Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

5 Rahasia untuk Memulai Bisnis

#bisnis #entrepreneur #rahasia

Dunia entrepreneurship atau bisnis memang memiliki perkembangan yang sangat pesat, terutama di Indonesia. Sekarang ini banyak bermunculan para entrepreneur atau wirausahawan, bahkan beberapa diantaranya masih berusia muda, dan meraih kesuksesan dengan bisnis mereka. Hal ini tentu menjadi salah satu faktor yang membuat orang-orang jadi tertarik untuk terjun ke dunia bisnis.

Namun masih banyak juga orang yang ragu untuk menggeluti dunia bisnis karena tidak tahu dari mana dan bagaimana harus memulainya. Untuk menjawab hal ini, Richard Branson menuangkan dalam bukunya yang berjudul “Like a Virgin: Rahasia Bisnis yang Tak Diajarkan di Sekolah Mana pun”. Rahasia ini diambil langsung berdasarkan pengalamannya sebagai pendiri sekaligus pemilik Virgin Atlantik, maskapai penerbangan asal London yang sudah berdiri sejak tahun 1984.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 5 rahasia memulai bisnis dari Richard Branson:

1. Melakukan Apa yang Disukai

Jika Anda menganggap bisnis adalah jalan pintas yang mudah hanya karena tidak harus bekerja dibawah perintah orang lain dan bebas mengatur pekerjaan sesuka hati, Anda salah besar. Mungkin bagian tidak bekerja dibawah perintah orang lain dan dapat mengatur pekerjaan sendiri memang benar, namun itu sama sekali bukan hal yang mudah. Justru karena Anda harus melakukannya sendiri dan memulainya dari awal, hal tersebut akan membutuhkan jalan yang panjang.

Karena itulah sebaiknya Anda memilih bidang bisnis yang memang disukai dan kalau bisa dikuasai dengan baik, jangan justru melakukan apa yang tidak disukai. Richard Branson menjelaskan bahwa pebisnis tidak jauh berbeda seperti seorang seniman, dimana mereka sama-sama harus mengisi kanvas kosong dengan karya. Jika Anda melakukan bisnis di bidang yang disukai dengan perasaan senang, Anda akan enjoy melakukannya dalam waktu berapa lama pun dan tidak akan menganggap hal itu sebagai beban.

2. Membuat Perbedaan dan Inovasi

Rahasia kedua yang penting dalam memulai bisnis Anda adalah membuat perbedaan dan inovasi pada apa yang Anda lakukan. Anda perlu menciptakan terobosan baru pada bisnis yang Anda mulai agar dapat membedakannya dari para kompetitor atau bisnis lain yang sejenis. Dengan begitu, orang akan lebih mudah mengenali bisnis Anda dan membuatnya terlihat lebih unggul serta menonjol dibanding bisnis orang lain.

Dalam membuat perbedaan dan inovasi ini sebenarnya tidak harus dari hal-hal besar, namun justru dapat diterapkan pada aspek yang sederhana. Misalnya jika Anda bergerak dalam bidang jasa, Anda bisa mengedepankan pelayanan yang benar-benar prima untuk konsumen. Hal ini mungkin tampak sepele, namun bisnis dengan pelayanan yang benar-benar bagus sebenarnya sulit ditemukan. Jadi ketika Anda bisa membuat bisnis dengan inovasi tersebut, Anda akan dapat menempati pikiran dan hati para konsumen.

3. Memperkuat Team Work

Meskipun disebut sebagai “bisnis sendiri”, pada kenyataannya Anda tidak bisa benar-benar mendirikan dan menjalankan bisnis seorang diri. Anda akan membutuhkan beberapa partner atau rekan kerja agar bisnis dapat berjalan dengan lancar, terutama jika bisnis Anda berkembang lebih besar. Karena itu sangat penting untuk membangun dan memperkuat team work agar menjadi tim yang solid serta bertahan dalam waktu yang lama.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat team work adalah membuat para rekan kerja atau pegawai Anda betah bekerja dalam bisnis yang Anda dirikan. Kalau bisa, buatlah mereka bangga menjadi bagian dari perkembangan dan sejarah bisnis tersebut. Dengan adanya kebanggaan dan team work yang kuat, maka bisnis Anda akan lebih mudah berkembang dan tentunya bertahan secara jangka panjang.

4. Banyak Mendengar dan Memperhatikan

Mendirikan bisnis berarti Anda menjadi seorang pemimpin yang berdiri paling depan dalam proses pembangunan dan perkembangan bisnis tersebut. Hal ini merupakan tanggung jawab yang besar dan tentunya bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, terlebih jika rekan kerja dan pegawai Anda sudah banyak. Anda harus bisa menjadi pemimpin yang baik, salah satu caranya adalah dengan banyak mendengar dan memperhatikan.

Anda perlu melihat langsung bagaimana rekan kerja dan para pegawai Anda bekerja, lalu dengarkan apa yang ingin mereka sampaikan. Biarkan mereka mengungkapkan pendapat secara terbuka tanpa langsung memberikan kritik, terutama di depan umum. Dan yang tak kalah pentingnya, hargailah apa yang telah mereka lakukan dan capai untuk bisnis dengan memberikan pujian yang layak diterima oleh mereka.

5. Banyak Bertemu dan Berinteraksi

Richard Branson dalam bukunya menegaskan bahwa pemimpin yang baik tidak akan terkurung di belakang meja saja, namun keluar langsung ke lapangan. Seorang pebisnis sejati seharusnya sering bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Bukan saja dengan para rekan kerja dan pegawai Anda, namun juga para konsumen atau mungkin orang-orang yang masih menjadi target atau calon konsumen Anda.

Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan insight atau ide-ide yang dibutuhkan untuk perkembangan bisnis Anda. Bisa saja hal itu berupa saran, kritik, pertanyaan, atau mungkin pandangan mereka tentang bisnis yang Anda jalankan. Jangan lupa untuk mencatat semua itu dalam notes kecil agar tidak lupa, atau Anda bisa merekamnya menggunakan smartphone. Jangan hanya mendengarkan saja tanpa dicatat atau direkam karena pasti akan terlupakan, apalagi banyak hal yang harus diurus mengenai bisnis Anda.

Demikianlah 5 rahasia memulai bisnis yang dijelaskan oleh Richard Branson dalam bukunya berdasarkan pengalaman bisnisnya sendiri. Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah dan membutuhkan waktu tidak sebentar, namun kesuksesan yang sesungguhnya memang tak dapat diraih dengan jalan pintas, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 5 rahasia untuk memulai bisnis, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Networking Efektif untuk Entrepreneur Pemula
Apa Pandangan yang Salah Terhadap Entrepreneur?
Orang Seperti Apa yang Seharusnya Tidak Menjadi Enterpreneur
Bisnis Anda Mendapat Respon Negatif di Medsos? Ini yang Harus Anda Lakukan
Kamar Mau Disewakan di Airbnb? Ini Tip Memulai Bisnis Airbnb!
Inilah Hal-hal yang Menyebabkan Bisnis Gagal dalam 5 Tahun
Pelajari Tip-tip Ini Agar Bisnis Baru Anda Berhasil!
5 Kesalahan yang Dapat “Membunuh” Bisnis
Apakah Bisa Memulai Bisnis dengan Modal Dengkul?
Buku yang Wajib Dibaca oleh Entrepreneur


Bagikan Ke Teman Anda