Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

16 Pekerjaan Menjanjikan di Masa Depan

Perkembangan zaman telah menggeser tren di dunia perekonomian, termasuk dalam hal lapangan pekerjaan. Digitalisasi yang sedang booming tentu menggeser beberapa jenis pekerjaan yang dulunya dinilai sebagai pekerjaan yang menjanjikan, menjadi pekerjaan yang tidak menguntungkan. Sebaliknya, banyak pula pekerjaan yang dulunya dipandang sebelah mata kini menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Situasi ini tentu menjadikan para pencari kerja untuk memutar otak dan mencari pekerjaan apa yang memiliki prospek bagus untuk kehidupan masa depan.

Bureau of Labor Statistics US memproyeksikan 15 pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Seperti pada gambar di samping ini, Bureau of Labor Statistics US memproyeksikan 15 pekerjaan yang berkembang paling pesar dari tahun 2016 hingga 2026, yaitu :

  1. Teknisi Energi Surya
  2. Teknisi Energi Angin
  3. Pembantu Kesehatan Rumah
  4. Pembantu Perawatan Pribadi
  5. Asisten Dokter
  6. Praktisi Perawat
  7. Ahli Statistik
  8. Asisten Terapi Fisik
  9. Pengembang Perangkat Lunak Aplikasi
  10. Ahli Matematika
  11. Pembantu Terapi Fisik
  12. Tukang Sepeda
  13. Konselor Genetik
  14. Asisten Medis
  15. Asisten Terapi Okupasi

Selain 15 pekerjaan tersebut, tentu ada pekerjaan-pekerjaan lain yang menjanjikan di masa depan. Lantas, apa saja pekerjaan yang menjanjikan di masa depan? Di bawah ini 16 daftar pekerjaan yang menjanjikan di masa depan beserta penjelasannya.

  1. Teknisi Energi Surya

Seperti halnya energi angin, tenaga surya akan terus menjadi bagian utama dari kehidupan manusia. Seperti yang diketahui, energi surya mulai dilirik orang-orang karena konsep dari go green. Di samping itu, di kota-kota di seluruh dunia, teknisi energi surya menikmati pekerjaan yang stabil di industri yang sedang tumbuh. Di negara maju seperti Amerika Serikat, sekitar 30.000 pekerjaan teknisi surya mungkin tersedia selama tahun 2016 hingga 2026. Gaji rata-rata tahunan untuk pekerjaan tersebut adalah  42.680 USD pada 2018.

  1. Teknisi Energi Angin

Perubahan iklim yang mengancam merusak dunia telah menuntun banyak orang untuk beralih dari sumber bahan bakar fosil seperti minyak, batubara, dan gas alam ke sumber energi bersih. Hal tersebut menjadikan energi angin memiliki kemungkinan besar menjadi energi yang banyak diminati dan berkembang pesar. Keadaan tersebut tentu menjadikan permintaan teknisi energi angin akan meningkat tajam. Teknisi energi angin tersebut bertugas untuk membantu pemasangan, pemeliharaan, dan perbaikan turbin angin raksasa. Diperkirakan selama satu dekade hingga 2026 terdapat sekitar 14.000 lowongan pekerjaan untuk teknisi energi angin, dengan gaji sebesar  54.370 USD pada 2018.

  1. Praktisi Perawat

Bumi yang sudah menua dibarengi dengan populasi manusia yang jumlahnya fantastis memunculkan satu kekhawatiran di masa depan mengenai dunia kesehatan. Dikhawatirkan sistem perawatan kesehatan mengalami kesulitan untuk mengikuti peningkatan jumlah pasien. Banyak daerah mungkin dapat mengalami kekurangan dokter. Mereka akan membutuhkan lebih banyak tenaga profesional kesehatan non-dokter dengan kemampuan untuk mendiagnosis dan merawat pasien dengan berbagai kondisi akut dan kronis. Perawat lulusan pascasarjana dapat menjadi praktisi perawat dan membantu mengisi kekosongan itu. Di Amerika Serikat, pada tahun 2018 upah tahunan rata-rata untuk praktisi perawat adalah 107.030 USD, dimana antara tahun 2016 dan 2026 diperkirakan terdapat 144.000 lowongan kerja untuk praktisi perawat.

