Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

15 Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia

Salah satu hasil bumi yang terkenal dan banyak dibutuhkan adalah timah. Timah memiliki sangat banyak fungsi, mulai dari digunakan untuk bidang tekstil, hingga bidang farmasi. Lantas, negara mana saja yang menjadi negara penghasil timah terbesar di dunia? Inilah 15 peringkat teratasnya.

  1. Cina

Tidak hanya memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia, Cina juga memiliki penghasilan timah terbesar di dunia. Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Asosiasi Timah Internasional, produksi timah Cina periode Januari hingga April 2018 mencapai 56.800 ton. Dari Januari hingga Mei 2018, produksi tambang Cina telah meningkat signifikan dikarenakan peningkatan output dari Mongolia Dalam.

  1. Indonesia

Siapa yang menyangka bahwa Indonesia menduduki peringkat 2? Indonesia merupakan salah satu dari empat produsen timah utama di dunia. Produksi bijih timah Indonesia sendiri berpusat di Pulang Bangka. Pada tahun 1989, Indonesia menghasilkan 29.900 ton timah olahan dari bijih lokal, dan  paada akhir 1980-an, Indonesia mengekspor 80% dari produksi timahnya.

  1. Peru

Peru memiliki tambang timah terkenal yang bernama Tambang San Rafael Minsur. Tambang tersebut terletak di Wilayah Mariátegui. Tambang San Rafael Minsur merupakan satu-satunya pemasok timah terintegrasi di Peru, yang mana tambang tersebut menghasilkan 15,5% dari produksi dunia. Pada tahun 2005, produksi timah dari tambang tersebut adalah sebesar 42.145 ton, disusul satu tahun setelahnya yaitu sebesar 38.470 ton.

  1. Bolivia

Tambang Bolivia telah menghasilkan cassiterite, sumber utama timah, sejak tahun 1861. Bolivia sempat mengalami masalah pada produksi timah pada awal tahun 1980-an. Masalah-masalah tersebut adalah tambang bawah tanah dan peleburan yang berbiaya tertinggi, infrastruktur yang buruk, proses pengolahan timah yang kompleks, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, pada akhir tahun 1980-an, timah masih menyumbang sepertiga dari seluruh ekspor mineral Bolivia disebabkan oleh kinerja yang kuat oleh sektor pertambangan menengah dan kecil. Cadangan timah Bolivia pada tahun 1988 diperkirakan mencapai 453.700 ton, dimana 250.000 ton ditemukan di tambang berukuran sedang, 143.700 ton di tambang Comibol, dan 60.000 ton di tambang kecil.

  1. Brazil

Jika Peru  memiliki tambang timah terkenal bernama Tambang San Rafael Minsur, Brazil memiliki Tambang Pitinga. Tambang Pitinga diperkirakan memiliki deposit timah terbesar yang belum dikembangkan di dunia. Pada tahun 1982, Biro Pertambangan AS memperkirakan bahwa Brasil memiliki total cadangan timah sebesar 67.000 ton. Pada tahun 1986, cadangan timah Pitinga saja diperkirakan mencapai 575.000 ton.

  1. Myanmar

Salah satu penyebab Cina menempati peringkat pertama penghasil timah terbesar di dunia adalah karena ekspor timah dari Myanmar. Sebanyak 40% pasokan bahan baku timah Cina adalah berasal dari Myanmar. Di sisi lain, keadaan timah di Myanmar mulai memburuk. Sejak tahun 2016, stok bijih timah Myanmar telah menyusut secara signifikan dikarenakan peningkatan infrastruktur di tambang Shan State Tin. Asosiasi Timah Internasional memperkirakan bahwa stok bijih timah yang tersisa pada September 2018 hanya berjumlah 400.000 ton, karena 2 juta ton telah digunakan antara September 2017 dan September 2018.

  1. Australia

Negara sekaligus benua, Australia, memiliki simpanan timah yang cukup besar. Sebagian besar sumber daya timah Australia terletak di Australia Timur, dimana Tasmania memiliki 76% dari EDR, diikuti oleh Queensland sebesar 12%, dan New South Wales sebesar 11%. Di sisi lain Australia, sumber daya timah juga terletak di wilayah Pilbara Australia Barat 1% dari EDR. Sementara itu, produksi timah Australia pada tahun 2017 naik dari 6,6 kt pada tahun 2016.

  1. Vietnam

Ahli geologi mengatakan bahwa Vietnam memiliki sejumlah besar tembaga, emas, timah, seng, batu permata, nikel, logam industri dan non-ferrous, tanah liat dan fosfat. Meskipun Vietnam relatif kaya akan sumber daya alam, keadaan perang yang berkepanjangan di negara itu telah mencegah pengolahan sumber daya secara maksimal. Walaupun begitu, pengolahan sumber daya timah masih sangat baik, terbukti dengan produksi timah Vietnam yang mencapai mencapai 5.400 MT pada tahun 2016, dan  jumlah yang sama dengan tahun 2015.

