Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Tips Mudah Agar Percaya Diri

Untuk melakukan segala sesuatu dengan baik, kita harus percaya diri. Namun terkadang, kata-kata ‘ percaya diri’ lebih mudah untuk diucapkan daripada dijalankan. Kita cenderung lebih banyak berfikiran negatif dengan cara meragukan kemampuan diri sendiri. Hal ini tentu saja berdampak pada kepercayaan diri yang rendah. Lalu bagaimana caranya agar kita selalu memiliki kepercayaan diri yang baik? Berikut beberapa tips untuk anda.

1. Menyadari dengan ikhlas bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan

Tidak ada manusia yang sempurna hidup di dunia. Bahkan jika anda perhatikan semua publik figur yang anda kagumi lewat sosial media dan layar kaca mengakui, bahwa mereka hanya menampilkan yang bagus-bagus saja kepada anda. Majalah Harper’s Bazaar atau Vogue misalnya, mengakui bahwa model yang mereka pajang pada sampul depan majalah mereka, selalu mendapatkan editan yang mulus sebelum majalah dipublish ke publik.

Tidak ada manusia yang sempurna. Sehingga jika kita masih rendah diri akan kekurangan diri kita, maka kita harus mengganti fokus pikiran kita. Fokuslah hanya pada kelebihan, lalu kembangkan. Lagipula, berfokus hanya pada kekurangan tidak akan membawa manfaat apapun bagi diri kita. Sementara kita memiliki kelebihan yang seperti kilau permata yang terabaikan.

2. Menjadi Lebih Positif

Sudah terlalu banyak hal-hal negatif beredar di dunia ini, sedangkan hal-hal yang positif terabaikan. Sayangi diri kita. Pilihlah berita yang baik, social media feed yang baik, bacaan yang baik dan latihlah untuk diri sendiri berfikir dan berprasangka dengan baik. Sebisa mungkin hindari paparan diri kita dari hal-hal yang negatif yang membuat diri kita merasa lebih buruk – dan bukan lebih baik.

3. Kembangkan Kelebihan Anda

Karena tiap orang memiliki kelebihan masing-masing, maka anda bisa memulainya dari mengembangkan kelebihan anda terlebih dahulu. Cara mengembangkan kelebihan ada banyak caranya. Misalnya dengan mengikuti komunitas, atau membuat akun sosial media yang dapat memperlihatkan kelebihan-kelebihan anda.

4. Batasi Penggunaan Sosial Media

Masalahnya, kebanyakan dari kita suka membandingkan kelebihan orang lain dengan kekurangan diri kita sendiri yang tentu saja tidak apple to apple  yang anda lihat melalui sosial media. Yang perlu dicamkan adalah, tidak semua yang anda lihat melalui sosial media tersebut benar adanya. Di Instagram ketika anda melihat teman anda memajang foto ia sedang liburan, bisa jadi sebenarnya ia sedang terkapar di rumah sakit dan mendambakan liburan.
Batasi diri kita untuk melihat terlalu banyak sosial media. Sebaliknya, perbanyaklah membaca hal-hal yang bermanfaat seperti Blog yang positif, aplikasi seperti TED Talk, atau menonton film yang mengasah otak.

5. Abaikan Perkataan Orang Lain

Jangan semua perkataan orang lain harus kita ‘anggap’ dalam hidup kita. Karena kebanyakan orang memberikan pendapat mereka tidak secara objektif. Ada yang memberi pendapat karena benci, karena iri, karena dengki, bahkan ada yang berpura-pura baik memberikan pendapat supaya kita tidak berkembang dalam hidup.

Pilihlah hanya satu atau dua orang dari keluarga atau teman dekat kita yang kita ketahui ketulusannya dan mencintai kita. Percayai perkataan mereka saja : baik sanjungan, kritik, bahkan saran agar hidup kita menjadi lebih baik kedepannya.

6. Tentukan Tujuan

Hidup akan terasa sangat membosankan jika kita tidak memiliki tujuan. Jangan hidup seperti air yang mengalir, karena ada kemungkinan bermuara pada genangan sampah atau lumpur. Hidup kita jangan seperti itu. Kita bisa menentukan tujuan hidup per hari, per bulan bahkan per tahun. Lakukan dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Dengan cara ini rasa percaya diri akan tumbuh karena kita tahu kita mampu jika kita benar-benar menginginkan dan mengusahakannya.

7. Jangan Pernah Membandingkan

Sekali lagi, membandingkan kekurangan anda dengan kelebihan orang lain tidak pernah akan apple to apple. Demikian dengan membandingkan hidup anda dengan hidup orang lain. Setiap dari kita diciptakan unik, dan setiap dari kita menjalani kehidupan yang sudah dirancang sesuai dengan spesifikasi kepribadian kita masing-masing. Sehingga sampai kapanpun juga kita membandingkan, pasti tak akan pernah sama. Jadi jangan lakukan pemikiran sia-sia seperti ini ya.

8. Kebaikan Kecil, Setiap Hari

Melakukan kebaikan akan meningkatkan rasa percaya diri kita karena ketika melakukan kebaikan kita akan merasa bahagia. Ketika kita merasa bahagia, kita merasa percaya diri. Sehingga jika anda memiliki kesempatan untuk berbuat baik, lakukanlah kebaikan sekecil apapun, tanpa pamrih.

9. Buang Jauh Rasa Inferior

Masih ingat mengenai cerita Jack Ma yang ditolak menjadi pegawai sebuah fast food ternama sementara semua kandidat selain dirinya diterima bekerja? Untungnya ia tak berlama-lama merasa inferior dengan kenyataan tersebut. Sekarang ia tahu sebabnya ia tidak diterima bekerja. Karena kemampuannya adalah sebagai CEO bukan karyawan.

10. Lakukan Hal-hal Baru

Apakah selama ini kita merasa inferior karena menjalani hidup yang begitu-begitu saja? Maka sudah waktunya bagi kita untuk beranjak dari tempat tersebut dan belajar hal-hal baru. Pergi ke tempat-tempat baru. Berkenalan dengan orang-orang baru. Perbarui diri anda setiap anda merasa sudah terlalu lama stagnan. Dengan hidup yang terus baru, anda akan selalu merasa percaya diri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 tips mudah agar percaya diri, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri akan Kemampuan Sendiri
Anak Tidak Percaya Diri? Ini Beberapa Kesalahan Orang Tua yang Menyebabkan Anak Tidak Pede!
Anda Rendah Diri, Pemalu dan Tidak Percaya Diri? Ini Triknya agar Sukses!
Tips Membangun Rasa Percaya Diri
Tips Membangun Rasa Percaya Diri dengan Mudah
Kebiasaan-kebiasaan Ini Tanpa Disadari Termasuk Pemborosan
Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Krisis Ekonomi
Ada Apa dengan Krisis Ekonomi di Turki?
Tips Penting Menjalankan Bisnis untuk Pebisnis Baru
Rahasia Anak Pemalas Bisa menjadi Sukses


Bagikan Ke Teman Anda