Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

5 Tahap Mencapai Financial Freedom

Susah tetapi mudah untuk dilakukan hingga berhasil. Apakah itu? Mendidik remaja masa kini atau kids zaman now untuk mengatur keuangan. Nasihat terkadang tidak didengarkan oleh remaja. Masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan adalah ungkapan yang tepat.

Lalu bagaimana caranya agar nasihat atau saran didengarkan oleh mereka? Sebagai orangtua, kakak, atau saudara dekat yang lebih tua sebaiknya berhubungan baik terlebih dahulu dengan anak tersebut. Kalau sudah seperti teman dan dia menganggap kita seperti itu pasti apapun yang kita katakan akan didengar termasuk nasihat tentang keuangan.

Jelaskan terlebih dahulu tentang kebebasan keuangan (financial freedom) kepada remaja agar mereka bisa membayangkan betapa enaknya kehidupan seperti itu. Setelah itu pasti mereka akan berpikir cara untuk mendapatkan hidup yang berkualitas seperti itu. Barulah kita mulai masuk lebih dalam untuk memengaruhi cara berpikir anak sekitar umur 20 tahun. Bagaimana menjelaskan financial freedom kepada generasi umur 20 tahunan? Anda harus paham terlebih dahulu konsepnya.

Kebebasan keuangan (financial freedom) adalah fase dalam kehidupan yang tidak perlu lagi mencari uang karena uang yang datang sendiri ke dalam rekening tabungan. Kondisi ini berarti telah memiliki banyak aset dan sumber keuangan yang akan memberikan uang dengan sendirinya tanpa harus bekerja.

Ingatlah mencapai cita-cita besar ini tidak mudah. Ada banyak fase yang harus dilakukan untuk meraihnya. Hal utama yang harus dimiliki adalah keyakinan dan kegigihan. Yakin akan bisa meraihnya dan gigih untuk menghadapi semua ketidaknyamanan (kesulitan) dalam proses meraih financial freedom.

Ada 5 tahap yang harus dilalui secara garis besar untuk mencapai financial freedom. Berikut ini penjelasannya.

Tahap 1: Miskin

Kondisi ini adalah kondisi impas karena penghasilan dan pengeluaran sama besarnya sehingga tidak ada kelebihan untuk ditabung. Tantangan atau masalah yang sering melanda di tahap ini adalah tidak adanya cadangan uang untuk kondisi darurat sehingga besar kemungkinannya untuk berutang. Utang tentu akan menambah kesulitan yang dialami karena ada biaya yang harus dibayar berupa bunga dan biaya administrasi kalau meminjam di bank.

Tahap 2: Zona Nyaman (Comfort Zone)

Kondisi saat pengeluaran lebih kecil daripada penghasilan dinamakan zona nyaman. Banyak orang sudah merasa nyaman dengan kondisi ini sehingga enggan untuk berusaha mencari uang lebih banyak dengan berbagai cara. Dalam kondisi ini biasanya orang-orang akan membeli rumah dan mobil. Dalam urusan karir mungkin akan tergoda untuk bekerja di tempat lain dengan gaji yang lebih besar, tetapi orang seperti itu lupa dengan karir yang telah dibangunnya di tempat lama padahal bisa jadi mungkin akan naik jabatan.

Tahap 3: Persiapan

Kondisi ini disebut persiapan karena pada tahap ini biasanya orang-orang sedang melakukan berbagai persiapan keuangan sebelum menjadi lebih maju dan siap untuk investasi dalam jumlah besar. Hati-hati dengan utang yang menjebak pada tahap ini.

Kalau bukan untuk keadaan yang darurat sebaiknya hindari utang. Kalau sedang berutang sebelumnya untuk membeli rumah atau mobil sebaiknya fokus dengan utang agar bisa segera diselesaikan. Fokuslah untuk mengurangi pengeluaran agar kondisi keuangan semakin baik dan mulai membangun cadangan uang yang banyak.

Tahap 4: Membangun Aset (Asset Building)

Kondisi ini bisa dibilang sudah cukup aman (settled) karena sudah bisa menggunakan kelebihan dana yang dimiliki untuk membangun atau membeli aset. Pada tahap ini biasanya orang-orang masih bekerja dan sedang mempersiapkan tahap financial freedom. Tetapi pada masa ini masih sering tergoda untuk belanja berbagai hal karena adanya tambahan uang dari aset yang dimiliki.

Selanjutnya pelajari tentang cara efektif untuk menanggulangi utang. Biasanya pada tahap ini utang sudah bukan untuk memenuhi kebutuhan, tetapi untuk membangun atau membeli aset. Jangan berhenti untuk terus mengasah kemampuan (skill) dalam hal apa saja yang bisa menghasilkan uang. Misalnya, berbakat dalam bidang music maka cobalah terus bermain alat musik dalam acara-acara komersil tertentu.

Tahap 5: Kebebasan Keuangan (Financial Freedom)

Tahap kelima adalah tahap tertinggi atau teratas dari tahapan dalam kehidupan yang harus dicapai oleh manusia supaya bisa hidup bahagia dan sejahtera dalam waktu lama. Jika sudah dalam tahap ini maka Anda dan keluarga sampai beberapa keturunan ke bawah akan hidup sejahtera.

Tidak perlu lagi berpikir cara untuk mendapatkan uang karena uang sudah tersedia dalam jumlah banyak dengan sendirinya. Hal yang perlu dipikirkan adalah pilihan-pilihan untuk pendidikan anak dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Pada tahap ini sudah tidak akan iri dengan siapapun yang membeli rumah dan mobil baru karena sudah memiliki semuanya. Orang-orang yang sudah berada di tahap ini sebaiknya memikirkan orang-orang yang masih berkekurangan agar hidup mereka menjadi lebih baik.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 5 tahap mencapai financial freedom, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apakah Terlambat Sukses Setelah Tua?
Rahasia Anak Pemalas Bisa menjadi Sukses
Mindset Orang Sukses, Ubah Pola Pikir supaya Berhasil
Kebiasaan-kebiasaan Ini Tanpa Disadari Termasuk Pemborosan
Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Krisis Ekonomi
Ada Apa dengan Krisis Ekonomi di Turki?
Tips Penting Menjalankan Bisnis untuk Pebisnis Baru
Mengenal Karakteristik Orang dengan Mental Kuat
Kiat-kiat Menyiapkan Anak Menjadi Seorang Kaya
10 Hal yang Harus Anda Ketahui Bila Ingin Menjadi Entrepreneur


Bagikan Ke Teman Anda