Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

11 Cara Cerdas Memangkas Tarif Bagasi

Tentu saja siapapun menginginkan biaya perjalanannya tidak membengkak. Terutama ketika menggunakan pesawat terbang. Tiket pesawat yang naik akhir-akhir ini tentu sangat membebani. Begitu pula dengan naiknya tarif bagasi yang menambah beban perjalanan anda.

Namun jangan khawatir. Dengan sejumlah cara cerdas, anda bisa memangkas tarif bagasi tanpa membuat perjalanan terasa terganggu. Tentu dengan cara ini anda bisa lebih menghemat budget perjalanan. Berikut ulasan tips nya yang bisa anda coba lakukan.

  1. Ketahui Kebijakan Maskapai

Memang bukan hal mudah untuk mengenali kebijakan tarif bagasi. Sebab tarif tersebut dapat berubah secara konstan dan bervariasi menurut maskapai, tujuan, tanggal perjalanan, bahkan untuk jumlah dan ukuran tas.

Bahkan ketika anda sudah mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau, anda bisa membayar lebih mahal untuk biaya bagasinya. Maka membaca secara seksama kebijakan maskapai sebelum memesan tiket adalah ide yang tepat.

  1. Mencari Maskapai yang Tidak Membebankan Biaya Bagasi

Pertimbangkan dalam memilih maskapai penerbangan sebelum memesan tiket. Pilih maskapai yang tidak membebankan biaya bagasi. Misalnya maskapai domesti Amerika, Southwest Airlines memungkinkan untuk membaskan tarif bagasi asalkan barang bawaan penumpang tidak lebih berat dari 50 pon.

Ukuran maksimumnya tidak lebih dari 62 inchi. Untuk biaya bagasi yang lebih besar dipatok $75 per kantongnya. Dan jika anda memutuskan untuk terbang dengan maskapai yang mengenakan tarif bagasi, maka anda harus membayar $30 per kantong atau lebih.

  1. Menggunakan Kereta Api Sebagai Alternatif

Jika memang memungkinkan, cobalah gunakan alternatif transportasi lain yang tidak membebani penumpangnya dengan biaya bagasi. Penumpang dapat membawa banyak barang pribadi tanpa tambahan biaya.

Jikalau ada biaya tambahan karena barang bawaan anda terlalu banyak, paling rendah anda akan dikenai charge yang nilainya tidak begitu membebani kantong anda.

  1. Manfaatkan Jasa Ekspedisi

Sekilas memang tampak mahal jika menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang. Terlebih jika barang-barangnya cukup berat. Namun jika dibandingkan dengan mengeluarkan biaya untuk membayar bagasi pesawat, anda bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan jasa ekspedisi.

Gunakan jasa ekspedisi yang hitungannya kargo agar tidak terlalu membebani anda. Misalnya saja FedEx, Indah Cargo, dsb. Proses pengirimannya pun hanya sekitar 2-7 hari kerja. Anda pun tidak perlu mengantri di meja check-in yang tentunya sangat merepotkan.

  1. Gunakan Pembayaran Bagasi Prabayar

Cobalah untuk membayar tarif bagasi secara online ketika anda memesan tiket. Jangan menunggu sampai tiba di bandara baru membayar. Selain membayar tarif bagasi secara online, lakukan segala keperluan yang bisa dilakukan di rumah secara mandiri. Misalnya mencetak boarding pass. Dengan cara tersebut, anda akan lebih sedikit menghemat waktu dan biaya. Jika anda membayar secara online, tidak menutup kemungkinan akan memperoleh diskon.

Sebaliknya jika segalanya serba mendadak di bandara, tidak menutup kemungkinan anda harus mengeluarkan sejumlah biaya ekstra. Baik itu pada saat pengecekan koper hingga mencetak boarding pass.

  1. Komitmen Menggunakan Satu Tas dalam Perjalanan

Cobalah terapkan komitmen pada diri sendiri dengan tetap membawa satu tas selama perjalanan. Jika anda bisa membatasi barang bawaan, tentu satu tas saja sudah cukup dan akan menghindarkan anda dari tarif bagasi yang mahal. Selain itu, perjalanan pun jauh lebih simpel.

Selain di pesawat, anda pun akan mendapat kemudahan ketika menggunakan transportasi umum jika hanya membawa sedikit tas. Misalnya tidak perlu terlalu berdesakan atau membayar ekstra tarif untuk taksi.

  1. Timbang Koper di Rumah

Tidak ada salahnya mencoba menimbang koper terlebih dulu di rumah. Jika anda sudah menimbang barang bawaan di rumah, tentu sudah diperkirakan berapa biaya bagasi yang mesti anda keluarkan. Anda pun bisa memilah kembali mana yang semestinya harus dibawa dan ditinggalkan.

  1. Masukkan Barang-barang Berat pada Tas yang Anda Bawa

Sebagian besar maskapai penerbangan memiliki batas untuk barang bawaan. Namun tidak semua tas diperiksa satu per satu karena sebagian besar agen tiket tidak meluangkan waktunya untuk melakukan hal tersebut.

Cobalah masukkan barang-barang yang sekiranya berat dan memakan biaya besar jika diletakan di bagasi. Masukkan ke tas yang anda jinjing ke dalam kabin agar tidak dihitung biaya bagasi.

  1. Gunakan Kartu Kredit

Sejumlah maskapai membebaskan biaya pengecekan tas jika anda bertransaksi dengan kartu kredit. Jika anda memiliki kartu kredit, maka manfaatkan layanan tersebut untuk memudahkan segalanya. Manfaatkanlah pula diskon yang diberikan oleh maskapai secara maksimal untuk memangkas segala biaya tambahan yang mungkin saja akan anda tanggung ketika di bandara.

  1. Kenakan Pakaian yang Berat

Jaket, sweater, dan sejumlah pakaian berat lainnya memang begitu membebani biaya bagasi. Jika anda mengenakannya, maka hal tersebut tidak dihitung sebagai tambahan biaya bagasi. Anda bisa mengenakannya dan melepasnya ketika sudah berada di dalam kabin. Hal ini juga berlaku untuk sepatu yang dinilai cukup memakan biaya tambahan.

  1. Kemas Secara Erat

Mengumpulkan semua pakaian yang anda bawa ke dalam tas hanya akan menyia-nyiakan ruangan yang berharga. Maka pastikan kemas pakaian secara erat dengan menggulungnya. Dengan menggulung pakaian secara erat maka akan membuat ruangan dalam koper menjadi lebih longgar, jumlah barang bawaan pun akan berkurang sehinggga otomatis tarif bagasi tidak terlalu banyak.

Itu dia sejumlah tips untuk memangkas tarif bagasi yang saat ini memang sedang naik. Pastikan juga barang bawaan anda benar-benar aman dan isinya tidak melanggar hukum yang bisa merepotkan anda. Semoga bermanfaat.

 Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 11 cara cerdas memangkas tarif bagasi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cegah Belanja Impulsif dengan Cara Ini!
Bagaimana Cara Hidup Hemat Berumah Tangga?
Tip Sederhana untuk Berhemat
Cara Membuat Media Planning
Trik Menghemat Uang Saat Traveling
Dilarang Menghabiskan Uang pada Hal-hal Berikut
7 Cara Mudah Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga
Tip Hidup Hemat, Murah, dan Sederhana
7 Alasan Mengapa Kita Harus Berhemat
5 Cara Ampuh Berhemat Saat Berwisata dengan Keluarga


Bagikan Ke Teman Anda