  1. Pengembang Perangkat Lunak

Era digitalisasi seperti pada zaman ini telah membuat permintaan komputer dan gadget meningkat. Tanpa adanya software atau perangkat lunak, komputer dan gadget tersebut tidak akan dapat berfungsi. Oleh sebab itu, akan banyak dibutuhkan pengembang perangkat lunak yang mampu menciptakan dan mengembangkan perangkat lunak yang sesuai dengan perkembangan jaman. Para pengembang perangkat lunak tersebut juga dibutuhkan untuk menciptakan berbagai jenis aplikasi yang dibutuhkan serta diinginkan oleh pengguna komputer dan gadget. Pada tahun 2016 hingga 2026, diperkirakan akan terdapat hampir 1,2 juta lowongan kerja di bidang pengembangan perangkat lunak, dengan rata-rata gaji tahunan sebesar 103.620,3 USD.

  1. Terapis Fisik

Salah satu pekerjaan yang menjanjikan di masa depan adalah terapis fisik. Hal ini didasari dengan banyaknya jumlah lansia. Banyaknya jumlah lansia tersebut tentu akan meningkatkan kebutuhan akan terapi fisik profesional. Banyak lansia yang membutuhkan beberapa bentuk rehabilitasi fisik, manajemen rasa sakit, bantuan mobilitas, atau perawatan terapi seiring bertambahnya usia. Dari 2016 hingga 2026, diperkirakan terdapat sekitar 177.000 pekerjaan tersedia bagi terapis fisik. Sebanyak 147.000 pekerjaan tambahan bisa dibuka untuk asisten terapis fisik. Pada tahun 2018, gaji rata-rata untuk terapis fisik adalah 87.930,3 USD.

  1. Analis Data

Tidak ada pekerjaan yang tidak membutuhkan data. Di dunia bisnis, data diperlukan untuk evaluasi pekerjaan serta untuk mengambil strategi pemasaran. Ditambah dengan digitalisasi yang berkembang pesar serta pergeseran budaya menuju lebih banyak pengumpulan data, jumlah data yang dikumpulkan setiap tahun tumbuh dengan pesat. Perusahaan dewasa ini juga memiliki kemampuan untuk mengumpulkan banyak data sehingga perusahaan juga mengalami kesulitan untuk mengolah data tersebut menjadi informasi yang berguna bagi kelangsungan bisnis. Oleh sebab itu, pekerjaan sebagai analis data atau data analyst sangat dibutuhkan dan menjanjikan di masa depan.

  1. Spesialis Konten Digital

Seperti yang diketahui, dewasa ini adalah zaman dimana konten digital bertebaran. Para artis dan youtuber seolah berlomba-lomba memperbanyak konten digital untuk kemudian menyulapnya menjadi rupiah. Konsumen yaitu penonton dari konten digital tersebut juga seakan tak ada habisnya. Perusahaan di banyak industri juga mulai melirik konten digital sebagai salah satu senjata untuk meningkatkan bisnis yang dijalani. Oleh sebab itu, spesialis konten digital menjadi pekerjaan yang mulai diminati. Untuk menjadi spesialis konten digital, seseorang bisa mengasah kemampuannya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan seperti pelatihan di bidang pemasaran internet, penulisan, multimedia dan seni digital.

