Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

13 Tips Travelling Ke Luar Negeri untuk Pemula

Travelling baik ke dalam maupun luar negeri memang hal yang memerlukan banyak persiapan. Selain itu, kamu juga harus paham betul apa saja yang harus diperhatikan dan disiapkan. Apalagi jika tempat yang hendak dikunjungi adalah luar negeri yang notabene harus menyiapkan berbagai dokumen. Teruntuk para pemula, berikut beberapa tips travelling yang mungkin bisa membantu memudahkan selama perjalanan.

1. Jangan Membawa/Menggunakan Narkoba di Asia Tenggara

Memang narkoba bukanlah hal yang legal di hampir semua negara. Namun terkhusus di kawasan Asia Tenggara, penggunaan narkotika akan membawa kamu ke dalam masalah besar. Sebab, hukum yang diterapkan perilah narkoba di kawasan Asia Tenggara lebih ketat.

Selain tidak membawa/menggunakan narkoba, pastikan juga untuk tidak berkelahi dan membuat kerusuhan di tempat yang kamu kunjungi.

2. Bawa Pakaian Secukupnya

Jangan jadikan pakaian yang kamu bawa sebagai penambah beban perjalanan. Bawa secukupnya dan buatlah semuanya mudah. Selain akan meringkan beban bawaan, kamu juga tidak perlu menambah pengeluaran untuk membayar tarif bagasi. Kamu bisa mempertimbangkan membeli pakaian di tempat yang dikunjungi, jika harga ditempat tersebut relatif terjangkau.

3. Bawa Perlengkapan Pribadi Seperlunya

Sebenarnya tidak perlu membawa sabun, shampoo, bahkan pasta gigi dalam bentuk kemasan. Jika memungkinkan, kamu bisa memindahkannya ke dalam plastik. Atau kamu bisa membeli perlengkapan tersebut di tempat kamu berkunjung. Pastikan semua perlengkapan pribadi yang kamu bawa tidak akan membuat biaya bagasi membengkak.

4. Bandingkan Harga dari Penyedia Jasa Perjalanan

Ada begitu banyak penyedia jasa perjalanan. Kamu bisa membandingkan harga dan layanan yang disediakan agar lebih berhemat. Pastikan penyedia jasa perjalanan yang kamu gunakan sudah benar-benar kredibel sehingga tidak menyusahkan selama di perjalanan.

5. Pergilah ke Tempat yang Kamu Inginkan

Tidak perlu terlalu kaku dalam menyusun rencana perjalanan. Ketika mengunjungi India, kamu tidak harus mengunjungi Taj Mahal, sebab destinasi di negara tersebut sangat beragam. Begitu pula ketika di Paris tak mesti harus Menara Eiffel. Kamu bisa pergi ke tempat yang antimainstream. Pergilah ke tempat yang diinginkan. Tentu saja hal ini akan membuat perjalanan lebih bermakna dan lebih memberikan kesan.

6. Redam Keinginan untuk Boros

Memang travelling juga bisa dikatakan sebagai waktunya bersenang-senang. Namun bukan berarti kamu dibenarkan untuk bersikap boros. Jangan biarkan uang mengalir begitu saja di hotel-hotel mewah yang notabene hanya beberapa jam saja ditempati.

Cobalah untuk travelling dengan menginap di hotel sederhana. Selain memangkas pengeluaran, kamu bisa bertemu dengan berbagai tipe orang dan akan belajar banyak hal. Namun pastikan kamu memiliki gembok sendiri untuk ekstra pengamanan kamar.

7. Cobalah Bergaul dengan Penduduk Setempat

Jangan hanya datang, melihat-lihat, berfoto, kemudian pergi tanpa bergaul dengan penduduk setempat. Cobalah ajak bicara dengan penduduk lokal. Jika tidak paham bahasanya, setidaknya kamu sudah mencoba untuk menyapanya dengan bahasa Inggris atau bahasa nasional. Penduduk lokal juga bisa kamu jadikan sebagai pemandu handal. Sebab mereka yang asli tinggal di sana pasti lebih tahu seluk-beluk tempat tersebut.

