Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Alasan Memiliki Kartu Kredit Lebih dari 1

#tidak bisa bayar #tip kartu kredit

Kartu kredit kini sudah menjadi salah satu alat pembayaran yang populer di berbagai kalangan masyarakat. Mudahnya transaksi menggunakan kartu kredit dan ketersediaan berbagai fasilitas menarik membuat banyak orang kini memilih memakai kartu kredit.

Dengan maraknya penggunaan kartu kredit, maka tidak heran bila seseorang bisa memiliki lebih dari 1 kartu kredit sekaligus. Banyak alasan seseorang melakukan hal ini, baik dari tuntutan pekerjaan, gaya hidup maupun keperluan lain. Bila dimanfaatkan secara bijak, memiliki kartu kredit lebih dari 1 ternyata memiliki banyak kelebihan. Mau bukti? Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu memiliki lebih dari 1 kartu kredit

Pembagian Pengeluaran

Salah satu alasan seseorang memiliki lebih dari 1 kartu kredit adalah untuk mengatur pos pengeluarannya. Membagi pengeluaran menjadi pengeluaran personal dan pengeluaran bisnis bisa menjadi solusi bagi Anda yang kesulitan mengatur keuangan Anda. Sebagai contoh, seorang sales suatu perusahaan mungkin melakukan pengeluaran yang jauh lebih besar untuk keperluan pekerjaan dibandingkan pengeluaran pribadinya. Bila pengeluaran melalui kartu kredit ini tidak dibagi, bisa saja sales tersebut akan kesulitan mengatur cashflow bulanannya. Dengan adanya lebih 1 kartu kredit, pengeluaran akan lebih terkontrol dan dapat tertata secara jelas.

Promo Menarik Bank

Tidak dapat dipungkiri bahwa maraknya penggunaan kartu kredit juga didorong oleh gencarnya pemasaran yang dilakukan bank penyedia kartu kredit. Salah satu strategi bank untuk menarik orang membuat kartu kredit adalah mengeluarkan promo yang menarik. Saat ini, banyak provider kartu kredit memberikan gratis biaya admin bagi setiap nasabah baru. Periodenya bervariasi, dari 1 tahun hingga bahkan 3 tahun. Selain itu, beberapa bank juga memberikan cashback untuk setiap aplikasi kartu kredit yang disetujui. Mendapatkan uang langsung dan tidak dipungut biaya admin per bulan untuk 3 tahun pasti menjadi tawaran yang sangat menggiurkan bagi masyarakat untuk membuat kartu kredit. Singkatnya, hanya dengan mengeluarkan sedikit usaha untuk mengisi aplikasi pengajuan, Anda bisa mendapat cashback uang cukup banyak. Menarik bukan?

Fitur dan Layanan Beragam

Persaingan antar bank pemuat kartu kredit bisa dibilang cukup seru. Hal ini terlihat dari beragamnya fitur dan fasilitas layanan yang dibagikan oleh bank. Sekarang ini banyak sekali barang bagus dengan harga yang cukup tinggi dapat dibeli melalui cicilan 0% kartu kredit. Meski begitu, tidak semua kartu kredit memiliki fasilitas cicilan 0% untuk barang yang sama. Misalkan Anda sangat berminat untuk membeli iPhone 7 keluaran terbaru, namun tidak memiliki cukup uang. Anda ingin menggunakan cicilan 0% namun ternyata kartu kredit yang Anda pegang tidak menyediakan fasilitas tersebut. Padahal cicilan yang ditawarkan masih sesuai dengan budget bulanan yang Anda punya. Sedih bukan? Nah, di kondisi seperti ini memiliki kartu kredit lebih dari 1 bisa menjadi solusi. Selain itu beberapa bank juga mengeluarkan fasilitas pinjaman dengan bunga yang lebih rendah dibandingkan skema tarik tunai atau KTA. Di saat darurat, fasilitas ini bisa menjadi penolong yang jitu.

Menaikan Limit dan Skor Kredit

Bila Anda menggunakan kartu kredit secara benar, maka memiliki lebih dari 1 kartu kredit bisa menigkatkan skor kartu kredit dan limit kredit yang Anda miliki. Asalkan, Anda harus tetap membuat rencana keuangan yang matang. Kartu kredit harus dibayar lunas setiap bulannya agar kartu kredit Anda selalu berstatus lancer

Potongan Langsung & Point Rewards

Beda kartu kredit, beda pula fasilitas plus plus nya. Selain fitur yang disebutkan sebelumnya, kartu kredit juga memberikan potongan langsung untuk transaksi seperti makan, pembelian pakaian, pembayaran hotel dan lainnya. Selain itu bank juga memberi point reward untuk transaksi tertentu yang Anda lakukan. Adanya kartu kredit lebih dari 1 tentunya memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mendapat ekstra diskon dalam pembelian barang favorit Anda. Bagi traveler, kartu kredit juga menawarkan diskon tiket pesawat dan fasilitas gratis di bandara yang berbeda beda. Misalnya, bagi pemegang kartu kredit tertentu, Anda bisa mendapat free Starbucks dan free lounge di bandara. Sementara kartu kredit lain tidak menawarkan kelebihan ini. Enak bukan?

Meski memiliki banyak manfaat, memiliki kartu kredit lebih dari 1 juga dapat berdampak buruk bagi penggunanya. Berikut adalah dampak buruk penggunaan lebih dari 1 kredit

Tagihan bengkak

Inilah risiko terbesar dari memiliki banyak kartu kredit. Karena memiliki banyak kartu dan tergiur oleh promo menarik, maka pengeluaran menjadi tidak terkontrol dan melebihi budget yang dimiliki. Akibatnya tagihan kredit bulanan akan bengkak. Hal ini tentunya sangat tidak bagi kondisi keuangan Anda

Bunga & Biaya Admin Tinggi

Dalam memiliki banyak kartu kredit, Anda juga harus mempertimbangkan biaya administrasi per bulan tiap kartu kredit ditambah bunga kredit tiap bulannya. Meski terkesan kecil pada awalnya,namun bila Anda memiliki 5 kartu kredit, misalnya, maka biaya admin dan bunga kredit yang harus Anda tanggung per bulannya bisa cukup tinggi. Jangan sampai bagian ini terlewatkan dan Anda akan mendapati cashflow negatif setiap bulannya.

Skor Kredit Negatif

Meski berpeluang menaikan skor kredit, memiliki kartu kredit lebih dari 1 juga berpeluang membuat skor kredit Anda jelek. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan Anda dalam mengelola pengeluaran bulanan Anda sehingga akhirnya Anda tidak dapat membayar tagihan kredit setiap bulannya. Kredit Anda nantinya akan berstatus tidak lancar. Hal ini akan menyulitkan Anda bila Anda hendak mengajukan kartu kredit baru ataupun fasilitas kredit bank lain seperti KPR dan KTA.

Kunci dari kepemilikan kartu kredit adalah kemampuan dalam mengelola keuangan. Bila mampu direncanakan secara detail, maka memiliki kartu kredit lebih dari 1 bisa sangat menguntungkan. Hal ini bergantung dari setiap individu yang menggunakannya. Sekarang pilihannya ada di tangan Anda, perlukah Anda memiliki lebih dari 1 kartu kredit? Hanya Anda yang bisa menjawabnya.

Artikel Terkait

Demikianlah beberapa alasan memiliki kartu kredit lebih dari satu.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, fungsi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, tugas,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.