mengingatkan apa saja pending-an pekerjaan kamu.

6. Hindari Gosip dan Pembicaraan yang Tidak Penting

Apapun yang terjadi di lingkungan kerja, sekolah, atau sekitarmu, berusahalah sebaik mungkin untuk tidak membicarakan hal yang tidak penting termasuk menggosip tentang orang-orang di sekitar kamu. Jika kamu tidak menyukai kinerja seseorang, berbicaralah kepada teman terdekat yang bisa kamu percayai untuk mencari solusi.

Membicarakannya dengan siapapun yang kamu suka hanya untuk membuat dirimu tenang adalah kesalahan besar. Ingat, ketika kamu bisa saja menceritakan masalahmu dengan orang lain, semudah itu pula orang lain dapat menceritakannya kepada orang lainnya lagi.

7. Jadilah Kreatif dan inisiatif

Kehidupan profesional terkadang mengharuskanmu bergerak sendiri. Supervisormu tidak akan selamanya mengajari hal A sampai Z kepadamu. Hindari untuk terlalu sering bertanya. Jika terpaksa untuk bertanya, kumpulkan pertanyaan, kemudian baru ditanyakan agar tidak menghindari bertanya berulang – ulang.

Jadilah kreatif dan inisiatif dalam segala hal. Kamu bisa mulai untuk tidak selalu menggunakan template hanya untuk bertanya atau membuat email. Jika pekerjaan kamu sudah selesai, cobalah untuk inisiatif mengerjakan sesuatu hal yang penting lainnya. Mulai dari mengumpulkan ide – ide atau mengolah data. Lakukan sesuatu yang mungkin nanti akan ditanyakan kepadamu atau penting untuk kamu tahu.

8. Jangan Tunggu Nanti

Mulailah dan selesaikan pekerjaan selagi bisa. Menunda nunda pekerjaan karena dirasa tidak sedang sibuk adalah kesalahan besar. Kita tidak akan pernah bisa menambah nilai jual jika melakukan pekerjaan yang sama setiap hari.

Gunakan waktu yang ada untuk mengerjakan pekerjaan utama, dan sisanya untuk menambah wawasan dan ilmu akan pekerjaan yang lain. Mungkin saja suatu hari kamu bisa dipercaya untuk mengerjakan proyek penting lain.

9. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin dan Seharusnya

Kehidupan profesional membawa kita pada siklus yang biasanya sudah ditetapkan. Misalnya untuk pekerja kantoran, masuk jam 9, istirahat jam 12, ulang jam 5. Patuhi siklus itu demi keseimbangan pola hidup dan makanmu. Sarapan sebelum jam 8, berusaha untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan sebelum makan siang.

Kebanyakan orang terlambat ke kantor, tergesa-gesa di perjalanan, dan tidak sempat sarapan. Pola bekerja kacau, pola makan hancur, dan performa di kantorpun menurun.

10. Tahu Kapan Istirahat dan Hiburan

Pekerjaan dan kesibukan tidak selamanya harus dijalani 365 hari setahun. Luangkan waktu untuk istirahat, menghibur diri dengan berlibur, melakukan ha – hal yang disenangi, dan berkumpu dengan orang terkasih.

Agendakan jadwal untuk memiliki waktu bersenang-senang sendiri. Refresh kinerja otak dan siap mengatur strategi dan rencana kedepan. Lakukan sebaik mungkin dan jangan berhenti untuk merumuskan lifehack lain yang mungkin dapat membantumu dan orang-orang di sekitar kamu untuk memberikan performa dan kinerja yang lebih baik.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 lifehack biar sukses dalam kehidupan profesional, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mindset Orang Sukses, Ubah Pola Pikir supaya Berhasil
Apakah Terlambat Sukses Setelah Tua?
5 Tahap Mencapai Financial Freedom
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Miliki Mindset untuk Meraih Kesuksesan Berikut
Ciri-ciri Orang yang Akan Sukses di Masa Depan
7 Kebiasaan ini Akan Membuatmu Jadi Milyuner
Ketika Kemenangan Adalah Sebuah Kegagalan
Rahasia Anak Pemalas Bisa Menjadi Sukses
Untung Rugi Peer to Peer Lending


Bagikan Ke Teman Anda