Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

4 Prinsip Manajemen Waktu Ala Mafia Manager

Waktu adalah aspek terpenting dalam setiap kehidupan. Bagaimana cara Anda menggunakan waktu akan menentukan keberhasilan Anda. Setiap orang memiliki waktu yang sama. Mereka hidup selama 24 jam sehari, Tetapi setiap orang menggunakan waktunya dengan cara berbeda-beda. Ada yang bekerja keras sepanjang hari, menghabiskan waktu dengan belajar, membangun bisnis, namun ada juga yang bermalas-malasan, bekerja setengah hati, dan tidak bersemangat. Nah, sudah jelas bukan mengapa di dunia ini ada orang-orang yang berhasil dan banyak orang yang gagal?

Manajemen waktu adalah kuncinya. Hal ini juga berlaku ketika Anda berbisnis. Jika Anda bisa menggunakan waktu Anda dengan sebaik dan sebijaksana mungkin, maka kesuksesan akan menjadi milik Anda.

Banyak buku, seminar, dan presentasi mengenai bagaimana manajemen waktu terbaik dalam berbisnis untuk mencapai keberhasilan. Tapi pernahkah Anda mendengar manajemen waktu ala mafia yang bisa terapkan dalam bisnis Anda?

Mendengar kata mafia, hal pertama yang muncul dalam pikiran Anda adalah segala sesuatu yang negatif. Ya, mafia memang identik dengan kekerasan, kejahatan, dan tindakan kriminal. Singkirkan hal itu untuk sejenak. Pandanglah kehidupan mafia dari sudut yang lain. Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dari mereka.

Buku Mafia Manager, Bimbingan Machiavellis Bagi Bisnis Modern yang ditulis oleh ā€œVā€ dapat memberikan insipirasi bagi Anda untuk memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Dalam buku tersebut dibahas pula mengenai manajemen waktu yang dilakukan oleh mafia agar mereka bisa mendapatkan hasil terbaik dan uang sebanyak mungkin dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

1. Bekerja Cerdik, Bukan Bekerja Keras

Sebagian besar orang berpikir bahwa kesukesan dapat diraih dengan bekerja keras. Padahal jika Anda bertanya pada seorang mafia, bukan kerja keras yang akan membawa Anda menuju kesuksesan dengan cepat. Bekerja harus dengan cara yang cerdik. Manfaatkan setiap waktu yang Anda miliki untuk bekerja.

Dalam keseharian Anda, Anda akan mendapati banyaknya waktu luang di antara tugas-tugas yang harus Anda selesaikan, atau saat-saat dimana Anda harus menunggu klien atau rekan bisnis Anda datang dalam sebuah pertemuan. Jangan biarkan waktu menunggu Anda terbuang dengan sia-sia. Bacalah sebuah buku, cari informasi yang berguna, atau pelajari sesuatu yang baru. Pastikan setiap menit yang Anda habiskan untuk menunggu dapat memberikan Anda hal yang bermanfaat.

2. Delegasikan Tugas-tugas yang Ada

Prinsip lain dari bekerja cerdik yang harus Anda terapkan adalah tentang mendelegasikan pekerjaan. Itulah yang dikatakan dalam buku Mafia Manager. Pernahkah Anda melihat seorang mafia bekerja sendirian? Tentu tidak. Mereka memiliki jaringan yang luas dengan banyak anggota. Hal inilah yang perlu Anda tiru.

Semakin banyak orang yang bekerja, maka semakin banyak pula pekerjaan yang bisa diselesaikan. Jangan berpikir untuk melakukan segala sesuatunya sendirian. Dalam hal pembagian tugas, pastikan Anda sudah membuat daftar pekerjaan apa saja yang harus Anda selesaikan.

Jika dalam bisnis Anda adalah bos, pastikan Anda memiliki karyawan yang bisa diandalkan untuk melakukan setiap tugas berbeda. Pasanglah target waktu kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan. Anda juga harus melakukan hal yang sama pada diri Anda. Tingkatkan terus tantangan bagi Anda dan bisnis Anda dengan menambah jumlah tugas yang harus diselesaikan. Urutkan tugas-tugas mulai dari yang terpenting dan yang paling menghasilkan banyak uang hingga tugas-tugas yang bisa diselesaikan belakangan.

Pendelegasian tugas adalah cara yang sangat efektif dalam berbisnis. Dengan demikian, lebih banyak pekerjaan yang selesai dalam waktu singkat. Semakin cepat pekerjaan selesai, maka semakin banyak pula uang yang bisa Anda hasilkan.

Inilah prinsip manajemen waktu ala mafia yang harus Anda terapkan. Mereka memiliki banyak anggota untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu.

3. Punya Fleksibilitas Jadwal yang Tinggi

Bagaimana agar bisa menggunakan waktu sebaik mungkin? Solusi yang ditawarkan oleh sebagian besar orang adalah dengan menyusun jadwal harian. Anda pasti sudah sering mendengar saran tentang bagaimana Anda harus membuat rencana esok hari sebelum Anda pergi tidur di malam hari. Apa saja yang harus Anda kerjakan lengkap dengan waktu-waktu pengerjannya.

Namun bukan seperti itu manajemen waktu yang baik bagi seorang mafia. Anda harus punya fleksibilitas tinggi untuk menyesuaikan waktu dalam bekerja. Anda tidak akan pernah tahu bukan halangan apa yang akan muncul esok hari, siapa yang mendadak harus Anda temui, atau musibah yang datang tiba-tiba? Tanpa adanya fleksibilitas maka hari Anda akan berantakan.

Pastikan Anda selalu siap dengan segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Agar Anda bisa menyusun jadwal yang efektif, kenali medan Anda, laku tetapkan sasarannya. Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengevaluasi semua kendala yang ada, kesempatan yang bisa digunakan, dan strategi yang diterapkan.

4. Bekerjalah di Waktu Terbaik

Setiap orang memiliki waktu masing-masing dimana tingkat produktivitas mereka berada di level tertinggi. Anda pun pasti juga memahami saat-saat dimana energi Anda mencapai puncaknya. Bekerjalah di jam-jam tersebut. Anda tidak perlu mengikuti pakem umum bahwa bekerja dimulai pada jam 8 pagi dan berakhir di jam 4 sore. Ini adalah pola pikir yang salah. Bekerjalah di jam produktif Anda.

Jika Anda merasa paling produkti di malam hari, gunakan malam hari untuk bekerja. Selain itu, temukan kondisi terbaik di mana Anda bisa bekerja secara maksimal. Apakah itu di kamar tidur Anda, di ruang tertentu di rumah Anda, kafe favorit Anda, atau di mana saja. Bekerjalah di tempat dengan gangguan yang paling sedikit agar Anda bisa mengerahkan seluruh pikiran dan tenaga Anda dengan maksimal.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 4 prinsip manajemen waktu ala mafia manager, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



7 Prinsip Bisnis Ala Mafia
Cara Merekrut Karyawan Ala Mafia Manager
7 Tip Mengelola Bisnis Ala Mafia
4 Tipe Manusia Menurut Mafia Manager
Apa itu Devisa?
Bagaimana Modus Rekrutmen Perusahaan Palsu?
Kesalahan yang Sering Dilakukan di Bandara
Kesalahan Umum Pengusaha UMKM
Definisi Too Big to Fail
Sifat-sifat Umum yang Dimiliki Orang Kaya


Bagikan Ke Teman Anda