Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Cara Menagih Hutang Teman Agar Cepat Dibayar

#cepat dibayar #hutang teman

Menghadapi teman yang ingin meminjam uang kepada kita memang gampang-gampang susah. Gampang karena kita tentu ingin terus berhubungan baik dengan sang teman dan di lubuk hati yang paling dalam pasti kita sangat ingin membantunya di kala ia kesusahan. Namun menjadi susah ketika sang teman cidera janji, hutang tak kunjung dibayar, kita menjadi kesal dan berakibat rusaknya hubungan pertemanan yang sudah terjalin sekian lama.

Lalu harus bagaimana menagih hutang kepada teman yang sudah terlanjur berhutang kepada kita? Ingin marah-marah tapi ini teman; namun ketika ditagih kok enggak bayar-bayar?

Tenang, sebelum anda menyatakan perang dunia ketiga kepada teman anda tersebut, ada baiknya anda baca dahulu tujuh cara menagih hutang teman agar cepat dibayar berikut ini. Yuk disimak!

1. Ingatkan tenggat waktunya

Kalau hubungan anda dengan teman anda cukup cair, anda sebenarnya bisa saja tembak langsung dan mengingatkan tenggat waktu yang disepakati di awal. Kata-kata seperti ‘Jangan lupa akhir bulan langsung transfer ke aku ya. Aku butuh banget uangnya nih sob’ bisa anda katakan kepada teman anda. Sekedar mengingatkan ia, karena barangkali sang teman adalah seorang pelupa dan malah akan dengan senang hati jika anda mengingatkan ia.

2. Ketika Makan atau Pergi Bareng Minta Dia yang Bayar

Setiap anda pergi keluar dengannya entah sekedar makan siang atau berjalan-jalan ke mall, ingatkan ia bahwa uang anda masih ada padanya. Anda bisa dengan kalem meminta ia yang membayar makan, karena uang anda ada padanya; atau meminta ia membayar belanjaan anda, karena uang anda ada padanya. Tentu saja yang kita harapkan adalah lambat laun ia merasa risih lalu membayar semua hutangnya kepada anda.

3. Lakukan Penagihan di Depan Pihak Ketiga

Jika teman anda melewatkan tenggat waktunya, maka ingatkan dia kembali; namun kali ini di depan orang ketiga yang merupakan sahabat anda berdua. Mengapa demikian? Karena ketika si teman yang meminjam tidak merasa malu belum membayar hutang kepada anda, setidaknya dia malu karena ada orang lain yang tahu bahwa ia meminjam uang dari anda. Lakukan ini secara elegan dengan kalimat yang halus sehingga tidak menyakiti hatinya ya, readers.

4. Minta Tolong Sahabat

Nah jika teman anda masih belum membayar juga, anda bisa meminta tolong kepada sahabat anda yang menjadi pihak ketiga tadi untuk berbicara kepada teman anda yang meminjam uang. Sahabat tadi bisa bercerita kepada sang teman bahwa anda benar-benar sedang memerlukan uang untuk membiayai sekolah anak atau lainnya, sehingga akan sangat baik jika sang teman membayar hutangnya.

5. Bikin Perjanjian Bermaterai

Surat bermaterai memang sebaiknya dibuat pada saat awal sang teman meminjam uang. Namun jika anda tidak melakukan hal tersebut karena terlanjur percaya kepada sang teman dan ternyata ia tak kunjung membayar, anda bisa menghampirinya secara baik-baik, dan memberikan tenggat waktu baru lagi kepadanya.

Tenggat waktu baru tersebut bisa seminggu kemudian atau sebulan kemudian, namun kali ini mintalah ia untuk menandatangani surat pernyataan tenggat waktu yang baru diatas MATERAI. Tentu saja surat tersebut telah anda siapkan sedemikian sehingga ia tinggal menandatanganinya saja. Sehingga ia mengerti bahwa anda benar-benar serius menagih hutangnya dan perjanjian tersebut terikat hukum.

6. Tagih lewat Anggota Keluarga

‘Sob, aku bener-bener butuh uangnya nih. Gimana? Apa bisa aku tagih ke kakakmu saja?’

Jika anda cukup dekat dan kenal dengan anggota keluarga sang teman, menagihnya lewat anggota keluarga juga merupakan cara yang jitu untuk anda lakukan. Bilang kepada sang teman bahwa anda akan menagih hutangnya melalui kakaknya, orang tuanya, atau Istrinya. Dengan harapan ia akan segera membayar hutangnya kepada anda sebelum anda benar-benar menagih ke seluruh anggota keluarganya.

7. Kerjasama dengan Pihak HRD

Jika segala cara telah anda tempuh namun teman anda masih tak kunjung membayar hutangnya kepada anda padahal jumlah yang ia pinjam sangat banyak, jangan putus asa dulu, readers. Jalan terakhir adalah dengan cara mendatangi pihak HRD yang menangani bagian payroll dimana sang teman bekerja.

Anda bisa ceritakan masalah anda dengan Manajer HRD dan meminta kerjasamanya untuk bisa memotong gaji teman anda secara otomatis setiap bulan hingga hutangnya lunas. Atau diskusikan kemungkinan pembayaran melalui bonus tahunan yang bersangkutan yang dibayarkan langsung ke rekening anda.

Sekilas memang terdengar kejam dan menyebar aib, readers. Tapi ingatkan sang teman bahwa anda sudah melakukan segala cara untuk menagihnya secara baik-baik namun tidak ia gubris. Bagaimanapun juga hutang harus dibayar meskipun dengan teman.

Lagipula jika ia teman yang baik, ia tidak akan membiarkan anda menjadi seorang yang makan buah simalakama. Maka ketika anda sudah dengan ikhlas membantu teman anda, kali ini ia yang harus membantu anda dengan membayar hutangnya dengan lunas, meskipun anda harus mengadu ke HRD. Itu baru namanya teman. Setuju?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 cara menagih hutang teman agar cepat dibayar, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.