Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Adakah KTA untuk Wiraswasta?

#kredit tanpa agunan #KTA untuk wiraswasta

Kredit tanpa agunan merupakan salah satu produk perbankan yang cukup fenomenal saat ini. Peminat dari produk ini cukup tinggi sehingga wajar saja jika banyak lembaga keuangan yang menyediakan produk ini. Kredit tanpa agunan banyak digunakan sebagai solusi dari masalah keuangan. Produk ini juga memiliki banyak keuntungan yang tidak dimiliki produk lain. Salah satu kelebihan utama dari produk ini adalah tidak adanya persyaratan untuk melampirkan jaminan. Sebagai ganti dari jaminan, lembaga keuangan biasanya meminta slip gaji dari debitur.

KTA untuk Wiraswasta

Kredit tanpa agunan sangat sesuai bagi seseorang yang memiliki penghasilan tetap seperti karyawan. Keadaan ini tentu cukup disayangkan sebab tidak semua orang bekerja sebagai karyawan. Beberapa orang lebih memilih untuk menjadi wiraswasta. Sementara semua orang bisa membutuhkan dana pinjaman, apakah wiraswasta dapat memanfaatkan kredit tanpa agunan? Mereka yang menjadi wiraswasta tentu tidak bisa melampirkan slip gaji sebagai salah satu persyaratan dari kredit tanpa agunan. Tahukah anda bahwa bukan hanya karyawan, wiraswasta ternyata juga bisa mendapatkan KTA. Memang karyawan akan lebih mudah dalam mengajukan kredit tanpa agunan dibandingkan dengan wiraswasta. Hal ini terjadi karena kredit tanpa agunan tidak menggunakan jaminan sehingga status karyawan dan gaji dari karyawan tersebut dapat menjadi jaminan bank dalam menilai kemampuan kredit dan meminimalisir resiko kredit macet.

Persyaratan Tambahan bagi Wiraswasta

Pengajuan kredit tanpa agunan karyawan memiliki persyaratan yang cukup mudah. Karyawan cukup melampirkan kartu kredit, fotokopi KTP dan beberapa berkas lain yang tidak kalah mudah. Wiraswasta yang berminat untuk mengajukan kredit tanpa agunan perlu menyertakan beberapa berkas yang berbeda dengan karyawan. Wiraswasta akan diminta menyertakan catatan pendapatan serta membuktikan masa kerja dengan melampirkan Surat Izin Usaha Perdagangan, Nomor Pokok Wajib Pajak dan Tanda Daftar Perusahaan. Dokumen tersebut akan menjelaskan masa kerja serta pendapatan seorang wiraswasta.

Perbedaan KTA untuk Karyawan dan Wiraswasta

Ada beberapa perbedaan dari pengajuan KTA untuk karyawan dan wiraswasta. Perbedaan ini tergantung dari lembaga keuangan yang akan dipilih oleh calon debitur. Beberapa lembaga keuangan memiliki kebijakan yang berbeda terkait dengan kredit tanpa agunan bagi wiraswasta. Perbedaan tersebut bisa terletak pada jumlah pendapatan, limit kartu kredit, usia calon debitur dan sebagainya.

Jumlah Pendapatan Mempengaruhi

Jumlah pendapatan seseorang memang sangat mempengaruhi dalam pengajuan kredit tanpa agunan. KTA tidak membutuhkan jaminan maka lembaga keuangan harus teliti dalam memperhitungkan kemampuan membayar calon debitur dengan melihat jumlah pendapatannya. Hal ini tidak hanya berlaku bagi karyawan namun juga wiraswasta. Beberapa lembaga keuangan mensyaratkan pendapatan minimal sebagai salah satu syarat pengajuan kredit tanpa agunan. Bank Maybank mensyaratkan pendapatan minimal 48 juta per tahun bagi wiraswasta dan 30 juta per tahun bagi karyawan. Sementara bank DBS mensyaratkan pendapatan minimal 7 juta per bulan bagu wiraswasta dan 3 juta per bulan bagi karyawan. Persyaratan ini diberlakukan bagi karyawan di wiliyah Jabodetabek, karyawan di luar wilayah tersebut memiliki syarat minimal pendapatan yang berbeda.

Limit Kartu Kredit yang Disyaratkan

Disamping pendapatan minimal, limit kartu kredit juga menjadi pertimbangan dalam pengajuan kredit tanpa agunan. Kartu kredit memang menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi calon debitur. Tanpa kepemilikan kartu kredit, anda akan kesulitan dalam mengajukan kredit tanpa agunan dari beberapa lembaga keuangan. Limit kartu kredit yang disyaratkan biasanya berbeda antara wiraswasta dan karyawan. Bank DBS misalnya memberikan syarat dengan minimal limit kartu kredit 6 juta bagi karyawan. Wiraswasta disyaratkan untuk memiliki kartu kredit dengan minimal lomit 7 juta. Hal ini berbeda dengan bank Maybank yang tidak mensyaratkan minimal limit kartu kredit untuk pengajuan kredit tanpa agunan. Bank Maybank hanya mensyaratkan lama kepemilikan kartu kredit. Wiraswasta diharuskan memiliki kartu kredit minimal dua tahun, sementara karyawan diharuskan memiliki kartu kredit minimal satu tahun.

Apakah anda seorang wiraswasta yang berniat mengajukan kredit tanpa agunan? Pengajuan KTA oleh wiraswasta memang bukan hal yang mustahil, meski begitu anda harus mempersiapkan beberapa persyaratan yang sedikit berbeda dengan persyaratan untuk karyawan. Anda tidak hanya perlu mempertimbangkan hal-hal yang telah dijelaskan di atas. Usia juga bisa menjadi pertimbangan dari lembaga keuangan untuk meloloskan pengajuan KTA. Bank Maybank mensyaratkan usia maksimal untuk calon debitur. Wiraswasta tidak boleh berusia lebih dari 65 tahun saat mengajukan KTA dan seseorang yang berstatus sebagai karyawan hanya bisa mengajukan KTA jika usia tidak lebih dari 55 tahun. Hal ini berbeda dengan bank DBS yang mensyaratkan debitur harus berusia maksimal 55 tahun saat kreditnya berakhir.

Wiraswasta tetap bisa memanfaatkan produk KTA dalam mengatasi masalah keuangan. Sebelumnya wiraswasta tentu harus memenuhi persyaratan yang diminta agar bisa mendapatkan kredit tanpa agunan seperti yang diharapkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kredit tanpa agunan (KTA) untuk wiraswasta, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

anak, bank, bisnis, deposito, fraud, hidup, investasi, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.