Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Tip Bagi Kelas Menengah agar Tambah Sukses

Kelas menengah memiliki satu mimpi yang sama: menjadi kaya. Kelas menengah adalah mereka yang memiliki angka penghasilan tetap cukup tinggi, lebih untuk memenuhi kebutuhan mereka namun kurang untuk membeli kemewahan.

Jika tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, bukan tidak mungkin mimpi menjadi kaya hanyalah tinggal mimpi. Mereka harus memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik, sehingga harta mereka akan semakin bertambah bukannya malah berkurang.

Berikut adalah tips keuangan bagi kelas menengah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Jadilah kaya, bukan terlihat kaya

Banyak orang kelas menengah yang menjalani hidup ala konglomerat. Membeli mobil baru dan memakai barang-barang ber-merk menjadi ciri khas tersendiri. Inilah kesalahan yang banyak dilakukan masyarakat kelas menengah.

Jangan membeli mobil jika Anda tidak benar-benar memerlukannya. Anda tidak akan menjadi kaya hanya karena mampu membeli mobil yang bagus. Sebaliknya, Anda justru menjadi semakin miskin. Mobil adalah barang yang nilainya terus menurun. Jika Anda benar-benar membutuhkan mobil, beli saja mobil bekas yang harganya jauh lebih murah.

Kedua adalah memakai pakaian ber-merk. Tidak perlu membeli pakaian mahal agar Anda terlihat kaya di depan orang lain. Anda menipu diri Anda sendiri dengan berpura-pura terlihat kaya.

2. Berinvestasi, bukan menabung

Salah satu tips keuangan dari orang kaya yang harus diterapkan oleh kelas menengah adalah jangan menyimpan uang Anda di bank. Jika Anda berharap uang Anda akan bertambah dengan cara ini, Anda sama saja dengan menanamkan uang di dalam tanah dan berharap ia akan tumbuh dengan sendirinya.

Agar menjadi kaya, Anda harus berinvestasi. Itulah cara mengembangkan uang yang benar. Ambil resik, tanamkan modal, dan tuai keuntungannya di masa depan. Tidak ada miliuner yang bisa menjadi kaya hanya karena mereka rajin menabung.

3. Beli aset yang menguntungkan

Investasi bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan membeli properti. Jika Anda punya uang yang cukup, belilah rumah atau bangunan lalu sewakan. Ini bisa menjadi investasi sekaligus sumber pendapatan pasif yang sangat besar.

Harga properti memang tidak murah, namun dengan membelinya uang akan datang dengan sendirinya kepada Anda. Dalam mengambil keputusan finansial, Anda berusaha bagaimana cara mendatangkan uang ke dalam kantong Anda, bukan menarik keluar uang dari sana.

4. Jangan membeli rumah yang terlalu besar

Ketika punya uang lebih, kelas menengah cenderung melakukan segala cara untuk membuat mereka tampak kaya. Selain penampilan, mereka juga ingin memiliki rumah yang besar. Kelas menengah berpikir bahwa dengan membeli rumah besar mereka sama saja dengan berinvestasi.

Jika rumah tersebut untuk disewakan, maka pola pikir tersebut benar adanya. Namun jika rumah itu dibeli untuk ditempati, maka biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar lagi. Semakin besar rumah yang ditempati, maka semakin besar pula biaya perawatannya. Daripada uang Anda habis untuk keperluan konsumtif, sebaiknya gunakan untuk berinvestasi dan membuat uang yang lebih besar lagi.

Rumah yang Anda tempati, seberapa pun besarnya, bukanlah aset Anda. Rumah besar justru menjadi tanggungan besar yang akan semakin membebani keuangan Anda.

5. Bekerja, bekerja, dan bekerja

Siapa bilang uang tidak membawa kebahagiaan? Jika punya banyak uang Anda bisa hidup dengan nyaman dan membeli apa saja yang Anda inginkan. Bayangkan jika Anda tidak punya uang, maka Anda hanya bisa memendam cemburu melihat orang kaya menghabiskan uang mereka.

Kuncinya adalah jangan terlalu banyak mengeluh. Bekerjalah untuk mendapatkan uang. Orang kaya tidak pernah merasa iri dengan kehidupan orang yang lebih kaya dari mereka. Hal itu justru dijadikan sebagai motivasi bagi mereka agar lebih bersemangat dalam mencari uang.

6. Bergaul dengan orang-orang yang tepat

Ibarat kata pepatah, jika Anda ingin menjadi singa maka Anda harus berkumpul dengan para singa. Orang-orang di sekitar Anda memberi pengaruh yang besar bagi kehidupan Anda. Untuk menjadi orang sukses, Anda harus bergaul dengan orang-orang yang sukses juga.

Dengan demikian Anda akan lebih terpacu dan berusaha mengimbangi mereka. Anda bisa belajar dari orang-orang di sekeliling Anda tentang bagaimana mereka bisa meraih kesuksesan.

7. Wujudkan mimpi dengan tindakan

Anda harus punya mimpi yang besar. Namun mimpi harus diwujudkan dengan tindakan. Mimpi tidak akan bekerja untuk Anda, Anda-lah yang harus bekerja untuk mewujudkan mimpi. Duduk diam sambil berdoa tidak akan membuat hidup menjadi lebih baik.

Doa adalah penyeimbang dari usaha Anda. Namun tetap saja Anda harus lebih banyak berusaha. Ingat, kekayaan tidak akan mendatangi Anda. Anda yang harus menjemput kekayaan tersebut.

8. Jangan minder dengan gelar pendidikan

Bill Gates dan Mark Zuckerberg adalah dua orang terkaya di dunia yang tidak memiliki gelar sarjana. Bahkan, mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah mereka. Meski demikian, keduanya tidak pernah minder dan bekerja lebih keras dari siapapun untuk bisa meraih kesuksesan.

Gelar pendidikan tidak bisa menjamin seseorang untuk menjadi kaya. Bayangkan saja, Bill Gates yang hanya lulusan SMA membawahi ribuan karyawan yang bergelar sarjana, bahkan lebih tinggi dari itu.

9. Kegagalan bukan akhir segalanya

Ketika Anda gagal dan mencoba bangkit, Anda memulai sebuah awal yang baru. Segalanya tidak akan berakhir hanya karena Anda gagal. Segalanya berakhir saat Anda berhenti mencoba. Tidak ada orang yang sukses hanya dengan sekali mencoba.

10. Jadilah diri sendiri

Saat Anda sedang berjalan menuju kesuksesan, Anda akan mendengarkan banyak opini orang – sebagian besar dari mereka bahkan berusaha menjatuhkan Anda. Lakukan apa yang menurut Anda benar. Tidak perlu mendengarkan orang lain yang tidak memberikan kontribusi positif bagi kehidupan Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 tip bagi kelas menengah agar tambah sukses, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Kita Harus Membawa Uang Tunai?
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?
Cara Mendidik Anak untuk Belajar Mengatur Keuangan
7 Akibat Penundaan pada Kondisi Keuangan Kita
Apa Itu Wealth Management?
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
6 Cara Menjadi Kaya Ala Orang Yahudi
7 Cara Cerdas Mengelola Keuangan
Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda? Ini Dia Caranya!
Dilarang Menghabiskan Uang pada Hal-hal Berikut


Bagikan Ke Teman Anda