Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

6 Fakta Bisnis Orang Jepang

Bangsa Jepang terkenal sebagai bangsa peradaban yang maju dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, teknologi, hingga ekonomi. Berbagai produk buatan Jepang pun telah diakui dalam kancah internasional, seperti produk elektronik, ponsel, jam tangan, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.
Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai cara bisnis orang Jepang yang dikutip dari buku Ann Wan Seng yang berjudul “Rahasia Bisnis Orang Jepang”.

1. Sifat Positif

Fakta menarik pertama dari cara bisnis orang Jepang adalah sifat positif yang melekat dalam diri mereka dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka tidak mudah menyerah saat berusaha meraih apa yang dituju dan tidak takut jika memang harus menghadapi kesulitan. Mereka selalu melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh, tidak setengah-setengah dan tidak berhenti di tengah jalan begitu mengalami hambatan.

Selain itu, sifat positif yang mereka miliki terlihat dari bagaimana mereka menjaga harga diri dan kehormatan bangsa. Orang Jepang terkenal dengan rasa cinta yang tinggi pada negaranya, dan mereka bangga menjadi rakyat dari negara Jepang. Hal ini yang kemudian mendorong mereka untuk bersama-sama memajukan negara Jepang dan menjadikannya sebagai salah satu negara maju yang diakui dunia.

2. Semangat Bushido

Semangat Bushido pada dasarnya merupakan prinsip ksatria Jepang atau yang lebih dikenal dengan samurai, yang sudah diterapkan sejak tahun 1192. Meski begitu, semangat Bushido bukan hanya dipegang oleh para samurai saja melainkan diterapkan juga oleh orang Jepang secara umum. Semangat Bushido ini pun dilestarikan dengan disampaikan secara turun-temurun dari generasi ke generasi oleh para nenek moyang mereka.

Ada tujuh kebajikan yang terdapat dalam semangat Bushido, yaitu kesungguhan, keberanian, kemurahan hati, penghargaan (menghargai orang lain), kejujuran, kehormatan, dan kesetiaan. Ketujuh kebajikan ini yang membuat bangsa Jepang mampu menjadi bangsa yang sukses, bukan saja dari segi materi namun juga sebagai manusia sosial. Jadi bukan mengajarkan untuk melakukan segala cara agar dapat sukses, namun bagaimana cara yang benar untuk meraih kesuksesan.

3. Managing Skill

Fakta menarik selanjutnya mengenai cara bisnis orang Jepang dilihat dari bagaimana mereka mengelola organisasi atau managing skill. Dalam bisnis kita tidak bisa melakukan semuanya sendiri, jadi keberadaan organisasi merupakan hal yang sangat penting. Menyadari hal itu, orang Jepang pun melatih managing skill mereka agar dapat terbentuk organisasi yang kuat dan bisa bahu-membahu dalam mengembangkan bisnis.

Managing skill yang diterapkan oleh orang Jepang adalah mereka selalu menekankan pada kepentingan setiap anggota, tidak berat sebelah pada kepentingan pribadi atau pihak tertentu. Mereka terbuka dalam menerima masukan dan kritik dengan senantiasa melakukan dialog dengan team. Dan dalam proses pengambilan keputusan pun dilakukan dengan bijaksana dan penuh pertimbangan yang matang, tidak dilakukan dengan sewenang-wenang.

4. Kebiasaan Hidup

Jika mengunjungi Jepang, mungkin kita akan sedikit kaget melihat bagaimana gaya hidup mereka yang serba cepat. Bukan saja saat bekerja, namun juga pada kegiatan sehari-hari seperti berjalan dan makan pun dilakukan dengan cepat. Hal ini karena mereka sangat menghargai waktu dan tidak mau ada waktu yang terbuang dengan bertindak lambat. Jadi bagi orang Jepang bukan lagi menggunakan istilah tepat waktu, namun mengejar waktu.

