Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

5 Alasan Mengapa Bisnisman Tidak Naik Pesawat Kelas Ekonomi

Perbadaan harga antara penerbangan kelas Ekonomi dengan kelas Bisnis memang terlihat sangat mencolok. Perbedaan harga ini bisa mencapai 3 atau bahkan sampai 6 kali lipat. Karenanya beberapa perusahaan memberlakukan satu kebijakan untuk selalu menggunakan pesawat kelas Ekonomi bagi para staffnya yang akan melakukan perjalanan dinas menggunakan pesawat terbang. Apa lagi alasannya selain untuk melakukan penghematan.

Sebagian orang memang menganggap kalau berpergian dengan menggunakan pesawat terbang tidak akan semelelahkan bila berpergian dengan moda transportasi yang lain. Anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Memang pesawat dapat mempersingkat waktu dalam menempuh jarak yang jauh, namun Anda tidak akan bisa menghindari jetlag dan kelelahan yang terjadi karena perbedaan tekanan udara.

Keterbatasan yang diberikan penerbangan kelas Ekonomi

Bila Anda melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang kelas ekonomi, maka Anda tidak bisa berharap akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas tempat duduk yang nyaman. Sempitnya jarak antar kursi membuat tidak ada lagi ruang nyaman bagi tubuh Anda selama perjalanan. Karenanya ini lah beberapa alasan mengapa seorang bisnisman tidak ingin menaiki pesawat kelas Ekonomi.

1. Perjalanan jauh yang melelahkan

Mungkin bagi Anda yang melakukan perjalanan untuk liburan, membeli tiket pesawat Ekonomi adalah pilihan yang paling tepat. Dengan selisih tiket yang sangat besar, Anda pasti berfikir mengapa ada orang yang ingin membayar lebih mahal untuk kelas penerbangan bisnis atau first class untuk penerbangan yang hanya ditempuh dalam waktu beberapa jam saja.

Bila Anda yang sedang dalam perjalanan untuk liburan, begitu Anda sampai di bandara tujuan, Anda hanya tinggal menuju hotel dan beristirahat dengan tenang. Namun, pasti akan berbeda dengan bisnisman yang tiap waktunya adalah berharga. Mereka kerap harus langsung bekerja sesaat setelah landing pesawat. Dan kesempatan untuk beristirahat mungkin hanya pada saat mereka berada di pesawat saja.

Beberapa perusahaan mengizinkan level setingkat manager ke atas untuk bisa memesan kelas Bisnis saat melakukan penerbangan jauh yang memakan waktu lebih dari 5 jam. Terlebih bila perjalan bisnis ini akan membawa mereka untuk menghadiri sebuat rapat penting atau konfresnsi bisnis yang menentukan kelangsungan bisnis perusahaannya.

Tentunya akan sangat tidak nyaman bila harus duduk dalam kursi yang sempit dan ruang gerak yang terbatas. Karenanya penerbangan kelas bisnis yang lebih nyaman akan memberikan mereka cukup waktu untuk beristirahat untuk menjamin para pengambil keputusan ini akan tetap dalam kondisi tubuh yang segar dan penuh energi.

2. Penerbangan kelas Bisnis menawarkan fleksibilitas yang lebih

Bila berpergian dengan penerbangan kelas Ekomoni, tentunya Anda tidak akan mudah dalam merubah jadwal penerbangan Anda. Jadwal penerbangan Anda sudah fix dan tidak mudah untuk dirubah begitu saja tanpa tambahan biaya. Untuk sebuah perjalanan dinas yang telah terjadwal dengan baik, misalnya untuk kegiatan training atau pelatihan, maka jadwal penerbangan yang fix ini tentunya tidak akan terlalu membebani Anda.

Akan sangat berbeda bila Anda seorang bisnisman yang sibuk, dimana Anda harus mengatur banyak hal di tempat yang berbeda. Tentunya ke-fleksibelitas-an yang tinggi akan sangat Anda butuhkan. Waktu yang begitu berharga tidak akan disia-siakan hanya untuk menunggu jadwal keberangkatan Anda yang masih beberapa jam lagi.

Dengan berpergian menggunakan kelas Bisnis, para bisnisman yang super sibuk ini bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Mereka bisa langsung menuju konter maskapai dan melakukan pengaturan jadwal kembali untuk mendapatkan penerbangan yang lebih awal waktunya. Atau mungkin memundurkan jadwal penerbangannya bila memang waktu tidak memungkinkan mereka dalam mengejar pesawat.

