Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

18 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan

Akan ada suatu titik dimana liburan berasa hambar. Tidak tahu apa yang akan dilakukan selama sehari dan ujung-ujungnya hanya merasa murung di tempat tidur. Hal tidak produkstif semacam itu tentu bukannya malah membuat diri menjadi fresh. Tentunya, di masa-masa seperti itu lebih baik hari libur digunakan untuk berkegiatan yang menghasilkan uang tambahan. Terdengar seru bukan? Nah, ini dia 18 cara menghasilkan uang saat libur.

1. Jual Kerajinan Hasil Tangan Sendiri

Mengasah keterampilan pada saat liburan merupakan hal yang patut dicoba saat liburan. Selain menjadikan hari menjadi lebih produktif, kerajinan tersebut nantinya akan mendatangkan uang saat dijual. Tidak harus muluk-muluk, seseorang bisa memulai dengan membuat kerajinan berupa bros dari pita, atau juga jepitan rambut darr pita. Jika seseorang memang meiliki hobi yang lain seperti melukis atau membuat keramik, hal tersebut juga patut dicoba. Nantinya, karya tersebut bisa dijual melalui platform-platform online.

2. Menjual Makanan

Cara kedua ini sangat cocok diperuntukkan untuk para wanita yang mempunyai kegemaran memasak. Daripada bingung mengisi liburan dengan hal-hal yang kurang produktif, lebih baik mencoba resep-resep masakan baru dan menjualnya. Tidak perlu bingung memikirkan akan dijual kemana hasil masakan tersebut. Cukup tawarkan kepada rekan kerja di grup WhatsApp, atau teman-teman yang ada di grup WhatsApp. Beri promo seperti gratis ongkir atau beli 2 gratis 1 agar teman-teman semakin tertarik untuk membeli.

3. Mengisi Survei Online

Banyak yang belum tahun bahwa mendapatkan uang dengan mudah bisa dilakukan hanya dengan mengisi survei online. Hanya perlu sambungan internet, seseorang dapat menghasilkan uang darimana saja dan dimana saja. Cara ini juga bisa dilakukan saat sedang liburan. Daripada melakukan hal yang kurang produktif seperti bermalas-malasan, lebih baik mengisi survei online. Tidak perlu tenaga yang besar, seseorang bisa mendatangkan uang melalui jempol tangannya. Di Indonesia sendiri, sudah banyak situs survei online yang membayar respondennya. Pembayaran tersebut tergantung dengan regulasi yang ditetapkan oleh situs survei online. Beberapa situs survei online di Indonesia adalah iPanel, ViewFruit, YouGov, Opinion World, Toluna, dan masih banyak lagi.

4. Menjadi Virtual Assistant

Pepatah kill two birds with one stone sangat cocok untuk cara nomor empat ini. Selain membantu orang lain, seseorang juga bisa mendapatkan uang tambahan. Tugas Virtual Assistant sangatlah beragam. Dari mulai manajemen email, entri data, pengiklanan, hingga penjadwalan rapat klien. Tugas Virtual Assitant sifatnya juga hampir mirip dengan freelancer. Menjadi Virtual Assistant juga tidak memiliki resiko yang berat. Jika tertarik, seseorang bisa mendaftarkan diri sebagai Virtual Assistant secara online.

5. Menjadi Pengajar Tutor Online

Salah satu hal yang bisa dicoba untuk menghasilkan uang saat liburan adalah menjadi pengajar untuk tutor online. Cara ini sangat cocok untuk orang yang memiliki passion di dunia belajar mengajar. Namun, untuk menjadi pengajar tutor online seseorang harus lulus ujian terlebih dahulu. Salah satu contoh situs online yang dapat dicoba adalah Tutor.com. Seseorang bisa melamar menjadi pengajar berbagai macam pelajaran mulai dari Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, matematika, akuntansi, sosiologi, dan lain sebagainya.

6. Penjaga Hewan

Tetangga yang memiliki hewan peliharaan dan sedang pergi jauh adalah peluang yang bagus untuk menghasilkan uang. Seseorang dapat mengajukan diri pada tetangga tersebut untuk menjaga hewan peliharaannya. Agar seseorang dapat menjadi penjaga hewan peliharaan, seseorang tersebut haruslah memiliki hubungan yang baik dengan tetangga. Hubungan yang baik tersebut akan membangun kepercayaan sehingga tetangga mau menitipkan hewan peliharaannya.