8. Gunakan Google Flights

Manfaatkan fitur Google Flights karena bisa menjadi penganjur besar untuk tempat-tempat menarik di dunia ini. Selain itu, layanan tersebut akan memudahkan kamu untuk merencanakan perjalanan, mencari layanan pernerbangan murah, dan berbagai hal lain yang akan memudahkan liburan kamu.

9. Jangan Hanya Menuju Ke Kota

Tujuan wisata di dunia tak hanya sebatas di kota-kota besar. Ada banyak wilayah pedesaan, gunung, bahkan hutan dengan panorama yang eksotis. Sesekali tujulah daerah yang jauh dari kota. Memang hal ini memerlukan perencanaan dan biaya lebih mahal. Namun apa yang kamu keluarkan akan sebanding dengan apa yang didapatkan.

10. Pilih Maskapai Penerbangan yang Murah

Ada banyak promo tiket pesawat yang bisa kamu manfaatkan. Pastikan pilih maskapai yang harganya bersaing agar kamu bisa lebih menghemat budget. Meskipun tiket pesawatnya murah, kamu tetap harus memastikan maskapai tersebut tidak memiliki masalah dalam pelayanannya.

11. Jangan Terburu-buru

Jika waktu liburan kamu terbatas, coba kurangi jumlah destinasi yang akan dikunjungi. Jangan memaksakan untuk berkunjung ke banyak tempat sementara waktu liburan kamu hanya 1-2 hari. Hal ini hanya akan membuat suasana liburan serasa dikejar-kejar waktu dan tidak ada rasa menikmati di tiap momennya. Selaraskan lamanya waktu berlibur dengan jumlah tempat yang hendak kamu kunjungi. Pastikan kamu tidak terbebani dengan waktu.

12. Pelajari dan Cobalah Berbicara dengan Bahasa Setempat

Cobalah untuk mempelajari paling tidak kosakata umum dari bahasa setempat. Kamu tidak selamanya bisa mengandalkan bahasa Inggris, atau bahasa nasional (jika berpegian di dalam negeri). Mempelajari dan mencoba berbicara dengan bahasa setempat akan membuat pengalaman liburan berbeda.

Selain itu, orang-orang setempat juga akan begitu bergembira jika ada orang asing yang mengerti setidaknya sedikit dari apa yang mereka ucapkan sehari-hari.

13. Jangan Berekspektasi Berlebihan

Ketika hendak berkunjung ke tempat wisata, seringkali kita menyimpan ekspektasi mengenai indah dan romantisnya tempat tersebut. Sebaiknya simpan harapan besar demikian karena kenyataannya terkadang tak seindah ekspektasi. Misalnya di Taj Mahal, Menara Eiffel atau Air Terjun Niagara.

Di google, foto-foto tempat tersebut tentu sangat indah, namun cobalah untuk memikirkan bagaimana jika kondisinya penuh orang bahkan sampah. Maka dari itu simpanlah ekspektasi yang berlebih agar tidak kecewa nantinya.

Selain mencoba hal-hal diatas, pastikan liburan kamu terencana dengan baik dengan memilih penyedia kebutuhan liburan yang kredibel. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 13 tips travelling ke luar negeri untuk pemula, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Tip Investasi bagi Pemula
Alasan Mengapa Kita Perlu Belajar ke Luar Negeri?
Bahasa Lokal yang Sebaiknya Dipelajari Ketika Travelling
10 Negara Paling Banyak Utang Luar Negeri
6 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Pengusaha Pemula
Cara Networking Efektif untuk Entrepreneur Pemula
Tip Aman Bertransaksi Kartu Kredit di Luar Negeri
Apa itu Traveloka PayLater (Pinjaman dari Traveloka)?
Trik Menghemat Uang Saat Traveling
Apa itu Prepaid Travel Card? Ini Penjelasannya!


Bagikan Ke Teman Anda