  1. Malaysia

Malaysia termasuk dalam negara yang kaya akan timah. Konsumsi timah global Malaysia mencapai 362.000 ton per tahun, dengan produksi tetap sekitar 340.000 ton per tahun. Meskipun begitu, Malaysia juga sedang mengalami tantangan. Dalam waktu dekat, diprediksi tidak ada tambang timah baru, yang mana berakibat pada kekurangan pasokan timah yang akan bertahan cukup lama.

  1. Kongo

Kongo memiliki tambang timah di wilayah Walikale bernama Bisie. Tambang Bisie didirikan setelah seorang pemburu menemukan kasiterit di sana. Tambang tersebut sebelumnya merupakan sumber ilegal dari sekitar 15.000 ton timah, atau 4% dari produksi global. Pada tahun 2016, produksi timah Kongo adalah sebesar 5.200 MT, yang mana jumlah ini turun lebih dari 18%  dibandingkan dengan 6.400 MT pada tahun 2015.

  1. Rwanda

Salah satu negara Afrika ini merupakan negara yang kaya akan timah. Tidak hanya timah, negara ini juga memiliki sumber daya yang melimpah meliputi tungsten, tantalum, dan emas. Pada 2017, Rwanda mendapat sekitar 373 juta USD dari ekspor mineral. Jumlah tersebut merupakan 14,9% dari total ekspor. Hal tersebut menjadikan pertambangan sebagai sumber pendapatan ekspor terbesar setelah pariwisata. Pada tahun 2010, timah merupakan volume produksi pertambangan terbesar yang diekspor Rwanda, yaitu sekitar 3.874 ton yang setara dengan  42,2 juta USD.

  1. Laos

Laos memiliki cadangan bijih timah yang cukup banyak. Cadangan bijih timah tersebut berjumlah 45 juta ton, dengan kemungkinan akan meningkat dengan kegiatan eksplorasi. Pertambangan timah terkonsentrasi di Vientiane, Xiengkhouang, Houaphan, Provinsi Khammouane dan Provinsi Champasak di selatan. Eksplorasi dan eksploitasi timah di tambang Boneng-Phontiou telah dilakukan sejak puluhan tahun lamanya.

  1. Russia

Konsentrasi pertambangan timah di Russia terletak di Solnechny GOK, Tambang Deputatskoye, Tambang Iyultin, Tambang Khinganskoye, dan Iskra. Russia memiliki cadangan bijih timah sebesar 2,17 juta MT. Pada 2012 sendiri, produksi timah Russia meningkat hampir 17% dari tahun sebelumnya menjadi 384 MT. Kondisi tersebut merupakan titik balik bagi timah di Russia yang mana sebelumnya timah di Russia sempat dinilai lesu.

  1. Nigeria

Pada tahun 1884, oleh Sir William Wallace berhasil menemukan cadangan bijih timah di Nigeria. Cadangan timah tersebut diyakini dan diharapkan dapat membantu dalam mempromosikan ekonomi Nigeria. Pada awal 1900-an, Nigeria terkenal dengan penambangan timah dan merupakan negara penghasil timah terbesar kedua di dunia. Area penambangan utama di Nigeria terletak di Dataran Tinggi Jos. Daerah tersebut memproduksi lebih dari 90% timah di Nigeria setiap tahun. Pada tahun 1919 sendiri, terdapat lebih dari 80 perusahaan dan sindikat yang memproduksi 8174 ton timah.

  1. Thailand

Timah merupakan mineral utama di Thailand. Pada awal 1970-an, rata-rata produksi timah Thailand adalah sebesar 29.000 ton per tahun. Pada pertengahan 1970-an, jumlah tersebut turun menjadi 22.000 ton, disusul pada tahun 1980 naik  menjadi 46.000 ton, dan pada tahun 1985 produksi timah turun menjadi sekitar 23.000 ton. Walaupun produksinya yang melimpah, industri pertambangan timah telah menghasilkan sejumlah kontroversi politik, kerusuhan sosial, dan aktivitas ilegal sejak tahun 1970-an hingga pertengahan 1980-an.

Itulah 15 negara penghasil timah terbesar di dunia. Pengembangan metode eksploitasi timah tentunya akan membuat produksi timah dapat lebih meningkat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 15 negara penghasil timah terbesar di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara yang Punya Senjata Api Terbanyak
10 Negara Paling Banyak Utang Luar Negeri
15 Franchise Paling Untung di Dunia
Negara-negara yang Dulunya Kaya Raya namun Kini Miskin
10 Negara dengan Inflasi Tertinggi di Dunia
10 Negara dengan Inflasi Terbesar di Dunia
10 Perusahaan dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia
Mengapa Asuransi Mobil Diwajibkan di Beberapa Negara?
10 Alasan Sebuah Negara Memindahkan Ibu Kotanya
10 Negara Paling Banyak Utang Pemerintahnya


Bagikan Ke Teman Anda