7. Menyewakan Mobil

Saat liburan dan tidak ingin pergi kemana-mana, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang adalah menyewakan mobil. Mobil bisa menjadi aset yang dapat mendatangkan uang. Menyewakan mobil bisa menjadi prospek yang sangat menjanjikan di mata turis. Turis tentu membutuhkan kendaraan untuk mengelilingi daerah wisata yang sedang ia kunjungi. Langkah awal untuk menyewakan mobil bisa dilakukan dengan cara mengiklankan mobil di internet. Jangan lupa cantumkan spesifikasi mobil seperti merk mobil, nomor plat, model, tahun, serta foto mobil. Usahakan mobil yang disewakan memiliki asuransi untuk jaga-jaga jika mobil terkena kecelakaan.

8. Menyewakan Kamar Kosong

Sama seperti menyewakan mobil, menyewakan kamar kosong bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang saat liburan. Menyewakan kamar kosong yang dimaksud berbeda dengan menjadikan kamar kosong tersebut sebagai kamar kos. Cukup sewakan kamar tersebut dalam hitungan hari. Kamar kosong tersebut bisa dilirik oleh orang yang sedang melakukan perjalanan atau sedang menghadiri acara di luar kota saat kehabisan hotel atau penginapan.

9. Menurunkan Berat Badan

Mungkin ini terdengar konyol, namun di zaman sekarang menurunkan berat badan juga bisa mendatangkan uang. Kini, tersedia situs yang rela membayar orang yang berhasil menurunkan berat badannya. Situs tersebut bernama HealthyWage. Cara kerja dari HealthyWage adalah masuk ke HealthyWage dan masukkan berapa banyak jumlah berat badan yang ingin diturunkan. Jumlah berat badan harus setidaknya sepuluh persen dari berat badan awal. Selain memasukkan target penurunan berat badan, seseorang juga harus memasukkan jumlah waktu yang diinginkan. Setelah itu, seseorang juga memasukkan seberapa banyak uang yang ingin didapatkan. HealthyWage akan menentukan seberapa banyak uang yang bisa diperoleh seseorang bisa menang. Nominal uang yang bisa diperoleh hingga 10.000 USD.

10. Menguji Website

Mungkin masih terdengar asing, namun menguji website juga bisa menjadi jalan untuk mendapatkan uang. Seseorang cukup menguji website atau suatu aplikasi. Apakah sudah nyaman dengan website atau aplikasi tersebut, bagaimana performanya, serta mengevaluasi kekurangan-kekurangannya. Seseorang dapat menemukan berbagai pekerjaan menguji situs web melalui UserTesting.com. Pasalnya, UserTesting.com membayar penggunanya sebesar 15 USD  per aplikasi seluler dan  10 USD per situs web yang diuji.

11. Menjual Barang-Barang Bekas

Uang bisa dihasilkan darimana saja, termasuk dari barang bekas. Sesuatu yang sudah tak bernilai dimata seseorang, mungkin akan bernilai tinggi di mata seseorang. Daripada liburan diisi dengan bermalas-malasan, lebih baik membersihkan isi lemari ataupun meja rias. Singkirkan barang-barang bekas yang sudah tidak berguna untuk kemudian dijual kembali. Entah itu baju atau celana yang tidak muat, make up atau skin care yang tidak cocok, atau figur-figur hiasan lain. Menjual barang bekas bisa menjadi salah satu cara termusah untuk menghasilkan saat libur.

12. Menguji Produk

Untuk mengisi waktu selama liburan, menguji produk sebelum diluncurkan bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghasilkan uang. Sebagian perusahaan suka menerima masukan atau umpan balik langsung dari konsumen sebelum meluncurkan produk. Salah satu website yang bermitra dengan perusahaan untuk melakukan pengujian produk adalah https://www.pineconeresearch.com/. Tidak hanya menyediakan survei, website tersebut juga menyediakan sarana untuk pengujian produk. Setelah konsumen menguji produk, konsumen kemudian diharuskan untuk mengisi survei setelahnya. Jika produk sudah layak diluncurkan, perusahaan sering memberi penghargaan kepada penguji dengan tawaran gratis atau diskon untuk membeli barang.

13. Menjadi Freelancer

Bukan rahasia umum lagi jika salah satu cara yang mudah dan cepat untuk menghasilkan uang adalah dengan menjadi freelancer. Ditambah lagi dengan menjadi freelancer di kala liburan, tentu hal tersebut akan lebih bisa menghasilkan banyak uang. Seseorang mempunyai lebih banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan freelancing tanpa beban yang berat. Pekerjaan freelancing memang pekerjaan yang cenderung ringan dan tidak mengikat. Seseorang bebas memilih jenis pekerjaan apa yang ia sanggup kerjakan dengan sistem kontrak yang juga fleksibel. Banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh freelancer, mulai dari penulis artikel, penerjemah, analisis statistik, coding, desain, dan masih banyak lagi. Banyak situs web indonesia bahkan mancanegara yang telah menjadi sarana untuk mencari pekerjaan freelancing. Jika hasil kerja bagus, seorang freelancer dapat mengantongi uang hingga jutaan dalam sekali project.

