Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

15 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Menyiapkan Tabungan Pensiun

#tabungan pensiun #tip keuangan

Tabungan pensiun merupakan salah satu hal penting yang perlu disiapkan sejak sekarang sebagai bekal dan persiapan di masa tua nanti. Hal ini karena saat tua nanti kita mungkin tidak lagi bisa bekerja dan mendapat penghasilan, tetapi tetap memiliki kebutuhan yang berarti ada pengeluaran. Alangkah baiknya jika tabungan pensiun disiapkan sejak saat ini, namun persiapan yang tidak tepat justru dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 15 kesalahan yang biasa dilakukan orang saat sedang mempersiapkan tabungan pensiun:

1. Cepat Merasa Puas

Merasa kalau semuanya sudah Anda dapatkan sehingga tidak perlu melakukan atau merubah apapun lagi adalah hal terburuk yang dapat menghambat persiapan tabungan pensiun. Tabungan disiapkan sebagai bentuk antisipasi terhadap berbagai hal di masa depan, yang mana tidak pernah kita tahu akan bagaimana nantinya. Sekarang mungkin Anda merasa semuanya baik-baik saja dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tapi selalu saja ada hal yang luput dari perhatian dan mungkin dapat menjadi masalah di kemudian hari.

2. Takut Akan Pertanyaan yang Sulit

Terkadang kita takut menanyakan pada diri sendiri hal-hal seperti “Apakah yang saya lakukan sudah benar?”, “Apa kemungkinan resiko yang terjadi dengan perencanaan saya ini?”, dan lain sebagainya. Mungkin kenyataan bisa saja menakutkan dan tidak sesuai harapan, tapi mengetahui keadaan yang sesungguhnya lebih cepat lebih baik. Dengan begitu, Anda dapat dengan cepat juga mencari solusi untuk permasalahan yang muncul.

3. Terlalu Bergantung Pada Satu Sumber

Anda mungkin mendapatkan fasilitas dana pensiun dari perusahaan tempat bekerja atau program tabungan dari bank tertentu untuk persiapan masa tua. Fasilitas dan program tersebut bisa menjadi sumber tabungan pensiun Anda, namun jangan sampai hanya menggantungkan pada satu sumber saja. Karena bisa saja sumber tabungan pensiun yang selama ini disiapkan ternyata mengalami masalah sehingga kesulitan memberikan uang pada Anda, atau masalah tak terduga lainnya.

4. Tidak Cukup Menabung

Meskipun tabungan pensiun sangatlah penting, namun ternyata masih banyak orang yang belum menyadari hal tersebut dan tidak mempersiapkannya. Jumlah yang disisihkan untuk persiapan tabungan masa tua itu pun hanya sedikit dan tentunya akan sulit menanggung biaya hidup saat sudah pensiun nanti. Padahal untuk menikmati masa tua yang nyaman, Anda memang perlu membuat budget untuk persiapan tabungan pensiun.

5. Investasi yang Tak Sejalan Dengan Tujuan

Investasi memang hal yang bagus dilakukan untuk mendapatkan untung lebih banyak di kemudian hari, namun perlu disesuaikan dengan tujuan pribadi dan pertimbangan resiko. Investasi yang tidak memperhatikan hal-hal tersebut hanya akan menghabiskan uang Anda yang seharusnya bisa dialokasikan untuk hal penting lainnya seperti persiapan tabungan masa tua. Dengan menyusun perencanaan investasi dan tabungan yang disesuaikan dengan tujuan jangka panjang akan menghindarkan Anda mendapatkan resiko yang besar nantinya.

6. Kurangnya Keberagaman Investasi

Kesalahan yang biasa dilakukan saat mempersiapkan tabungan pensiun selanjutnya adalah hanya berinvestasi fokus di satu jenis atau bidang. Padahal dengan meluaskan dan menambah keragaman jenis investasi, Anda bisa mendapatkan untung lebih besar sekaligus meminimalisir resiko yang terjadi. Namun bukan berarti Anda dapat sembarang berinvestasi, karena tetap saja investasi harus dilakukan setelah mendapatkan informasi yang memadai serta pertimbangan akan berbagai hal.

7. Terlalu Berfokus Pada Satu Hal

Terlalu fokus pada satu hal, seperti hanya berinvestasi di satu jenis saham atau bisnis, akan membuat Anda melewatkan hal lain yang memiliki peluang bagus. Hanya berfokus pada satu hal juga akan membuat Anda terlalu bergantung, sehingga jika sesuatu terjadi pada hal itu maka Anda tidak memiliki pegangan yang lain. Kalau sudah begitu jangankan untuk tabungan pensiun, Anda mungkin sudah kesulitan untuk membiayai pengeluaran saat ini.

