Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Steps to Financial Freedom by Tony Robbins

Mencapai kebebasan finansial adalah impian semua orang. Namun hal tersebut sulit dicapai tanpa pengetahuan yang cukup. Banyak buku bertema finansial yang memberikan anjuran tentang bagaimana menabung dan berinvestasi yang benar demi tercapainya kebebasan finansial.

Namun tidak sedikit juga yang salah paham dengan konsep tersebut. Salah satu kesalahpahaman yang paling umum adalah bahwa untuk mencapai kebebasan finansial seseorang harus mulai menabung dengan sejumlah uang yang besar. Inilah hal yang disoroti oleh penulis dan pembicara ternama Tony Robbins melalui bukunya 7 Steps to Financial Freedom (7 Cara Mencapai Kebebasan Finansial).

Dalam buku tersebut, Robbins mewawancarai 50 ahli finansial terkenal termasuk Warren Buffet, Charles Schwab, Steve Forbes, dan pendiri Vanguard John Bogle. Melalui bukunya, Robbins ingin “membantu orang-orang biasa untuk lepas dari semua kompleksitas dan mitologi yang berkembang di masyarakat, dan menunjukkan pada mereka bahwa orang-orang terbaik di muka bumi ini bisa memberikan petunjuk dan langkah-langkah menuju posisi finansial yang mereka inginkan.”

Tentu saja tidak semua yang ditulis oleh Robbins dalam buku ini menjamin Anda untuk sukses dalam hal finansial. Anda tetap harus menemukan formula kesuksesan tersendiri dengan menggunakan buku ini sebagai petunjuk.

Hal yang paling menonjol dalam buku ini adalah bagaimana Robbins menemukan 7 cara dalam mencapai kebebasan finansial. Ketujuh cara tersebut antara lain:

1. Buatlah keputusan untuk menjadi seorang investor, bukan konsumen

“Jangan ingin memiliki ponsel Apple, inginlah memiliki Apple.”

Salah satu kutipan dalam buku Robbins mencoba memberi pemahaman pada pembaca bahwa tidak ada seorangpun yang bisa menjadi kaya jika mereka hanya menjadi konsumen. Anda hanya akan menambah pundi-pundi orang kaya yang mengambil keuntungan dari para konsumen seperti Anda.

Jangan hanya menghabiskan uang, tetapi buatlah uang Anda berkembang. Untuk bisa melakukannya, Anda harus berhenti menjadi konsumtif dan mulai berinvestasi. Misalnya dengan membeli saham Apple, bukan produk mereka.

2. Jadilah ahli dalam investasi

“Dalam dunia finansial, segala yang tidak Anda ketahui akan melukai Anda. Tetapi begitu Anda memahami semua itu, Anda akan bisa mengambil keuntungan dari sistem tersebut, bukan sebaliknya.”

Pahami aturannya sebelum mulai bermain. Begitu Anda memutuskan unuk menjadi seorang investor, Anda harus tahu seluk beluk pasar saham. Pelajari konsep-konsep seperti reksa dana, saham, reksa dana indeks, dan jenis-jenis investasi lainnya. Perhatikan juga hal-hal kecil seperti biaya investasi yang harus dibayarkan dan perhitungkan apakah hasil investasi Anda tetap menguntungkan setelah semua biaya tersebut.

3. Ciptakan permainan yang bisa dimenangkan

Pada tahap ini Anda harus memperhitungkan dengan pasti berapa dana yang akan Anda butuhkan untuk mencapai kebebasan finansial. Banyak orang melakukan kesalahan dengan membuat angka yang mustahil untuk mereka capai, sehingga menjadi alasan mereka untuk terus menunda menabung dan berinvestasi.

Robbins menyertakan aplikasi ponsel yang memudahkan Anda untuk menghitung uang pensiun yang Anda butuhkan. Dengan aplikasi tersebut, Anda akan diberi saran-saran yang sesuai dengan pola pengeluaran, dan bagaimana Anda bisa mempercepat proses menabung Anda serta merubah kebiasaan hidup Anda juga. Anda akan menemukan betapa banyaknya jalan yang bisa ditempuh untuk mencapai hasil finansial yang diinginkan.

4. Mengevaluasi alokasi aset

“Anda harus membuat daftar keinginan. Anda harus tahu dimana menyimpan uang Anda untuk membuatnya tetap aman dan dimana mengembangkan uang Anda dengan sedikit resiko di dalamnya.”

Sebelum mengambil langkah untuk investasi, Anda harus memahami alokasi aset Anda. Pilihlah alokasi yang paling sesuai dengan toleransi resiko Anda untuk membantu Anda mencapai tujuan dalam jangka waktu yang ideal.

5. Buatlah rencana pendapatan seumur hidup

“Pendapatan adalah hal yang paling penting. Aset Anda tidak bisa memberi Anda makan atau uang untuk liburan ke luar negeri. Fokus Anda harus ada pada pendapatan. Komunitas investasi selalu ingin Anda berpikir tentang bagaimana menyimpan uang dalam bentuk aset.”

Pastikan Anda tidak akan kehilangan pendapatan selama hidup. Jika para ahli finansial membujuk Anda untuk mewujudkan semua uang dalam bentuk aset, jangan mudah tergiur. Buatlah rencana pendapatan seumur hidup bagi Anda sendiri, dari mana saja sumbernya. Misalnya dengan menyewakan rumah atau bangunan yang dimiliki.

6. Berinvestasilah seperti kaum .001%

“Artinya, Anda harus belajar investasi dari orang-orang terbaik di dunia (orang-orang yang diwawancarai dalam buku tersebut), aplikasikan semua yang sudah Anda pelajari mereka dan Anda akan mencapai keamanan finansial secara lebih cepat dari yang Anda perkirakan.”

Jika ingin belajar investasi, jangan belajar dari rekan kerja Anda. Belajarlah dari yang terbaik melalui wawancara, video, pidato, sampai keputusan investasi yang mereka publikasikan seperti surat tahunan Warren Buffet kepada para shareholder-nya di Berkshire Hathaway.

7. Lakukan, Nikmati, dan Bagi

“Mulailah dari tempat Anda, dan Anda akan mulai menemukan lebih dari cukup.”

Di antara ketujuh prinsip yang ia tuliskan. Bisa dibilang inilah ide Robbins yang paling cemerlang. Lakukan saja, mulailah hari ini. Untuk mulai mengembangkan kekayaan, Anda tidak perlu menunggu. Semakin awal Anda berkomitmen, maka semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk mengembangkan uang Anda.

Pada akhir bagian bukunya, Robbins menganjurkan pada semua pembaca untuk mengedukasi diri mereka dengan investasi. Karena Anda hanya punya dua pilihan: “Kuasai uang atau uang yang menguasai Anda.” Meski belajar investasi bukan sesuatu yang mudah dan membutuhkan waktu lama, usaha Anda akan sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 steps to financial freedom by Tony Robbins, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Aspek Keuangan yang Sering Terlupa dan Harus Diperhatikan
Sehatkah Keuangan Anda? Ukur dengan 8 Cara Berikut Ini
Apa yang Dilakukan Ketika Saudara Meminjam Uang?
Cara Menabung untuk Liburan Akhir Tahun
8 Golden Rule dalam Manajemen Mengelola Keuangan Pribadi
Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial
Apa Itu Kakeibo, Seni Menyimpan Uang Ala Jepang?
Menetapkan Tujuan agar Sukses Finansial
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
12 Aturan Keuangan yang Harus Dipahami oleh Anak-anak


Bagikan Ke Teman Anda