Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Mata Uang Aneh di Dunia yang Tidak Terbayangkan

Kita semua tahu bahwa terkadang dunia menyimpan cerita mengenai satu dua hal aneh yang tak biasa. Namun tahukah anda bahwa dunia juga menyimpan cerita terhadap hal yang biasa kita temui sehari-hari, yaitu uang? Mulai dari uang berbentuk batu hingga uang dengan nominal triliunan yang hanya bisa digunakan untuk membeli sepotong roti. Tak percaya? berikut adalah mata uang aneh yang pernah ada di dunia.

1. Mata Uang Zimbabwe

Zimbabwe adalah sebuah negara yang memiliki seorang presiden penuh dengan kontroversi, Robert Mugabe. Demikian dengan mata uang mereka. Sekilas pandang, mata uang Zimbabwe mungkin tidak berbeda dari mata uang negara lain. Ia berbentuk kertas, dengan ukuran yang wajar uang kertas pada umumnya. Namun tahukah anda karena inflasi yang begitu tinggi di negara ini, kita akan menemukan roti dengan harga Z$10 juta pada tahun 2008? Dengan cara ini, kita harus membawa segepok uang hanya untuk membeli sepotong roti!

Karena inflasi pula, di masa pemerintahan Robert Mugabe, ia pernah mengeluarkan lembaran uang dengan nominal seratus triliun dolar Zimbabwe dalam selembar uang kertas! Jika saat ini Indonesia sedang mempertimbangkan untuk redenominasi karena dirasa terlalu banyak jumlah nol pada mata uang kita, ternyata kita belum ada apa-apanya dibandingkan Zimbabwe ya.

2. Mata Uang Negara Burma

Pada tahun 1980, di Burma terjadi kekacauan mata uang karena pergantian kepemimpinan di negara tersebut. Normalnya, bank di Burma memiliki pecahan uang 1, 10, 100 yang memungkinkan rakyat untuk membelanjakan uangnya dalam pecahan kecil hingga ke yang besar. Namun semuanya berubah ketika pemimpin diktator bernama Ne Win berkuasa.

Pada suatu pagi di tahun 1985, Pemerntahan Ne Win mendaklarasikan bahwa pecahan uang 50 dan 100 kyat tidak lagi berlaku sebagai alat pembayaran. Meskipun rakyat diperkenankan untuk menukarkan pecahan tersebut ditukarkan, hal ini tetap mengejutkan karena terkesan mendadak.

Namun itu belum seberapa. Seminggu kemudian, pecahan uang kertas baru dikeluarkan dengan angka 75 kyat tertera di atasnya. Hal ini karena Ne Win baru saja berulang tahun ke 75. Setahun kemudian pemerintahannya mengeluarkan lagi uang dengan angka 15, 35 dan mengeluarkan lagi uang dengan pecahan 9 kyat karena dirasa nomor 9 sebagai angka keberuntungan pemimpin diktator tersebut. What?

3. Mata Uang di Bristol, Inggris

Seluruh dunia mengenal mata uang Inggris sebagai pound sterling. Namun di Bristol, sebuah kabupaten di Inggris, tidak hanya pound yang berlaku – namun juga Bristol Pound (£B)

Bristol Pound hadir dalam pecahan 1,5,10,20 Bristol Pound. Yang menarik adalah, mata uang ini hanya berlaku di wilayah bristol dan benar-benar digunakan dalam berbagai transaksi penduduk lokal disana. Meskipun

ukurannya layaknya uang kertas pada umumnya, namun gambar yang ada pada uang tersebut seolah dibuat dan digambar dari gambar anak-anak. Sangat lucu dan menarik!

4. Mata Uang Internasional

Pada tahun 2009, di acara G8 Summit Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengeluarkan sebuah koin yang diklaim sebagai contoh uang yang akan digunakan dalam pembayaran secara internasional. Uang yang dapat berlaku secara internasional tersebut diharapkan mampu menggantikan kedigdayaan dolar Amerika sebagai mata uang acuan perdagangan internasional.


Koin tersebut memiliki warna perpaduan hitam dan emas, dan bertuliskan “University in Diversity” di salah satu sisi dan “United Future World Currency” di sisi lainnya. Namun sejak momen tersebut hingga saat ini, tampaknya tidak ada perkembangan lebih jauh mengenai mata uang ini. Mungkin pemimpin-pemimpin negara lain tidak ada yang menganggap serius Pak Dmitry saat itu, ya.

5. Mata Uang Kayu di Jerman

Konon pasca perang dunia I, perekonomian jerman jatuh dalam depresi ekonomi yang cukup memprihatinkan. Pada saat tersebut kemudian orang-orang menggunakan apa yang dapat mereka gunakan sebagai alat pembayaran. Salah satunya adalah potongan kayu yang digambar menjadi uang. Lengkap dengan nominal dan warna-warna, mata uang kayu ini kemudian digunakan sebagai pembayaran yang sah dengan sebutan Notgeld.

6. Balok Garam

Garam dikenal luas sebelum alat pembayaran sebelum uang ditemukan. Tercatat balok garam digunakan oleh bangsa Romawi untuk membayar upah prajurit dan pegawai negeri. Bahkan konon kata ‘Salary’ dalam bahasa Inggris yang berarti ‘Gaji’ diadaptasi dari kata ‘Salarium’ yang berarti Salt Money atau uang dari garam.

Lalu bagaimana menentukan nilai sebuah balok garam yang digunakan sebagai pembayaran? Dengan ukuran panjang 10 -12 inchi dan tebal 1.5 inchi, balok garam yang disebut ‘amole tchew’ ini dapat dipecah menjadi beberapa bagian untuk membayar barang-barang dengan nominal yang kecil.

7. Quasi Universal Intergalactic Denomination (QUID)

Jangan khawatir mengenai alat pembayaran jika anda bercita-cita suatu hari nanti akan bepergian ke luar angkasa. Karena telah diperkenalkan QUID (Quasi Universal Intergalactic Denomination) yang memang ditujukan untuk mata uang yang berlaku antar galaksi. Uang antar galaksi yang dicetuskan oleh perusahaan bernama Travelex ini sempat mengejutkan banyak orang dengan debut mereka mengeluarkan uang tersebut. Namun hingga tulisan ini diturunkan, QUID masih disimpan oleh National Space Centre – untuk yah siapa tahu bisa digunakan sewaktu-waktu.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 mata uang aneh di dunia yang tidak terbayangkan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Di Dunia Cuma Ada Satu Mata Uang Tunggal? Apa yang Akan Terjadi?
Ide Bisnis Aneh tapi Untung Besar? Terbukti Lho!
5 Cara Aneh untuk Menjadi Milyader
Masa Depan Bitcoin: Akankah Menjadi Mata Uang Digital Tunggal?
Perbedaan Uang, Mata Uang dan Dampaknya pada Redenominasi
Apa itu Mata Uang Cryptocurrency?
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
Pentingnya Disiplin dalam Hidup
Mengapa Kita Harus Membawa Uang Tunai?
Untung Rugi Meminjamkan Uang ke Saudara


Bagikan Ke Teman Anda