Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Negara dengan Pengangguran Terbanyak di Dunia

Pengangguran menjadi isu yang sangat serius di berbagai negara, terutama negara miskin dan berkembang. Angka pengangguran di sebuah negara sering kali digunakan sebagai tolak ukur pertumbuhan ekonomi dan industri di negara tersebut.

Selain pertumbuhan ekonomi dan industri sebuah negara, tentu ada faktor lain yang mempengaruhi seseorang menjadi pengangguran di usia produktif. Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah tingkat pendidikan. Kedua hal ini tentu saja berkaitan karena pendidikan dapat menjadi pendorong untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Siapakah negara dengan jumlah penggangguran tertinggi di dunia? Apa yang menyebabkan angka pengangguran begitu tinggi? Inilah daftar 10 negara dengan pengangguran terbanyak di dunia.

10. Lesotho

Secara geografis, Lesotho mirip dengan Vatikan, yakni hanya berbatasan dengar satu negara saja di berbagai arah. Lesotho adalah negara yang ada dalam negara Afrika Selatan. Jumlah pengangguran di negara ini pada tahun 2014 adalah 28,1%.

Faktor-faktor yang menyebabkan pengangguran di Lesotho antara lain kurangnya ketrampilan pada pekerja, wabah penyakit mematikan seperti HIV/AIDS dan tuberkulosis, rendahnya investasi di negara tersebut, dan kurangnya infrastruktur yang memadai.

9. Palestina

Palestina adalah negara yang sampai saat ini masih diinvasi oleh Israel. Hal ini menyebabkan stabilitas politik dan ekonomi Palestina menjadi terganggu, yang berdampak pada peningkatan jumlah pengangguran.

Pada kuartal kedua tahun 2015, dilaporkan angka pengangguran di Palestina mencapai 28,45%. Bahkan, laporan terbaru pada 2017 menyebutkan lebih dari 400 ribu penduduk Palestina pada dua propinsi adalah pengangguran.

8. Venezuela

Negara Amerika Latin, Venezuela, menempati urutan ke 8 sebagai negara dengan jumlah pengangguran tertinggi di dunia. Pada tahun 2018, jumlah pengangguran di Venezuela melesat tajam ke angka 33,3% setelah sebelumnya pada tahun 2016 dilaporkan hanya sebesar 7,3% saja.

Penyebabnya adalah inflasi yang tidak terkontrol di negara tersebut. Inflasi yang terjadi disebabkan oleh kegagalan ekspor minyak oleh Venezuela, diikuti menurunnya jumlah pembelian minyak oleh negara-negara tetangga.

7. Namibia

Namibia merupakan sebuah negara kecil di sebelah selatan Afrika yang berbatasan langsung dengan Samudera Atlantis. Pada tahun 2016, jumlah pengangguran di Namibia sebesar 34%. Penyebab utama dari tingginya angka pengangguran di Namibia adalah pendidikan yang buruk sehingga pemuda usia produktif tidak memiliki cukup ketrampilan untuk bersaing di dunia kerja.

6. Yaman

Yaman adalah negara dengan tingkat pengangguran dan kemiskinan terburuk di wilayah Timur Tengah. Pada Juni 2009, tercatat jumlah pengangguran di Yaman mencapai 36% dari seluruh jumlah populasi usia produktif.

Perekonomian Yaman berkembang sangat lambat, disebabkan oleh pemberontakan dan perang yang terjadi di negara tersebut. Semua faktor ini kemudian berdampak pada rendahnya lapangan pekerjaan di Yaman.

5. Kepulauan Marshall

Negara ini terletak dekat dengan garis khatulistiwa di Samudera Pasifik dan berada di bawah kekuasaan Amerika Serikat. Tercatat pada tahun 2006, sebanyak 36% penduduk Kepulauan Marshall adalah pengangguran.

Penyebab utamanya adalah sumber daya alam yang hampir tidak ada, sehingga penduduk tidak memiliki apapun untuk diolah. Banyak penduduk asli negara ini yang memilih transmigrasi ke Amerika Serikat untuk mendapatkan pekerjaan.

