Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Negara Paling Dingin Sedunia

Bumi merupakan planet yang berbentuk bulat dengan dua gerakan, yaitu berputar di sumbunya sendiri atau rotasi dan bergerak mengitari matahari atau revolusi. Akibat adanya gerakan bumi ini, setiap daerah yang berbeda akan terkena penyinaran matahari dengan kadar dan intensitas yang berbeda.

Beberapa negara memiliki suhu rata-rata yang panas, dan beberapa negara lainnya memiliki suhu rata-rata yang dingin. Negara-negara yang bersuhu dingin umumnya terletak dekat dengan kutub bumi. Nah kira-kira negara manakah yang paling dingin di dunia?

Berikut peringkat 10 negara dengan suhu rata-rata per tahun paling dingin di dunia:

1. Kanada

Kanada merupakan negara yang terletak di bagian utara benua Amerika. Negara ini merupakan negara yang paling dingin di dunia. Hal ini sangat dipengaruhi oleh letaknya yang berada dekat dengan kutub utara bumi. Di bagian utara, Kanada berbatasan dengan Alaska. Sedangkan di bagian selatan, Kanada berbatasan dengan Amerika Serikat.

Total area Kanada membuat negara ini menjadi negara terluas kedua di dunia setelah Rusia. Karena dekat dengan kutub utara, bagian utara Kanada tertutup oleh es. Rata-rata suhu di Kanada per tahunnya mencapai -5,35 oC, membuat negara ini menjadi yang terdingin di dunia.

2. Rusia

Rusia merupakan negara dengan area paling luas di dunia, walaupun kebanyakan wilayahnya adalah kutub. Rusia merupakan negara paling dingin kedua di dunia. Negara ini membentang dari bagian timur benua Eropa sampai ke bagian utara benua Asia.

Karena wilayahnya yang luas, beberapa daerah di Rusia memiliki iklim dan cuaca yang berbeda. Bagian selatan Rusia memiliki iklim yang lebih panas, sedangkan bagian utara Rusia memiliki iklim yang lebih dingin. Rata-rata suhu di Rusia per tahunnya mencapai -5,10 oC.

3. Mongolia

Negara terdingin ketiga di dunia adalah Mongolia. Mongolia merupakan negara yang terletak di benua Asia. Bagian utara negara ini berbatasan dengan Rusia, sedangkan bagian selatannya berbatasan dengan Cina. Negara ini memiliki iklim yang cukup hangat di bagian selatan dengan adanya gurun Gobi.

Hanya saja pada bagian utara Mongolia memiliki iklim yang lebih dingin. Pada musim panas, suhu di Mongolia cukup hangat. Sedangkan musim dinginnya sangat dingin dan bisa mencapai -30 oC. Per tahunnya, rata-rata suhu di Mongolia adalah -0,70 oC.

4. Norwegia

Norwegia merupakan negara yang terletak di bagian utara benua Eropa. Bentang alamnya didominasi oleh pegunungan sehingga cukup tinggi dibandingkan dengan permukaan laut. Bagian utara Norwegia dikenal juga dengan nama Tanah Matahari Tengah Malam. Di daerah ini, matahari tidak tenggelam di musim panas dan tidak terbit di musim dingin. Iklim di Norwegia umumnya adalah iklim temperat. Rata-rata suhu di Norwegia per tahunnya yaitu 1,50 oC.

5. Kirgistan

Kirgistan merupakan negara yang terletak di Asia Tengah sekaligus menjadi negara paling dingin di benua Asia. Negara ini tidak memiliki garis pantai karena dikelilingi oleh daratan dan pegunungan.

Bagian selatan dari Kirgistan memiliki iklim sub tropis. Sedangkan bagian utaranya lebih dingin. Bahkan, pada musim dingin, beberapa daerah gurun memiliki hujan salju konstan. Suhu rata-rata di Kirgistan mencapai 1,55 oC per tahun.

