Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

9 Tips untuk Enterprenuer Muda agar Terus Berkembang

Menjadi pengusaha muda tentu banyak tantangannya. Entah cemooh dari orang sekitar, ataupun faktor emosi yang belum sepenuhnya stabil. Namun begitu, apapun rintangan dan halangan tidak bisa mengalahkan tekad seorang pengusaha muda yang benar-benar ingin mengecap kesuksesan. Berikut ini tips untuk enterpreneur muda agar terus berkembang.

1. Terus Challenge Diri Sendiri

Hidup adalah perihal mengalahkan tantangan dan menghadapi tantangan baru. Tantangan akan memberikan kesempatan pada diri untuk terus berkembang. Menghadapi tantangan memungkinkan diri untuk berfikir kritis dan bertindak inovatif untuk menyelesaikan masalah. Hal ini sangatlah penting dalam perkembangan kapabilitas diri. Richard Branson, seorang pengusaha terkemuka, berkata bahwa motivasi terbesarnya adalah terus memberi challenge pada dirinya.

2. Lakukan Apa yang Disuka

Bisnis berbeda dengan menbuat Candi Prambanan yang hanya dilakukan satu malam. Bisnis adalah proses yang lama dan membutuhkan usaha yang konstan. Untuk itu, diperlukan phassion dan ketekunan. Sebuah siksaan jika seseorang mengerjakan hal yang tidak ia suka dalam waktu yang sangat lama. Maka dari itu, sebagai pengusaha muda, carilah bidang yang memang disukai dan mampu untuk ditekuni untuk waktu yang lama.

3. Mengerti Industri yang Digeluti

Untuk menjadi juara, seseorang perlu mengerti akan aturan main dari suatu pertandingan. Itulah analogi yang tepat dalam dunia bisnis. Seorang pengusaha haruslah mengerti perihal industri yang sedang ia geluti. Apa yang konsumen sedang suka dari produk industri tersebut, bagian mana yang perlu untuk dikembangkan dan ditonjolkan, apa target pasar yang sesuai dengan bisnis tersebut, dan lain sebagainya. Semua hal-hal kecil dari bisnis harus dikuasai seorang pengusaha muda agar bisnisnya bisa berkembang.

4. Punya Visi

Orang akan lebih mudah berkembang jika mempunya tujuan yang jelas. Itulah guna menentukan visi yang jelas dalam hidup. Dalam menentukan visi, tidak boleh menentukan visi yang abstrak. Visi yang asbtrak misalnya adalah ‘Saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses’. Visi tersebut kurang jelas, sehingga seseorang kurang termotivasi dalam mengejar visinya tersebut. Lebih baik, ganti visi tersebut dengan ‘Tahun 2019 saya akan menambah 2 outlet usaha sosis bakar saya di Jakarta’. Visi yang jelas seperti contoh tadi akan mehyulut semangat serta seseorang menjadi lebih tahu dan punya panduan untuk meraih visinya tersebut. Kuncinya aalah jaga visi agar selalu jelas dan fokus sepanjang waktu.

5. Jangan Bekerja Sepanjang Waktu

Hidup perlu keseimbangan. Segala sesuatu yang berlebihan sudah dipastikan tidak baik, termasuk kerja yang berlebihan. Kerja berlebihan akan berpotensi tinggi mengganggu kesehatan. Saat kesehatan terganggu, seseorang malah akan ambruk dan tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan baik. Akibatnya, seseorang malah menjadi tidak produktif. Selain itu, selalu ingatlah pada keluarga. Selalu sediakan waktu bersama keluarga. Kadang orang keasyikan bekerja, hingga mereka lupa bahwa pada akhirnya, ia bekerja adalah untuk keluarga.