  1. Analis Keamanan Informasi

Tanpa disadari, kehidupan modern zaman sekarang telah membuat orang-orang semakin terikat dengan komputer dan bergantung pada teknologi informasi. Data-data pribadi dengan bebasnya tersebar luas di dunia maya. Tak ayal, semua orang menjadi lebih rentan terhadap serangan siber. Untuk skala yang lebih besar seperti pada perusahaan, serangan siber tersebut menjadi ancaman yang sangat serius yang dapat mengancam masa depan bisnis perusahaan. Untuk itu, diperlukan analis keamanan informasi yang dapat menciptakan perlindungan terhadap data perusahaan serta untuk mengatasi para peretas yang secara tidak diinginkan membobol data dari sebuah perusahaan.

  1. Spesialis Pertanian Urban

Terdapat fakta mengejutkan yang menyatakan bahwa setiap tahun, populasi perkotaan di bumi tumbuh setara dengan sekitar tujuh kota berukuran Chicago. Hal tersebut berarti bahwa dari tahun 2010 hingga 2050, populasi global penduduk kota akan berlipat ganda. Jumlah populasi tersebut bahkan mencapai sekitar 5,2 miliar orang. Di samping itu, banyak praktik pertanian industri saat ini yang merusak alam. Untuk itu, agar kelestarian alam kota dapat terus lestari, diperlukan spesialis pertanian urban yang dapat menemukan satu teknik untuk mengatasi masalah di perkotaan tersebut.

  1. Analis Sistem Komputer

Seperti yang diketahui, perkembangan teknologi informasi di zaman sekarang sangatlah pesat. Berkembangnya teknologi informasi yang semakin kompleks memungkinkan banyak perusahaan yang membutuhkan banyak analis sistem komputer. Perusahaan-perusahaan tersebut memerlukan analis sistem komputer salah satunya adalah untuk mengimplementasikan perangkat keras dan perangkat lunak terbaik guna untuk keperluan perusahaan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggeluti ilmu di bidang sistem komputer untuk menjadi analis sistem komputer. Dari tahun 2016 hingga 2026, diperkirakan terdapat 449.000 lowongan pekerjaan untuk analis sistem komputer. Pada tahun 2018, gaji rata-rata di bidang analis sistem komputer adalah 88.740,3 USD.

  1. Spesialis Teknik Mesin

Perkembangan zaman telah ikut mengantarkan berbagai perkembangan di bidang mesin. Seperti yang diketahui, mesin merupakan cikal bakal dari berbagai teknologi, seperti teknologi informasi, robotika, mesin-mesin peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya. Keadaan tersebut tentu membuat kebutuhan spesialis teknik mesin meningkat. Diperkirakan pada tahun 2016 hingga 2026 akan terdapat 42.000 lowongan pekerjaan untuk spesialis teknik mesin. Pada tahun 2018, insinyur teknik mesin medapatkan gaji tahunan rata-rata sebesar 87.370 USD, dan para teknisi yang membantu mereka sebesar 56.250,3 USD.

  1. Insinyur Biomedis

Bidang biomedis telah berkembang baik dan mulai merevolusi industri perawatan kesehatan. Hal ini menjadikan rekayasa biomedis menjadi lapangan pekerjaan yang menjanjikan dan akan menghasilkan dampak positif untuk tahun-tahun depan. Hal ini ditunjang dengan fakta bahwa insinyur biomedis terlibat dalam semua jenis penelitian dan pengembangan mutakhir. Contohnya, banyak dari insinyur biomedis dapat mendesain perangkat medis canggih, organ buatan, bagian tubuh bionik, dan implan biologis. Diperkirakan dalam rentang tahun 2016 hingga 2026 terdapat 16.000 lowongan pekerjaan untuk insinyur biomedis. Pada tahun 2018, insinyur biomedis dapat menghasilkan gaji dengan rata-rata mencapai  88.550 USD.

