Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Cara Membiasakan Diri Menabung

#menabung #tip keuangan

Menabung adalah hal yang sudah diajarkan sejak kita kecil oleh orangtua maupun guru di sekolah, namun pada prakteknya tak semudah itu. Kerap kali kita mengalami kesulitan untuk menabung karena pendapatan yang dimiliki selalu terpakai oleh hal lain. Padahal tabungan adalah hal yang perlu dimiliki sebagai persiapan untuk hal tak terduga maupun kebutuhan masa tua nanti. Untuk dapat menabung dengan rutin dan menjadikannya sebagai kebiasaan, berikut adalah beberapa langkah-langkah efektif yang bisa Anda terapkan.

1. Mempertahankan Tabungan Sebisa Mungkin

Kebiasaan pertama yang perlu Anda terapkan adalah pertahankan tabungan sebisa mungkin, jangan mengambilnya jika tidak benar-benar memerlukan. Anggaplah uang yang sudah masuk ke tabungan seperti masuk ke dalam black hole; sekali masuk tidak pernah keluar lagi. Kalaupun Anda memiliki kebutuhan yang memerlukan dana, cobalah untuk mencari jalan lain selain mengambil uang tabungan. Jika sudah benar-benar tidak ditemukan jalan keluar lagi, barulah Anda bisa menggunakan uang yang ada dalam tabungan.

2. Sisihkan untuk Menabung Terlebih Dahulu

Saat menerima pendapatan, sisihkan terlebih dahulu untuk dimasukkan ke tabungan baru gunakan sisanya untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini sebenarnya sudah sering dianjurkan oleh para ahli keuangan dalam mengelola tabungan dan finansial secara umum, namun sayangnya kerap tidak diterapkan. Cobalah untuk membiasakan diri untuk langsung menabung setiap mendapatkan gaji atau penghasilan rutin, maka Anda akan kaget sendiri dengan banyaknya jumlah tabungan di akhir tahun nanti.

3. Durian Runtuh pun Harus Ditabung!

Terkadang kita mendapatkan rejeki yang tidak diduga-duga, yang biasa disebut durian runtuh, diluar penghasilan rutin bulanan atau tahunan. Misalnya saja bonus dari kantor, tambahan uang lembur, hadiah ulang tahun, dan lain sebagainya. Meski tentu saja ada dorongan untuk memanjakan diri dengan rejeki nomplok ini, Anda tetap perlu berusaha untuk menyisihkan sebagian atau bahkan semuanya untuk ditabung. Hal ini juga yang dilakukan oleh para ahli keuangan, dan para ahli menabung tentunya, sehingga terbentuk kebiasaan menabung yang efektif.

4. Pendapatan Bukan untuk Dipakai, Tapi Disimpan

Anda bisa membentuk kebiasaan menabung dengan membuat mindset bahwa pendapatan bukanlah sesuatu untuk dipakai dan dihabiskan, melainkan sesuatu untuk disimpan. Dengan begitu, secara otomatis Anda akan berpikir bagaimana caranya mengeluarkan uang sesedikit mungkin untuk dapat menabung sebanyak mungkin. Hal ini akan berpengaruh kepada pola keuangan dan pengambilan keputusan, dimana Anda akan berfokus pada menyimpan uang bukan menggunakannya.

5. Atur Tabungan dengan Otomatis

Kebiasaan selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah mengatur bagian dari pendapatan untuk secara otomatis masuk ke dalam rekening tabungan. Kini sudah banyak berbagai progam tabungan otomatis yang ditawarkan oleh bank, dimana setiap bulannya saldo rekening Anda akan langsung dipisahkan menjadi tabungan tersendiri. Hal ini tentu sangat mempermudah proses menabung dan membuat Anda tidak begitu merasa berat hati dalam menyisihkan uang dengan nominal sekian.

6. Menghabiskan Uang dengan Tujuan Masa Depan

Berhemat dan mengeluarkan uang sesedikit mungkin bukan berarti Anda hanya boleh membeli barang-barang murah dengan kualitas buruk, namun lebih kepada bagaimana mengeluarkan uang agar tidak memerlukan pengeluaran selanjutnya. Anda justru dapat menabung lebih banyak dengan mengatur pengeluaran yang memiliki visi dan tujuan masa depan panjang. Dibanding membeli barang yang asal murah namun kualitasnya tidak jelas, lebih baik Anda mengeluarkan uang lebih besar untuk kualitas yang terjamin.

Membeli barang dengan kualitas buruk hanya akan membuat Anda mengeluarkan uang lagi tak lama kemudian karena barang yang tidak awet. Sebaiknya belilah barang yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama, karena inilah bentuk berhemat yang sesungguhnya. Dengan kata lain, Anda mengeluarkan uang sebagai bentuk investasi pada kualitas baik untuk bisa dipakai dalam waktu lama dan menghindari pengeluaran yang sering.

7. Cepat Menyesuaikan Saat Terjadi Perubahan

Dalam hidup terkadang terjadi hal-hal yang tak diduga, bisa juga tak diinginkan, yang membuat Anda mau tidak mau harus mengambil dan menggunakan tabungan. Ini adalah sesuatu yang wajar, karena toh salah satu tujuan Anda menabung juga sebagai persiapan menghadapi hal mendadak, penting, dan emergency. Namun ingatlah untuk tetap mengatur dan menyesuaikan keadaan dengan dana yang dimiliki, bukannya justru berhenti menabung.

Jika memang keadaan mengharuskan tabungan Anda terpakai, pastikan untuk tetap mengatur pengeluaran dengan baik. Atau kalau bisa, Anda perlu menekan pengeluaran sebisa mungkin untuk terus melanjutkan menabung. Penyesuaian juga perlu dilakukan saat penghasilan rutin berkurang, yang otomatis bagian untuk tabungan pun berkurang juga. Tapi jangan sampai perubahan itu menjadi hambatan bagi Anda untuk menabung, karena meskipun sedikit yang penting ada yang disimpan. Seperti kata pepatah warisan nenek moyang kita, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Demikianlah berbagai kebiasaan yang akan membuat Anda menabung dengan rutin dan menjadikannya pola hidup Anda. Memang awalnya mungkin Anda akan merasa berat, tapi jika terus dilakukan maka hal itu akan secara otomatis dilakukan. Bahkan Anda akan merasa ada sesuatu yang tidak beres dan lengkap jika tidak menabung. Semoga informasi ini berguna dan bermafaat!

Artikel Tentang

Demikianlah artikel tentang 7 cara membiasakan diri menabung, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.