4. Kiribati

Republik Kiribati adalah negara yang wilayahnya hanya sebuah pulau seluas 800 kilometer persegi. Letaknya ada di lepas Samudera Pasifik. Kiribati merupakan negara Persemakmuran Inggris dengan tingkat pengangguran sebesar 38,2% seperti yang dicatat pada tahun 2006. Sementara pada tahun 2010 angka pengangguran di negara ini turun menjadi 30%.

Penyebab pengangguran antara lain para pemuda usia produktif yang tidak memiliki ketrampilan, rendahnya sumber daya alam yang dapat diolah, serta ekosistem negara ini yang sangat lemah. Pengangguran di Kiribati menyebabkan kemiskinan di Kiribati.

3. Djibouti

Djibouti adalah sebuah negara Islam yang miskin di wilayah Tanduk Afrika. Angka pengangguran di negara tersebut mencapai 40% dari keseluruhan jumlah penduduk. Tingginya angka tersebut disebabkan oleh berbagai faktor yang saling mempengaruhi. Iklim di Djibouti sangat kering sehingga sumber daya alam negara ini sangat terbatas.

Selain itu rendahnya perkembangan sektor industri dan pertanian, serta tenaga kerja yang tidak memiliki ketrampilan khusus juga turut berkontribusi pada tingginya angka pengangguran di Djibouti.

2. Senegal

Terletak di benua Afrika bagian barat, Senegal termasuk salah satu negara miskin di dunia dengan jumlah pengangguran tinggi, yakni 48% dari seluruh populasinya. Dari jumlah tersebut, 30% berada pada usia produktif di bawah 24 tahun.

Sebagian besar penduduk asli Senegal bekerja di bidang pertanian yang fluktuatif. Ketika negara ini diserang banjir atau kekeringan, banyak penduduk Senegal tidak mempunyai pekerjaan.

1. Suriah

Republik Arab Suriah atau singkatnya disebut Suriah adalah negara di Timur Tengah. Sebenarnya Suriah adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam melimpah seperti pertanian, pertambangan, gas alam, minyak bumi, dan berbagai impor komoditas ke luar negeri.

Namun menurut catatan CIA, pengangguran di Suriah mencapai 50% pada tahun 2017. Sebagian besar pengangguran adalah pria dan wanita yang berada pada usia produktif di bawah 35 tahun. Penyebab tingginya angka pengangguran di Suriah adalah perang saudara yang berlangsung terus menerus. Salah satu kelompok separatis yang menyebabkan kondisi perekonomian Suriah tidak stabil adalah ISIS.

Tabel 30 Besar Negara Dengan Jumlah Pengangguran Tertinggi di Dunia

No Nama Negara Angka Pengangguran (%)
11 Eswatini 28,0
12 Gabon 28,0
13 Afrika Selatan 27,5
14 Kosovo 26,5
15 Mayotte 25,4
16 Mozambik 24,5
17 Grenada 24,0
18 Afghanistan 23,9
19 Dominika 23,0
20 Nauru 23,0
21 Armenia 20,6
22 Bosnia dan Herzegovina 20,5
23 Bostwana 20,0
24 Sudan 19,6
25 Nigeria 18,8
26 Maroko 18,7
27 Yordania 18,5
28 Yunani 18,0
29 Saint Vincent dan Grenadine 18,0
30 Macedonia Utara 17,8

Itulah daftar 10 negara dengan tingkat pengangguran terbesar di dunia, beserta 30 besar negara yang ada di dalam kategori tersebut.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 negara dengan pengangguran terbanyak di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara Paling Suka Minum Susu
15 Franchise Paling Untung di Dunia
10 Negara Paling Suka Minum Bir
Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia
Apa Rasanya Tinggal di Negara dengan Hiperinflasi (HyperInflation)?
Mengapa Asia Timur Lebih Maju Dibandingkan Asia Tenggara?
Apa itu Depresi & Great Depression?
10 Negara dengan Upah Minimum Terbesar
Apa yang Terjadi ketika Negara Gagal Membayar Utang (Default)?
Cara Negara Berkembang Supaya Jadi Negara Maju


Bagikan Ke Teman Anda