Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

9 Cara Mengatur Keuangan dengan Hanya Satu Sumber Penghasilan

Bagi pasangan yang telah menikah, penghasilan merupakan suatu hal yang utama untuk menopang biaya hidup. Namun tidak semua pasangan suami istri dapat melanjutkan karier di luar sana. Dengan berbagai alasan terkadang salah seorang suami atau istri harus rela di rumah tanpa penghasilan tetap.

Lantas bagaimana cara mengatur keuangan dengan penghasilan satu sumber? Berikut adalah beberapa rahasia untuk tetap dapat hidup bahagia dengan satu sumber penghasilan saja.

1. Buat Anggaran

Dengan penghasilan yang bersumber dari satu kaki, segala pengeluaran menjadi sesuatu hal yang sangat ketat untuk diperhatikan. Setiap sen yang keluar untuk membiayai kebutuhan haruslah dicatat dengan seksama agar tidak overbudget.

Buatlah semacam daftar pengeluaran rutin seperti biaya internet, gas, listrik, makanan sehari-hari, dan jangan lupakan biaya insidental seperti biaya sumbangan mendadak atau kiriman saat orang tua membutuhkan bantuan.

2. Pangkas kebutuhan sekunder dan tersier

Bila sebelumnya pada saat anda masih single, anda selalu merencanakan plesir ke tempat-tempat wisata secara rutin, cobalah untuk menggantinya dengan rekreasi gratis seperti nonton film atau bermain game bersama anak di rumah saja.

3. Hunting promo diskonan

Sekarang ini banyak tersedia  di beberapa penyedia layanan yang terkadang  menyediakan promo besar-besaran atau bahkan semacam flash sale. Untuk mendapatkan fasilitas itu memang membutuhkan extra tenaga dalam mencari informasi.

Tapi setidaknya anda bisa menghemat rupiah bila anda cukup beruntung mendapatkannya. Bayangkan saja bila anda bisa mendapatkan sebuah mobil dengan harga miring di flash sale. Atau handphone anda yang sudah tua perlu diganti dengan handphone baru bisa anda dapatkan jika anda rajin mencari informasi semacam ini.

4. Lunasi hutang

Mempunyai hutang, baik orang kaya maupun tidak, tetap saja membuat kulit keriput kisut. Sesempit apapun kondisi keuangan anda, tetap prioritaskan anggaran untuk melunasinya. Anda tidak perlu berpikir langsung membayarnya secara lunas, namun dengan metode mencicil setidaknya dapat mengurangi beban pikiran anda.

Lagipula lebih baik sedikit daripada tidak sama sekalikan?

5. Jangan berhutang

Nah ini, jika diatas anda disarankan untuk melunasi hutang, maka pada poin berikutnya anda dipaksa untuk tidak berhutang. Jangan tergoda untuk memiliki barang yang tidak bisa anda miliki dengan uang cash.

Cobalah berhitung, bila anda kredit mobil  dengan harga cash, jatuh pada angka berapa, dan bila anda kredit, jatuh pada angka berapa? Anda akan keget melihat betapa tinggi selisihnya.

Sabar aja deh, jangan terburu-buru pengen punya mobil, toh motor juga masih bisa memfasilitasi mobilitas anda sehari-hari.

6. Prioritaskan sekolah anak-anak

Disini maksudnya bukan berarti anda wajib menyekolahkan anak-anak di sekolah elit. Namun kebutuhan yang menunjang sekolah perlu disimpan pada peringkat utama.

Sekarang ini hampir semua sekolah negeri membebaskan biaya sekolah. Cobalah pertimbangkan memasukkan anak di sekolah negeri. Hal ini dapat mengurangi beban biaya yang harus anda keluarkan.

Tentu saja, anda juga wajib mempertimbangkan hal-hal lain selain sekolah anak. Ada banyak anak yang memang memiliki minat dan bakat di luar prestasi akademis sekolah.