Selain itu dengan menaiki kelas Bisnis, maka Anda akan lebih di prioritaskan dibandingkan penumpang kelas ekonomi. Sehingga bila terjadi pembatalan jadwal atau tertundanya jadwal penerbangan, pihak maskapai akan memberikan usaha terbaik mereka untuk membuat Anda tetap terbang tepat waktu.

3. Waktu lebih berharga ketimbang biaya penerbangan kelas Bisnis

Mungkin Anda akan menemukan kebijakan perusahaan yang mengizinkan Anda untuk berangkat sehari lebih cepat dari jadwal acara yang harus Anda hadiri, namun tetap terbang dengan kelas ekonomi. Bagi perusahaan membiarkan Anda tidak produktif selama sehari mungkin jauh lebih menguntungkan perusahaan dibanding memberikan Anda tiket pesawat kelas Bisnis.

Pertimbangannya akan menjadi berbalik 180 derajat bila Anda adalah orang yang teramat penting bagi perusahaan. Terkadang jadwal-jadwal miting penting terjadi secara tiba-tiba, dan membuat Anda harus mengatur ulang semua acara Anda. Tentunya karena jadwal yang terkadang berubah ini, Anda membutuhkan fleksibelitas dari jawdal penerbangan Anda juga.

4. Dikejar jadwal miting yang padat

Pelayanan yang ditawarkan kelas Bisnis tentunya akan berbeda dengan kelas Ekonomi. Anda akan dibuat naik dan turun pesawat lebih dahulu. Dan kemudahan lain adalah fasilitas bagasi yang tersendiri dari kelas Ekonomi, sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama hanya untuk mengantri bagasi. Bila Anda harus berurusan dengan imigrasi, penumpang kelas Bisnis akan mendapatkan prioritas utama, sehingga Anda juga tidak perlu mengantri lama.

Dengan menggunakan kelas Bisnis, Anda akan memepersingkat waktu, yang bisa membuat Anda dapat menghadiri miting penting Anda tepat waktu. Selain itu, dengan menggunakan kelas Bisnis, Anda akan mendapatkan ruang duduk yang lebih luas selama dalam pesawat. Dan itu akan memungkinkan Anda lebih leluasa mengeluarkan laptop atau dokumen Anda dan bekerja selama penerbangan.

Anda akan mendapatkan ketenangan yang lebih, sehingga waktu yang tersedia selama perjalanan bisa Anda manfaatkan untuk sesuatu yang lebih produktif.

5. Sebuah penghargaan dari perusahaan

Beberapa perusahaan memang memiliki kebijakan dalam hal memberikan fasilitas penerbangan minimal kelas bisnis bagi para staffnya. Terutama bagi mereka yang harus bekerja full time sepanjang waktu untuk perusahaan. Dan harus sering berpergian dari kantor satu ke kantor lainnya yang memiliki jarak sangat jauh. Dengan menggunakan kelas Bisnis, maka tingkat ke-stress-an staff ahli tersebut akan berkurang. Dan pastinya akan membuat dia lebih produktif bagi perusahaan.

Sebenarnya harga kursi kelas Bisnis bisa jadi tidak akan terpaut sangat jauh dengan kelas tertinggi di kelas Ekonomi. Apalagi bila perusahaan Anda telah menjalin kerja sama dengan sebuah maskapai tertentu, pastiya harga yang akan perusahaan Anda dapatkan tidaklah semahal harga biasanya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 5 alasan mengapa bisnisman tidak naik pesawat kelas ekonomi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bahaya Deflasi dan Akibat Deflasi Bagi Ekonomi
Ide Bisnis Aneh tapi Untung Besar? Terbukti Lho!
Tips Memilih Nama yang Tepat untuk Bisnis Cafe Anda
Kamar Mau Disewakan di Airbnb? Ini Tip Memulai Bisnis Airbnb!
Ide Bisnis Menjelang Natal
Inilah Kesalahan yang Bisa Mematikan Bisnis Anda
Mengapa Belajar Ekonomi Penting?
Anak Mau Punya Skill Bisnis? Ini Tip Buat Orangtua!
Empat Tahap Pertumbuhan Bisnis
Mengapa Orang Pintar Gagal Berbisnis?


Bagikan Ke Teman Anda