13. Menjadi Proofread

Bagi seseorang yang memiliki hobi membaca atau mempunyai ketertarikan terhadap tata bahasa, menjadi proofread merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencari uang di kala libur liburan. Tugas proofread pada dasarnya adalah membaca ulang sebuah tulisan dan mencari tahu kesalahan tata bahasa serta melakukan pembenaran terhadap tulisan tersebut agar menjadi benar dan indah. Ada sebuah website luar negeri yang didedikasikan untu mengajarkan orang bagaimana cara mendapat pekerjaan sebagai proofread. Website tersebut adalah Proofread Anywhere. Seorang proofread yang sudah mahir dapat menghasikan penghasilan hingga 20 USD atau lebih per jam.

15. Menjadi Fotografer Lepas

Bagi orang yang memiliki keahlian di bidang fotografi, tidak ada salahnya untuk menjadi fotografer lepas. Apalagi saat liburan. Cukup tawarkan jasa fotografer kepada orang-orang terdekat. Beri harga diskon kepada mereka agar mereka lebih tertarik. Salah satu momen dimana fotografer sangat dibutuhkan adalah saat wisuda. Di momen sepenting itu, pasti banyak orang yang ingin mengabadikan momen bahagia tersebut bersama keluarga dan teman dekat. Momen tersebut bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk terjun menjadi fotografer lepas. Selain itu, momen lain yang berpeluang bagus adalah saat liburan. Sebagian orang ingin momen liburannya diabadikan dalam bentuk foto. Kesempatan menghasilkan uang tersebut tentunya tidak patut untuk dilewatkan, bukan?

16. Mengirim Tulisan ke Media

Semakin berkembang tekhnologi, semakin mudah pula mengalirkan uang ke kantong. Banyak media cetak maupun online yang mau membayar tulisan seseorang dengan harga yang tidak murah. Sebuah media online bahkan rela membayar satu tulisan sebesar Rp 500.000. Ada pula media cetak yang juga rela membayar satu buah cerpen hingga satu juta rupiah. Menggiurkan bukan? Banyak jenis tulisan yang dapat dikirimkan ke media dan menghasilkan uang. Puisi, pantun, opini, dan cerpen adalah beberapa diantaranya. Umumnya, dari berbagai jenis tulisan, cerpen adalah tulisan yang mampu menghasilkan uang terbesar.

17. Menjadi Santa

Bagi orang yang memeluk agama Kristiani, tidak ada salahnya untuk menjadi Santa saat Natal tiba. Bagi yang suka dikelilingi anak kecil, menjadi Santa bukanlah hal yang berat. Malahan hal tersebut dirasa kan sangat menyenangkan. Seseorang hanya cukup memakai kosum Santa, bertingkah ceria untuk menghibur anak-anak sambil membawa banyak hadiah. Walaupun terlihat remeh, menjadi Santa dapat menghasilkan uang yang jumlahnya tidak sedikit dan lumayan untuk mengisi waktu liburan.

18. Bekerja di Toko

Tidak ada salahnya mendatangi toko di dekat rumah dan bertanya apakah mau menerima karyawan tambahan selama masa liburan. Walaupun terkadang bayarannya terbilang kecil, namun tidak ada salahnya untuk mengisi waktu liburan dengan bekerja di sebuah toko. Terkadang, materi bisa menjadi nomor sekian. Yang menjadi nomor satu adalah pengalaman serta soft skill yang didapatkan. Soft skill tersebut kelak akan sangat berguna saat seseorang terjun di dunia kerja.

Itulah 18 cara yang dapat dicoba untuk menghasilkan uang di kala liburan tiba. Waktu akan sangat terasa bermanfaat saat seseorang menggunakannya untuk melakukan hal yang positif dan bermanfaat. Daripada waktu berlalu dengan percuma, lebih baik mengisinya dengan hal yang positif salah satunya adalah dengan mencari uang tambahan. Karena waktu adalah uang, jangan lewatkan ia dengan sia-sia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 18 cara menghasilkan uang saat liburan, senoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Modus Pegawai Bank Mengelapkan Uang
Bagaimana untuk Menjadi Kaya?
Apa itu “Dave Ramsey: 7 Baby Steps”?
Cara Membuat Media Planning
Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina
Langkah-langkah Membuat Anggaran Keluarga
Tip Keuangan Sederhana dengan Hasil Maksimal
12 Kesalahan dalam Membuat Anggaran Keuangan Pribadi
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
Mengapa Orang Miskin Susah Jadi Kaya?


Bagikan Ke Teman Anda