6. Finlandia

Finlandia merupakan negara yang terletak di Eropa utara yang sangat terkenal dengan sistem pendidikan terbaiknya. Walaupun juga terkenal dengan dunia perjudianya. Negara ini sekaligus merupakan salah satu negara yang paling utara di dunia.

Finlandia memiliki musim panas yang hangat dan musim dingin yang sangat dingin. Suhu rata-rata Finlandia per tahunnya yaitu 1,70 oC dan menempatkanya sebagai negara paling dingin di dunia pada urutan keenam.

7. Islandia

Islandia merupakan negara pulau yang terletak di bagian utara Atlantik. Iklim di negara ini yaitu subarktik. Dibandingkan daerah lain dengan posisi garis lintang yang sama, Islandia termasuk lebih hangat. Hal ini disebabkan adanya Arus Atlantik Utara. Meskipun begitu, suhu rata-rata Islandia per tahunnya yaitu 1,75 oC.

8. Tajikistan

Tajikistan merupakan negara yang terletak di Asia Tengah sekaligus negara paling dingin di Asia kedua. Negara ini dikelilingi oleh Afganistan, Uzbekistan, Kirgistan, dan Cina. Secara administratif, negara ini tidak memiliki garis pantai karena semua wilayahnya adalah daratan. Rata-rata suhu per tahun di Tajikistan mencapai 2 oC.

9. Swedia

Swedia merupakan negara yang terletak di bagian utara benua Eropa sekaligus asal pemain sepak bola dunia, Zlantan Ibrahimovic. Sebagian besar lahan di Swedia merupakan hutan. Meskipun terletak di bagian utara bumi, negara ini memiliki iklim yang relatif lebih hangat. Hanya saja, suhu rata-rata per tahunnya di Swedia berkisar 2,1 oC.

10. Estonia

Estonia merupakan negara yang terletak di bagian utara benua Eropa. Negara ini iklimnya dipengaruhi oleh iklim kontinental. Empat musim yang ada di Estonia memiliki durasi yang kurang lebih sama. Suhu rata-rata di Estonia per tahunnya mencapai 2,51 oC sekaligus menempatkan negara ini pada urutan kesepuluh sebagai negara paling dingin di dunia.

Daftar 30 Negara Paling Dingin di Dunia

Nah kalau diurutkan secara lebih detail, berikut urutan 30 negara di dunia yang memiliki suhu rata-rata paling dingin:

No. Negara Suhu Rata-rata Per Tahun (o C)
1 Kanada -5,35
2 Rusia -5,10
3 Mongolia -0,70
4 Norwegia 1,50
5 Kirgistan 1,55
6 Finlandia 1,70
7 Islandia 1,75
8 Tajikistan 2,00
9 Swedia 2,10
10 Estonia 2,51
11 Swiss 5,50
12 Latvia 5,60
13 Liechtenstein 5,65
14 Korea Utara 5,70
15 Georgia 5,80
16 Lituania 6,20
17 Belarus 6,15
18 Austria 6,35
19 Kazakhstan 6,40
20 Slovakia 6,80
21 Cina 6,95
22 Armenia 7,15
23 Butan 7,40
24 Jerman 7,50
25 Republik Ceko 7,55
26 Andorra 7,60
27 Polandia 7,85
28 Nepal 8,10
29 Ukraina 8,30
30 Inggris 8,45

Lantas bagaimana dengan Indonesia, sepertinya Indonesia menempati urutan kesekian sebagai negara terdingin di dunia. Maklum, rata-rata suhunya mencapai 32 derajat celsius.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 negara paling dingin sedunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara dengan Bunga Bank Sentral Tertinggi di Dunia
Siapakah Orang Paling Kaya Sedunia?
10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019
10 Negara dengan Jumlah Billionare Terbanyak
Mengapa Asia Timur Lebih Maju Dibandingkan Asia Tenggara?
10 Negara yang Punya Senjata Api Terbanyak
Negara-negara dengan Kekuatan Nuklir Terbesar
10 Negara Paling Suka Minum Bir
10 Negara dengan Utang Tertinggi di Dunia
Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia


Bagikan Ke Teman Anda