  1. Pengembang Blockchain

Istilah cryptocurrency digital atau bitcoin mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, mengingat perkembangannya pada zaman serba digital ini. Karena perkembangannya, tentu banyak orang yang perlu memahami teknologi dasar tentang blockchain. Teknologi blockchain berfungsi sebagai buku besar panduan kriptografi yang dapat membuat transaksi ekonomi dan jenis transaksi lainnya terdesentralisasi, lebih cepat, dan lebih pribadi. Memang, semua ini agak sulit untuk dipahami. Namun banyak ahli percaya bahwa teknologi blockchain pada akhirnya akan dapat mengubah dunia seperti halnya internet. Itulah sebabnya pengembang blockchain bisa menjadi karier yang menjanjikan di masa depan.

  1. Penasihat Privasi Pribadi

Seperti yang diketahui, teknologi telah berkembang pesat di kehidupan ini. Saking pesatnya, teknologi dapat mengancam kehidupan privasi seseorang. Seiring dengan munculnya teknologi pengenalan wajah dan teknologi augmented reality sangat dimungkinkan akan ada saatnya tidak ada orang ke luar publik tanpa orang lain tahu identitas seseorang termasuk usia, status perkawinan, tempat kerja, dan catatan kriminal (jika memilikinya). Semua keadaan tersebut akan menjadikan seseorang semakin sulit untuk menjaga kehidupan privasi, apalagi untuk orang-orang yang terkenal. Oleh sebab itu, pekerjaan sebagai penasihat privasi pribadi atau personal privacy advisor akan menjadi pekerjaan menjanjikan di masa depan.

  1. Insinyur Nanoteknologi

Dengan memanipulasi materi pada tingkat atom atau molekul, menjadi mungkin untuk membayangkan dan mengembangkan berbagai inovasi baru. Sebagai contoh, banyak orang di bidang nanoteknologi membayangkan masa depan di mana struktur nano mereplikasi diri dan digunakan dalam konstruksi dan nano-robot dimasukkan ke dalam tubuh manusia untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan penyakit. Teknologi skala nano sudah digunakan untuk membuat bahan canggih dan dimasukkan ke dalam beberapa produk elektronik dan konsumen. Maka dari itu, pekerjaan sebagai insinyur nanoteknologi dapat menjadi pekerjaan menjanjikan di masa depan.

  1. Insinyur Biologi Sintetik

Banyak yang belum tahu bahwa ilmu biologi sintetik sudah berkembang jauh pesat. Bahkan para ilmuwan di bidang biologi sintetik sudah membuat daging hewan buatan yang tumbuh di laboratorium. Dengan pengetahuan para ilmuan tentang biologi molekuler, fisika, kimia, dan teknik, orang-orang dalam pekerjaan ini pada akhirnya dapat membuat semua jenis organisme buatan atau mendesain ulang yang alami untuk memberikan terobosan medis dan industri yang belum pernah dibayangkan oleh siapa pun. Itulah alasan mengapa insinyur biologi sintetik menjadi pekerjaan yang menjanjikan di masa depan.

Itulah 16 pekerjaan menjanjikan di masa depan. Jika ditelaah lebih dalam, banyak profesi yang sekarang dipandang sebelah mata dinilai akan menjanjikan di masa depan. Hal ini disebabkan karena perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta kebutuhan masyarakat yang berubah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 16 pekerjaan menjanjikan di masa depan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Masa Depan Bitcoin: Akankah Menjadi Mata Uang Digital Tunggal?
Pentingnya Perencanan Keuangan untuk Kehidupan Masa Depan
Inilah 12 Ciri-ciri Orang yang Akan Kaya di Masa Depan. Apakah Anda Memilikinya?
Kartu Kredit untuk Pekerja Bebas (Freelance)
Bagaimana Masa Depan Cryptocurrency?
Waspadai Hal-hal Kecil Ini Dapat Menghacurkan Masa Depan
6 Pekerjaan Aneh dan Tidak Umum yang Bergaji Tinggi
Kartu Kredit untuk Karyawan
Kartu Kredit Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga
5 Cara Mengatasi Sifat Suka Menunda Pekerjaan


Bagikan Ke Teman Anda