Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Alasan Mengapa Kita Harus Bertanggung Jawab

Pada dasarnya, setiap orang memiliki satu tujuan yang sama yaitu meraih kesuksesan. Namun jalan untuk menuju sukses tidak pernah mudah. Banyak orang yang tidak cukup kuat dan memutuskan untuk mengambil jalan pintas yaitu menyerah.

Resep kesuksesan memang bukan sesuatu yang gampang dan membuat Anda merasa nyaman. Pertama, Anda harus bekerja keras. Kerja keras artinya melakukan sesuatu yang tidak Anda inginkan. Misalnya, di saat orang lain bisa tidur nyenyak di malam hari, Anda harus menghabiskan waktu untuk bekerja lembur.

Kedua, Anda harus bertanggung jawab. Tidak ada yang menjamin semua usaha yang Anda lakukan akan berhasil. Dari 10 usaha, sangat mungkin 9 di antaranya gagal dan hanya ada 1 kesuksesan. Di saat Anda gagal, Anda punya dua pilihan: menyalahkan orang lain atau bertanggung jawab atas kegagalan itu sendiri.

Bahkan jika kegagalan tersebut disebabkan oleh kesalahan orang lain, Anda tetap harus bertanggung jawab terhadap diri Anda. Mengapa? Beberapa alasan berikut ini mungkin bisa menjawab pertanyaan Anda.

1. Tanggung Jawab Adalah Resep Kesuksesan

Jika Anda ingin menjadi orang yang sukses, maka Anda harus bertanggung jawab sepenuhnya pada diri Anda. Pada segala hal yang terjadi dalam hidup, semua yang Anda alami, dan segala hal yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Biasakan diri untuk bertanggung jawab bahkan pada hal-hal kecil seperti hubungan Anda dengan pasangan, pencapaian dalam hidup, hasil yang didapatkan, hingga kondisi kesehatan Anda baik secara fisik maupun mental.

2. Tanggung Jawab Membentuk Karakter Diri yang Kuat

Bertanggung jawab pada diri sendiri bukan hal yang mudah. Bahkan tidak mudah sama sekali. Akan lebih nyaman jika kita mempunyai seseorang untuk disalahkan: orang tua, klien, keadaan ekonomi, pasangan, rekan kerja, dan masih banyak lagi.

Inilah yang membedakan orang sukses dengan orang yang gagal dalam hidup. Orang yang bertanggung jawab dalam hidup akan semakin dekat dengan kesuksesan karena mereka selalu melihat diri mereka sebagai seseorang yang perlu disalahkan. Dengan demikian, mereka akan berusaha menjadi lebih baik.

3. Orang yang Bertanggung Jawab Memiliki Kendali Penuh Atas Hidupnya

Tanggung jawab adalah tentang bagaimana Anda menanggapi lingkungan sekitar Anda. Di sini ada dua pilihan untuk Anda. Menunggu dengan pasif hingga datang kesempatan emas, berpangku tangan pada seseorang yang memiliki kuasa atau menanti keberuntungan yang jatuh dari lagi.

Pilihan kedua adalah memegang kendali atas hidup Anda sendiri. Bangun dan bertindak, menciptakan takdir Anda sendiri, mencoba sesuatu hal yang baru jika diperlukan, dan keluar dari zona nyaman. Kedua pilihan ini akan memberikan hasil yang sama sekali berbeda.

Pilihan pertama tidak akan mendatangkan hasil yang baik dan membantu Anda meraih pencapaian. Sementara pilihan kedua membantu Anda mencapai tujuan dengan bertanggung jawab atas kehidupan Anda sendiri.

4. Dengan Bertanggung Jawab, Anda Mengendalikan Diri Sendiri

Tidak hanya memiliki kendali penuh atas hidup, Anda juga dapat mengendalikan diri sendiri dengan bertanggung jawab. Orang-orang yang sukses dalam hidup adalah mereka yang fokus pada apa-apa yang bisa mereka kendalikan. Dan tidak ada apapun yang bisa dikendalikan selain diri sendiri.

Orang yang bertanggung jawab dapat mengendalikan diri sendiri untuk menyikapi segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Mereka tidak pernah menyalahkan orang lain atau keadaan, dua hal yang berada di luar kendali mereka.

5. Menciptakan Kenyamanan Pada Sekitar

Orang yang bertanggung jawab tahu akan kewajiban mereka. Mereka menjalani segala hal dengan sepenuh hati akan menciptakan kenyamanan pada orang-orang di sekitarnya. Misalnya dalam hubungan dengan pasangan.

Jika Anda menjalankan tugas Anda dengan baik, maka hubungan Anda dan pasangan tetap harmonis. Tidak ada protes atau pertengkaran karena masing-masing tahu apa yang harus mereka lakukan. Sebagai permulaan, tidak perlu bertanggung jawab atas pasangan Anda. Mulailah dengan bertanggung jawab pada bagian Anda sendiri.

Bertanggung Jawab Sebagai Pemimpin

Selain bertanggung jawab kepada diri sendiri dan kehidupan pribadi, pada suatu titik dalam hidup Anda mungkin harus bertanggung jawab kepada orang lain. Misalnya Anda menjadi pemimpin sebuah perusahaan, atau menjadi manajer di tempat Anda bekerja. Anda akan dihadapkan pada tanggung jawab yang lebih besar lagi.

Inilah pentingnya Anda bertanggung jawab kepada orang lain sebagai seorang pemimpin.

  • Membuat tujuan perusahaan semakin jelas

Visi dan misi perusahaan akan lebih jelas jika Anda bersedia bertanggung jawab pada semua anggota tim atau karyawan Anda. Tanggung jawab dapat ditunjukkan dengan bagaimana Anda membagi tugas yang jelas pada tiap-tiap orang, membantu mereka bekerja dengan fokus. Anda dapat terus memastikan apakah tim bekerja sama dengan baik untuk meraih sebuah tujuan. Dengan cara ini, perusahaan Anda dan semua orang yang berada di dalamnya bisa meraih kesuksesan bersama.

  • Belajar hal baru

Saat Anda bertanggung jawab atas orang lain, Anda akan menemukan hal-hal baru tentang mereka. Mungkin mereka memiliki keahlian yang belum pernah diketahui sebelumnya, menemukan cara baru untuk bekerja sama dengan mereka, atau menemukan inovasi baru.

  • Menguatkan kerja tim

Dalam tim, tidak hanya pemimpin saja yang harus bertanggung jawab pada anggotanya. Setiap orang yang ada di dalamnya harus saling bertanggung jawab satu sama lain. Hal ini akan membentuk norma kepribadian yang baik dalam tim.

Satu anggota dengan yang lainnya akan saling mempedulikan, saling melibatkan dalam setiap langkah untuk sama-sama mencapai keberhasilan secara tim.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa kita harus bertanggung jawab, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Alasan Mengapa Penting Belajar Sejarah
Inilah Alasan Orang Lebih Senang Menjadi Karyawan
Alasan Mengapa Kita Perlu Belajar ke Luar Negeri?
7 Alasan Mengapa Kita Harus Berhemat
10 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ekonomi
Mengapa Menjadi Kaya Begitu Sulit? Ini Alasannya!
Alasan Mengapa Kita Harus Bekerja Keras
Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Keuangan
5 Alasan Mengapa Penting Belajar Bisnis
10 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Filosofi


Bagikan Ke Teman Anda