Anda perlu menyalurkan bakat anak bila diketahui dia memiliki bakat renang misalnya. Memang perlu lebih mengencangkan ikat pinggang untuk keperluan ini.

Namun hal ini perlu dijadikan bahan pertimbangan  karena tidak ada yang tahu dari mana rejeki itu datang. Siapa tau dengan menjadi atlet renang, disanalah sumber pendapatan anda berasal. Atau setidaknya keperluan anak anda dapat dia dapatkan.

7. Mencari peluang usaha

Sebagai salah satu pasangan yang diam di rumah, cobalah cari peluang dengan cara membuka warung. Tidak perlu modal besar seperti grosir di pasar. Cukuplah membeli kelengkapan dapur sehari-hari.

Modal ngewarung ini jangan sampai melewati batas keperluan sehari-hari. Bijaklah menghitung untuk modal membeli kopi, garam, gula, terigu dan mungkin rokok.

Janganlah berpikir untuk langsung menjadi kaya, nanti anda malah stress sendiri. Usaha kecil-kecilan ini diharapkan cukup untuk memenuhi keperluan makan sehari-hari.

8. Kondisikan keinginan dengan kemampuan

Mungkin ada kalanya kita bisa ngerem keinginan kita untuk memiliki ini memiliki itu karena kita tahu persis kondisi keungan kita. Namun bagaimana halnya dengan putra-putri kita ?

Anda wajib menerangkan bagaimana kondisi keungan kita secara jujur terhadap anak-anak tanpa membebani mereka dengan keterbatasan yang berlebihan.

Dengan hal itu diharapkan anak-anak mengerti dan tidak selalu merongrong kita dengan keinginan yang terlalu muluk untuk diraih.

9. Mempunyai tujuan yang sama

Bila anda berjuang sendiri mengatasi kondisi keungan yang hanya sebelah, jelas mustahil untuk berhasil. Anda sebagai pasangan perlu berada dalam satu visi dan misi yang sama.

Tidak mungkin anda berlaku hemat semenata pasangan atau anak anda boros dalam pengeluran. Libatkan anak-anak untuk bisa membantu penghematan pengeluaran. Kondisikan apa yang mereka inginkan dengan biaya yang terbatas ini.

Beri pengertian bahwa mereka mungkin tidak bisa memiliki mainan seperti playstation atau gawai seperti teman-temannya. Namun mereka selalu memiliki anda yang siap membantu setiap saat dengan  kehadiran anda di rumah.

Menjadi pasangan berkarier atau bukan adalah pilihan hidup anda berdua. Bila dengan memilih diam di rumah mengurus anak, adalah pilihan anda, maka buatlah keputusan itu bijaksana.

Jalanilah dengan siasat yang jitu. Cobalah mencari ide-ide lain yang dapat anda aplikasikan dalam rumah tangga.  Rahasia diatas hanyalah sebagian kecil dalam menyiasati kondisi keungan yang terbilang sempit. Jadi apapun pilihan yang anda ambil, tetaplan konsisten menjalaninya. Buatlah hidup anda sekeluarga bahagia walaupun penghasilan tidak seberapa.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 9 cara mengatur keuangan dengan hanya satu sumber penghasilan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Mengelola Keuangan untuk Single Parent
10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
7 Cara Membiasakan Diri Menabung
Belajar Sistem Penganggaran Metode Amplop
Barang Mahal yang Layak Dibeli
Inilah Cara Jitu untuk Mempersiapkan Dana Kuliah Anak
Kesalahan Pola Asuh Anak Mengenai Keuangan yang Mungkin Anda Lakukan
Apakah Keuangan Anda Sudah Siap saat Keadaan Darurat?
Apa Itu Kakeibo, Seni Menyimpan Uang Ala Jepang?
7 Alasan Mengapa Menunda Tidak Baik bagi Keuangan


Bagikan Ke Teman Anda