Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Agar Bisa Menabung, Hindari Beli Barang Berikut

Dalam memenuhi kebutuhan pokok, khususnya barang sehari-hari, ada beberapa faktor penting untuk menghindari pengeluaran Anda melebihi budget yang sudah ditetapkan.

Barang yang terlihat sepele namun jika tidak benar-benar penting lebih baik Anda disingkirkan dalam list belanja Anda. Agar tidak berdampak kepada pengeluaran dana yang besar, karena beberapa jenis barang berikut ini termasuk jenis barang yang harus dihindari, berikut contoh barang tersebut:

1. Tisu dan Kertas

Anda yang biasa menggunakan tisu dan kertas dalam hal apapun, mulai saat ini berusahalah untuk mengurangi penggunaannya. Anda bisa mengganti tisu dengan serbet atau jenis kain yang lebih mudah untuk dicuci, dipakai kembali dan lebih berhemat dalam biaya.

Anda bisa mengganti kertas dengan papan tulis atau media lain yang bisa dijadikan tulisan atau plan Anda. Selain itu juga tisu dan kertas berdampak kepada kerusakan lingkungan dan sulit untuk diurai setelah dibuang. Dengan demikian Anda berhemat dalam segi dana dan menjaga lingkungan menjadi lebih sehat dan ramah.

2. Langganan TV Kabel

Anda yang menggunakan tv kabel, maka mulai saat ini gantilah fasilitas tersebut dengan Netflix, HOOQ, iFlix atau semacamnya yang lebih jauh berhemat. Daripada uang Anda dihabiskan dengan tv kabel yang jarang ditonton, lebih baik gunakan media internet yang sudah mencakup banyak hal.

3. Perlengkapan Dapur

Banyak perlengkapan dan alat dapur yang kecil dan terlihat imut. Anda mungkin tergoda untuk membelinya, terlihat sepele namun tiada bernilai jika tidak digunakan. Jangan beli peralatan dapur lainnya bila akhirnya teronggok di gudang. Hal ini selain mubazir juga memboroskan anggaran belanja Anda. Barang tersebut juga termasuk peralatan dapur yang tahan lama, yang jika tidak terpakai akan menyisakan space di gudang Anda, dan menjadi barang mati.

4. Membeli Karena Merk

Salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kebiasaan sebagian orang adalah membeli barang dengan status Merk terkemuka. Padahal, salah satu cara berhemat Anda bisa mengganti brand mahal dengan brand lokal yang sama fungsinya, namun harga lebih murah. Jika Anda lebih mengetahui manfaat dan cara menghemat dana mungkin Anda akan berpikir beralih ke produk lokal yang jauh lebih menguntungkan dan kenapa tidak untuk mencobanya demi menghemat uang Anda.

5. Pemutih Gigi

Ingin terlihat cantik dengan gigi putih dan indah, tidak perlu produk mahal. Anda bisa mencoba dengan bahan alami yang lebih aman dan juga murah. Selain Anda bisa berhemat, Anda juga bisa menerapkan hidup back to nature yang tidak memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh Anda.

6. Perlengkapan Make Up

Wanita yang cenderung lebih boros untuk mengeluarkan banyak uang demi perlengkapan make up seperti bedak, lipstik, parfume, body lotion dan sebagainya. Merawat dan mempercantik diri tidak salah, yang salah jika Anda mengeluarkan banyak dana berlebihan untuk perlengkapan tersebut. Kalau bisa membeli barang dengan harga diskon atau barang yang lebih murah harganya kenapa tidak, hal ini bisa menjadi salah satu tips hemat Anda.

7. Alat Cukur

Salah satu kebutuhan pria yang tidak bisa terlepas dari kebersihan diri, dengan menggunakan alat cukur yang bisa Anda ganti mata pisaunya ini jauh lebih hemat. Daripada Anda harus membeli 1 set setiap bulannya, ini jauh lebih mahal dan tidak bisa Anda gunakan bahkan menjadi barang rongsok. Manfaatkan isi ulang alat cukur agar bisa menghemat pemakaian dan dana yang bisa Anda alihkan sebagai tabungan.

8. Majalah Ternama

Untuk kiat berhemat Anda selanjutnya, mulai saat ini hentikan berlangganan majalah mahal dan ternama seperti Vogue, Cosmopolitan, Housekeeping dan sebagainya. Anda bisa mengalihkan hobi membaca Anda dengan mengakses majalah online yang lebih mudah, cepat dan gratis dengan fasilitas yang luar biasa lengkap. Sehingga dana langganan majalah Anda bisa dialihkan menjadi dana simpanan atau investasi masa depan.

9. Memanggil Perawat Taman

Anda yang terbiasa menggunakan jasa perawatan taman rumah, mulai dari sekarang perkecil dan pangkas biaya tersebut dalam rencana penghematan keuangan Anda. Anda bisa melakukan perawatan taman sendiri yang jauh lebih menguntungkan, dananya bisa Anda simpan, secara fisik Anda akan lebih bugar dan sehat karena secara langsung bekerja di akhir minggu dalam merawat taman menjadi olahraga baru yang bisa Anda lakukan secara rutin.

10. Memanggil Tukang

Harga memanggil tukang sekarang mahal, seiring naiknya UMR. Selagi Anda bisa memperbaiki rumah secara mandiri, kenapa harus menyewa tenaga lain? Anda bisa melakukan semua itu bersama keluarga Anda, hal ini jauh lebih menghemat. Kalau sekedar membetulkan genteng bocor atau mencat tembok, Anda dan keluarga pasti bisa melakukannya sendiri.

Hal-hal di atas bisa dihindari jika Anda ingin hidup jauh lebih hemat, ganti dengan barang lain yang berfungsi dan harga yang lebih murah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip agar bisa menabung, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips Mandiri untuk Kamu yang Masih Nebeng Orang Tua
Bagaimana Cara Hidup Hemat Berumah Tangga?
7 Kebiasaan ini Akan Membuatmu Jadi Milyuner
Jangan Beli Jenis Barang Ini dalam Kondisi Baru
Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
10 Cara Agar Anda Menjadi Kaya
9 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tidak Jatuh Miskin
Bagaimana Membuat Budget bila Penghasilan Tak Menentu
Redenominasi Rupiah, Bagaimana Seharusnya Masyarakat Menyikapinya?


Bagikan Ke Teman Anda