Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Bekas

#mobil bekas #tip kredit

Kebutuhan akan transportasi membuat sebagian besar orang berupaya untuk memiliki kendaraan pribadi. Apalagi jika sudah berkeluarga dan memiliki anak, mobil adalah kendaraan yang tepat untuk dimiliki. Namun tidak semua orang mampu membelinya karena harga mobil terbilang cukup mahal, apalagi untuk kalangan menengah ke bawah. Karena itu, banyak leasing yang menawarkan produk mobil unggulannya dengan program pembayaran secara kredit atau mencicil.

Kredit mobil memang sah-sah saja dilakukan. Namun jika kondisi keuangan masih belum memungkinkan, membeli mobil baru menjadi hal yang sangat memberatkan. Untunglah sekarang ini sudah banyak sistem kredit yang juga berlaku untuk kendaraan atau mobil bekas. Dengan cara ini Anda bisa memiliki mobil yang jauh lebih murah tetapi tetap dapat berfungsi dengan baik.

Mobil bukanlah sebuah benda investasi dan harganya akan semakin menurun seiring bertambahnya waktu. Karena itu mobil bekas bisa menjadi sangat murah. Namun jangan langsung berpikiran kalau mobil bekas itu jelek dan mudah rusak loh. Jika kita pandai memilih dan melakukan berbagai pemeriksaan sebelum membelinya, maka kita bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang masih prima dan harga yang lebih terjangkau. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas.

1. Tentukan Jenis Mobil dan Tempat Pembelian

Jenis mobil perlu dipertimbangkan jika Anda ingin membeli sebuah mobil, terlepas apakah mobil tersebut baru atau bekas. Hal ini dilakukan agar mobil yang dibeli nantinya memberikan manfaat yang optimal bagi Anda dan keluarga. Bagi yang masih single atau pasangan yang belum memiliki anak, mobil tipe sedan atau hatchback cukup cocok untuk dipilih. Tetapi jika sudah memiliki anak, jenis mobil yang lebih besar seperti MPV, SUV kecil atau SUV 7 penumpang.

Selain itu, tempat penyedia kredit juga sangat berpengaruh jika Anda ingin membeli mobil. Usahakan untuk membeli langsung dari tangan pertama atau si empunya mobil jika Anda berniat untuk mmbeli secara tunai. Namun jika ingin membeli secara kredit, membeli mobil dengan sistem kredit bank akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan leasing. Suku bunga pada bank jauh lebih rendah dibandingkan leasing, dan Anda bisa terhindar dari resiko ditariknya mobil ketika Anda terlambat membayar cicilan.

2. Perhitungkan Uang Muka dan Besarnya Cicilan

Membeli mobil bekas secara kredit berarti Anda harus bisa menyiapkan uang muka untuk dapat memiliki mobil impian Anda. Untuk menentukan besarnya uang muka, Anda harus memperhitungkan besarnya cicilan yang sanggup Anda keluarkan setiap bulannya. Uang muka sebuah mobil biasaya berkisar antara 20-30 persen. Semakin tinggi uang muka yang dapat dibayar, maka akan semakin ringan cicilan ke depannya.

Agar Anda tidak kewalahan dalam membayar cicilan mobil Anda, sebaiknya pengeluaran untuk pembayaran cicilan kurang dari sepertiga dari total pendapatan atau sebesar 30% dari penghasilan yang diperoleh. Dengan begitu Anda masih tetap dapat memenuhi kebutuhan harian sementara cicilan mobil sedang berjalan.

3. Perhitungkan Jangka Waktu Kredit dan Besar Suku Bunga

Jangka waktu kredit perlu untuk diperhitungkan dengan matang, karena akan mempengaruhi besarnya cicilan setiap bulan. Ada yang menawarkan jangka waktu 1 tahun, 3 tahun bahkan 5 tahun. Namun sebaiknya pilihlah yang jangka waktunya tidak terlalu singkat karena cicilan sudah pasti lebih besar. Hindari juga jangka waktu terlalu lama karena Anda juga akan mengeluarkan uang lebih banyak karena suku bunga yang dikenakan. Idealnya jangka waktu 3 tahun cocok untuk dipilih agar dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan.

Suku bunga juga turut diperhitungkan karena ini juga berpengaruh terhadap besarnya cicilan mobil. Bunga cicilan kredit mobil baru sebenarnya lebih murah yakni 3% per tahun, dibandingkan dengan kredit mobil bekas yang bunganya bisa mencapai 9% pertahun. Namun biasanya perusahaan yang baik dan mapan keuangannya akan menetapkan suku bunga yang lebih rendah sehingga cicilan Anda bisa lebih ringan.

4. Periksa Interior dan Eksterior Mobil

Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum membeli mobil bekas akan menghindarkan Anda dari resiko kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan di kemudian hari. Sebaiknya Anda tidak terburu-buru membeli mobil bekas. Teliti kembali interior mobil seperti jok dan bagasi mobil, apakah masih lengkap dan dalam kondisi baik atau tidak. Performa mesin mobil juga perlu dipastikan dan diperiksa dengan baik. Anda bisa membawa teman atau kerabat yang ahli dengan mesin dan dapat dipercaya untuk memeriksanya.

Pemeriksaan eksterior mobil juga perlu dilakukan. Periksa kondisi ban, body mobil, kondisi lampu dan kaca mobil. Tidak salah jika Anda sampai memeriksa bagian kaki dan kolong mobil hingga bagian knalpot. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan belum mengalami kerusakan. Sebaiknya tanyakan riwayat mobil sedetail mungkin seperti service rutin pada mobil atau penggantian onderdil mobil bila pernah mengalami kerusakan.

5. Periksa Kelengkapan Surat dan Lakukan Test Drive

Saat Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan Anda meminta bukti kelengkapan surat seperti BPKB, STNK dan buku service sebagai informasi dan rekam jejak mobil dari pemilik sebelumnya. Anda harus teliti dalam memperhatikan keaslian surat dan dokumen tersebut, karena ini akan memudahkan Anda dalam proses balik nama, menghindari dari pembelian mobil curian, dan sebagainya.

Buku service memudahkan Anda untuk mengetahui apakah mobil yang akan Anda beli selalu dirawat dan mendapat service secara rutin atau tidak. Jika Anda tidak bisa mendapatkan buku service, dikhawatirkan mobil telah mengalami penurunan mesin dan rentan mengalami kerusakan atau mobil pernah mengalami kecelakaan yang dapat menurunkan kualitas mobil. Setelah pemeriksaan selesai, Anda juga perlu melakukan test drive untuk memastikan bahwa mobil tersebut masih bagus dan nyaman digunakan.

Nah, itulah tips dan hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli mobil bekas. Dengan menjadi pembeli yang teliti, Anda dapat menghindari resiko yang dapat merugikan Anda di kemudian hari. Jadi, sudah siap untuk membeli mobil bekas?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 5 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.