Kebiasaan hidup lain yang selalu diterapkan orang Jepang adalah kerja keras dan tekad yang kuat dalam meraih apa yang diimpikan. Sekali mereka memiliki satu tujuan, mereka tidak berhenti sampai mendapatkan tujuan tersebut meskipun berbagai halangan menghadang. Tak heran jika kita sering mendengar berita tentang para ilmuwan, pebisnis, penemu, dan orang-orang sukses lainnya datang dari negeri sakura tersebut.

5. Asas Memandang ke Timur

Orang Jepang memiliki budaya dalam bekerja dengan menerapkan asas memandang ke Timur, yang menunjukkan betapa giatnya mereka dalam melakukan pekerjaan. Sebelum bekerja, mereka terlebih dahulu mempelajari bidang tersebut agar tidak melakukan sesuatu tanpa mengetahui ilmunya. Selain itu, mereka juga membiasakan diri untuk melakukan senam ringan sebelum bekerja agar otak lebih fresh dan siap menyelesaikan pekerjaan.

Hal lain yang juga menjadi budaya yang menonjol dalam kebiasaan kerja orang Jepang adalah kerjasama tim yang baik. Hubungan dengan sesama rekan kerja dalam perusahaan atau bisnis terjalin dengan dekat, dan kantor menjadi rumah kedua bagi mereka. Hal ini juga terkait dengan dedikasi tinggi orang Jepang kepada pekerjaannya, sehingga tak heran jika mereka rela menghabiskan waktu lama untuk bekerja.

6. Budaya Komunikasi Orang Jepang

Fakta menarik yang terakhir dari cara bisnis orang Jepang dilihat dari bagaimana budaya komunikasi yang diterapkan oleh mereka. Orang Jepang tidak suka mengandalkan komunikasi hanya dengan sebatas surat-menyurat, namun memilih untuk bertemu langsung agar lebih pasti dan jelas. Hal ini juga berkaitan dengan budaya mereka yang berusaha untuk menjalin hubungan baik, dimana bertemu langsung tentu akan lebih mengeratkan hubungan.

Budaya komunikasi lain yang perlu diperhatikan jika kita berinteraksi dengan orang Jepang adalah usahakan untuk tidak terlalu mendesak atau menekan mereka. Orang Jepang sangat menghargai dan menghormati orang lain, maka tentu kita pun harus melakukan hal yang sama pada mereka. Dengan begitu, bisnis yang terjalin bukan sekadar berlandaskan materi saja namun juga memiliki nilai-nilai positif yang terbangun di dalamnya.

Demikianlah beberapa fakta menarik mengenai cara bisnis orang Jepang yang selalu diterapkan hingga mereka dapat menjadi negara yang sukses seperti sekarang ini. Fakta-fakta tersebut menunjukkan bahwa orang Jepang memegang teguh prinsip dan nilai-nilai yang diturunkan dari nenek moyang mereka, meskipun negaranya mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini tentu dapat menjadi pelajaran tersendiri bagi kita agar tetap menjaga nilai-nilai leluhur yang positif dan menerapkannya dalam berbagai aspek kehidupan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 6 fakta bisnis orang Jepang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Inilah 4 Kekuatan Bisnis Orang Yahudi yang Perlu Anda Tahu
Fakta & Rahasia yang Hanya Diketahui oleh Orang Kaya
5 Rahasia untuk Memulai Bisnis
Ini Dia 7 Kebiasaan Agar Bisnis Anda Sukses
Cara Bagi Hasil yang Tepat untuk Bisnis Anda
Apakah Bisa Memulai Bisnis dengan Modal Dengkul?
Pelajari Tip-tip Ini Agar Bisnis Baru Anda Berhasil!
Kamar Mau Disewakan di Airbnb? Ini Tip Memulai Bisnis Airbnb!
Bisnis Anda Mendapat Respon Negatif di Medsos? Ini yang Harus Anda Lakukan
6 Prinsip Bisnis Orang Cina


Bagikan Ke Teman Anda