6. Sajikan Kebahagiaan

Pada dasarnya, saat konsumen membeli barang, ia tidak hanya membeli produk. Ia juga membeli pelayanannya. Selain tidak ingin membeli barang yang mengecewakan, tentu konsumen tidak ingin mendapat servis yang mengecewakan. Maka dari itu, seorang pengusaha juga perlu menyajikan servis atau pelayanan yang tidak mengecewakan. Salah satu yang dapat dilakukan adalah menyajikan kebahagiaan dalam pelayanan yang diberikan. Bisa lewat senyuman manis, sapaan yang tulus, hingga doa agar hari yang dilewati konsumen menyenangkan. Walaupun hal ini bisa dibilang remeh, namun hal ini memberi dampak yang besar bagi keberlangsungan bisnis.

7. Beraksi

Sebagai pengusaha muda, tentu banyak ide bermunculan di kepala mengenai perkembangan produk yang akan dipasarkan. Semuanya akan sia-sia jika ide-ide tersebut terus mengendap di kepala. Maka dari itu, pengusaha muda harus berani mengambil aksi nyata untuk mewujudkan ide-ide yang bersemayam di kepalanya. Tidak perlu takut bahwa ide yang akan direalisasikan dinilai orang-orang sebagai ide konyol. Justru ide konyollah yang mempunya peluang lebih besar untuk bisa dikagumi dan menjadi pintu kesuksesan suatu produk.

8. Jangan Takut Kehilangan Pelanggan

Seseorang tidak bisa menyenangkan semua orang, begitupun pengusaha. Pengusaha tentu memiliki target pasar untuk produk yang ia tawarkan. Dan tentunya sangat sulit untuk semua orang bisa masuk dalam target pasar tersebut. Untuk itu, jika seorang pengusaha muda menemukan seorang konsumen yang tidak cocok akan produk yang ditawarkan, maka jangan takut untuk kehilangan konsumen tersebut. Bisa saja memang konsumen tersebut bukanlah target pasar yang tepat. Masih banyak calon konsumen di luar sana yang sangat berpotensi menjadi target pasar yang tepat. Kuncinya adalah tetap fokus dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, maka konsumen yang tepat akan berdatangan dengan sendirinya.

9. Nikmati Proses dan Bersabar

Tidak ada yang pasti di dunia bisnis. Tidak ada pengusaha yang tiba-tiba sukses dan tajir melintir. Tentu kesuksesan membutuhkan kerja keras dalam perjuangannya. Dan yang harus ditanam dalam diri seorang pengusaha muda adalah bahwa setiap pengusaha sukses dulunya adalah pengusaha pemula. Mereka pasti mengalami setiap pahit manis perjuangan dalam dunia bisnis. Pasti pernah mengalami masa-masa sulit dimana penjualan terus menurun hingga rasanya hampir putus asa. Namun semua itu adalah proses yang harus dijalani dan dinikmati. Seorang pengusaha muda harus punya mental baja dan kesabaran agar dapat melewati proses tanjakan dan turunan dalam dunia bisnis agar dapat terus berkembang hingga kelak mengecap kesuksesan.

Itulah 9 tips bagi para enterpreneur muda agar terus bisa mengembangkan kariernya. Dengan keyakinan dan kerja keras, tentu seseorang sangat bisa menjadi seorang pengusaha muda yang sukses.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 9 tips untuk enterprenuer muda agar terus berkembang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Jangan Ulangi Kesalahan Pengusaha Pemula Ini!
Cara untuk Mengembangkan Hidup Anda
Ini Dia Mitos yang Salah Kaprah Tentang Entrepreneur
Bagaimana Cara agar Memiliki Pola Pikir yang Semakin Berkembang?
10 Hal yang Harus Anda Ketahui Bila Ingin Menjadi Entrepreneur
Hidup Pengen Berkembang, Ikuti Teknik Berikut
Apa Pandangan yang Salah Terhadap Entrepreneur?
Hal Tabu yang Tidak Boleh Dilakukan Entrepreneur
Faktor Apa yang Membuat Entrepreneur Sukses?
Mengapa Orang Yahudi Cerdas dan Israel Berkembang Cepat?


Bagikan Ke Teman Anda