8. Tidak Menyeimbangkan Kembali

Dalam mengatur keuangan, penting untuk terus melakukan penyeimbangan berbagai aspek terkait secara kontinyu. Hal ini karena dinamisnya kondisi perekonomian secara umum dan keuangan Anda khususnya, yang mana harus disesuaikan dengan keadaan terbaru. Maka dari itu, pastikan selalu bahwa keadaan keuangan Anda terutama pengeluaran dan investasi masih berada dalam batas resiko yang wajar.

9. Mengeluarkan Terlalu Banyak Biaya

Mengeluarkan terlalu banyak biaya akan mengurangi porsi pendapatan Anda, bahkan bagian yang seharusnya ditujukan untuk tabungan. Biaya ini bukan hanya jumlah yang Anda keluarkan untuk membeli sesuatu atau membayar jasa orang lain, namun juga mencakup investasi yang tidak kunjung membuahkan hasil. Investasi seperti itu hanya akan menghabiskan uang Anda sehingga Anda perlu mencari dan menyasar investasi lain yang memiliki prospek lebih baik.

10. Terlalu Bergantung Pada Teknologi

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi memang semakin pesat dan membuat kita terkagum-kagum sendiri akan kecanggihannya. Namun ingatlah bagaimanapun juga teknologi tidak bisa menjawab semua pertanyaan apalagi menyelesaikan permasalahan kita. Karenanya dalam soal finansial, sebaiknya Anda bertanya dan meminta bantuan langsung pada ahli keuangan yang terpercaya.

11. Perencanaan Pajak yang Tidak Baik

Mempersiapkan tabungan pensiun berarti Anda menambah dan membangun aset pribadi yang tentu akan ada perhitungan pajaknya. Perencanaan terhadap perhitungan pajak tak kalah pentingnya dengan perencanaan keuangan secara general dan investasi untuk meningkatkan aset. Perencanaan pajak yang tidak tertata dengan baik akan mengurangi aset dan uang Anda dalam jumlah lebih besar dari yang seharusnya.

12. Kurangnya Perencanaan di Bidang Properti

Bidang properti memang masih menjanjikan dan memiliki prospek cerah karena harganya yang kompetitif. Tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda memiliki properti yang bukan saja dapat menadi aset di masa depan, namun juga sebagai warisan untuk anak cucu. Karenanya penting untuk merencanakannya dengan baik, bukan asal terjun di bidang properti tanpa dasar pengetahuan dan pertimbangan yang jelas.

13. Kurangnya Exit Planning

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau mengeluarkan investasi, terkadang terjadi hal yang menyebabkan kerugian sehingga perlu diterapkan exit strategy yang tepat. Exit strategy secara sederhana adalah mengeliminasi aspek atau bagian dalam bisnis yang dianggap menghambat dan tidak memungkinkan lagi untuk dilanjutkan. Dengan perencanaan exit strategy yang baik, bisnis atau investasi Anda masih terus bisa berjalan dan membantu optimalisasi perencanaan pajak.

14. Tidak Memahami Gambaran Besar

Dalam mengatur keuangan, penting untuk memahami gambaran besar yang terkait dengan kehidupan Anda dan berpengaruh pada finansial. Hal-hal tersebut seperti keluarga, pekerjaan, aset yang dimiliki, tujuan pribadi, investasi yang dikeluarkan, dan lain sebagainya. Dengan menggabungkan hal-hal tersebut menjadi satu gambaran utuh, Anda dapat memiliki landasan dalam mengatur keuangan dengan baik dan seimbang.

15. Tidak Meminta Pertolongan

Semua orang memiliki aspek finansial yang perlu diatur dan direncanakan, namun tidak semuanya memiliki waktu untuk itu. Kesibukan bekerja dan mengurus keluarga mungkin membuat Anda kesulitan dalam mengatur keuangan, dan tidak meminta pertolongan pada ahlinya adalah kesalahan besar. Kini sudah banyak ahli keuangan yang kredibel dan berpengalaman yang dapat membantu Anda mengatur keuangan dan mencapai tujuan yang diharapkan, seperti tabungan pensiun yang memadai.

Demikianlah 15 kesalahan yang biasa dilakukan orang saat mempersiapkan dana tabungan untuk masa tua mereka. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan kita dapat belajar dan berusaha supaya terhindar dari melakukan kesalahan tersebut. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan saat menyiapkan tabungan pensiun, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.