Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Alasan Mengapa Kita Perlu Belajar ke Luar Negeri?

Belajar di luar negeri adalah impian setiap anak muda, termasuk di Indonesia. Menjelajah bagian dunia yang lain untuk menuntut ilmu, mempelajari budaya baru yang sama sekali berbeda dengan budaya asli mereka. Mengapa belajar di luar negeri menjadi fenomena yang populer? Mengapa kita harus belajar ke luar negeri?

Selain bisa berpetualang keliling dunia, banyak manfaat lain yang diperoleh dari belajar di luar negeri. Di Indonesia sendiri lulusan luar negeri sangat dihargai dan bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Belajar ke luar negeri juga memberikan pengalaman dalam kehidupan sosial yang berbeda.

Ini dia alasan-alasan yang akan semakin meyakinkan kita untuk belajar di luar negeri.

1. Sebuah Tantangan yang Harus Dihadapi

“Kesuksesan ada di luar zona nyaman”. Belajar di luar negeri jelas jauh di luar zona nyaman seseorang. Ada tantangan yang sangat besar di dalamnya. Tidak mudah hidup sendiri di negeri orang, namun itulah bagian yang seru dari belajar ke luar negeri.

Awalnya mungkin kita akan ragu meninggalkan rumah, dan hal itu dialami oleh semua semua orang. Namun setelah melangkah, akan ada banyak hal baru yang belum pernah kita temui sebelumnya. Meski awalnya berat, kita tidak akan pernah menyesal.

2. Melihat Dunia Luar

Inilah arti dari melihat dunia luar yang sesungguhnya. Dengan belajar di luar negeri, kita dapat melihat negara yang baru, dengan pemandangan baru, budaya baru, dan tata cara yang baru. Kita juga bisa sekaligus mendatangi tempat-tempat bersejarah, obyek wisata, bahkan pergi ke negara tetangga.

Misalnya kita mendapat kesempatan belajar di Belanda, maka kita punya kesempatan juga untuk berkunjung ke Prancis, Jerman, Italia, bahkan Inggris! Bisa berkeliling dunia adalah bonus yang didapatkan setiap orang yang bisa belajar ke luar negeri. Pasti menyenangkan sekali bukan bisa keliling dunia dan mendapatkan ilmu secara bersamaan?

3. Menemukan Teman Baru

Salah satu hal yang paling menyenangkan saat memulai sekolah adalah bertemu dengan teman-teman baru. Namun yang akan kita temukan nanti lebih dari sekedar teman baru. Bertemu dengan orang-orang yang dibesarkan dalam budaya yang berbeda kemudian menemukan kecocokan adalah pengalaman yang tidak terlupakan.

Berteman tidak lagi sekedar berteman, tetapi juga bertukar budaya, tata cara hidup, dan makanan khas negara masing-masing!

4. Belajar Budaya Baru

Saat belajar ke luar negeri, bukan hanya ilmu yang akan didapat, tetapi juga budaya baru. Tinggal di negeri orang berarti banyak hal yang harus disesuaikan. Gaya hidup dan tata cara mereka sudah pasti berbeda dengan budaya asli kita. Di sinilah tantangan dan manfaat yang sebenarnya.

Kita akan menemukan hal-hal yang mungkin tidak pernah terduga sebelumnya. Dengan belajar ke luar negeri, kita akan semakin kaya dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman. Bayangkan memakan makanan baru, menghadiri festival lokal yang tidak ada di negara kita, tempat-tempat yang hanya kita temui di sana dan masih banyak lagi.

5. Pendidikan yang Berkualitas

Negara-negara di Eropa dan Amerika memiliki sekolah-sekolah kelas dunia dengan pendidikan berkualitas. Tentu saja ini adalah manfaat terbesar dari belajar di luar negeri. Masuk ke universitas ternama, belajar bersama dengan guru-guru yang hebat, dan pasti merasa bangga karena menjadi bagian di dalamnya.

Pendidikan di luar negeri memiliki aturan berbeda dan bidang ilmu yang lebih luas. Ada banyak jurusan-jurusan dan konsentrasi yang belum pernah kita dengan sebelumnya, dan siapa tahu kita ahli di bidang tersebut.

6. Belajar Bahasa Baru

Mempelajari bahasa lokal negara tempat kita belajar adalah tantangan lain yang harus dihadapi oleh pelajar di luar negeri. Tapi semua pengalaman tersebut menjadi pelajaran berharga yang sangat menguntungkan. Di negara seperti Inggris atau Amerika, kita dapat belajar bahasa Inggris langsung dari penduduk lokal.

Sementara di negara-negara seperti Italia, Prancis, atau Belanda kita bisa belajar bahasa asli mereka. Ini juga menambah wawasan kita. Belajar banyak bahasa tidak akan pernah merugikan.

7. Pekerjaan yang Lebih Baik

Tujuan utama pelajar yang belajar ke luar negeri sudah pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Lulusan sekolah yang bertaraf internasional lebih dihargai di belahan dunia manapun. Terlebih lagi jika kita belajar di universitas kelas dunia.

Selain faktor pendidikan, pengalaman hidup di luar negeri juga menjadi nilai tambah. Seseorang yang pernah belajar di luar negeri berhasil menaklukkan tantangan yang besar, memiliki pengetahuan yang luas dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap dunia. Aspek-aspek tersebut sangat dicari dalam dunia bisnis modern.

8. Kemandirian

Fase kemandirian seseorang datang ketika mereka lulus SMA kemudian melanjutkan belajar ke universitas. Hidup jauh dari orang tua membuat seseorang menjadi lebih mandiri dalam segala hal. Terlebih lagi jika belajar ke luar negeri.

Tidak hanya jauh dari orang tua, tetapi jauh dari negara asal. Jika kuliah di dalam negeri, pulang ke rumah masih dapat ditempuh dalam waktu beberapa jam saja. Sementara jika kuliah di luar negeri, belum tentu setahun sekali bisa pulang. Selain jaraknya yang jauh, biaya pulang juga tidak murah.

Itulah berbagai alasan mengapa kita harus belajar ke luar negeri. Kesempatan menuntut ilmu di negeri orang terbuka seluas-luasnya melalui program beasiswa yang diadakan oleh pemerintah, organisasi, atau perusahaan. Ada banyak universitas dan konsentrasi jurusan yang bisa dipilih. Belajar ke luar negeri akan menjadi pengalam yang sangat berharga dalam hidup.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa kita perlu belajar ke luar negeri, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Aman Bertransaksi Kartu Kredit di Luar Negeri
Mengapa Belajar Ekonomi Penting?
7 Alasan Mengapa Kita Harus Berhemat
Alasan Mengapa Kita Harus Bertanggung Jawab
5 Alasan Mengapa Penting Belajar Bisnis
10 Kesalahan saat Liburan ke Luar Negeri
Alasan Mengapa Penting Belajar Sejarah
Hal-hal Berikut Seharusnya Diajarkan di Sekolah
Mengapa Kita Menggunakan Barang Produksi Dalam Negeri?
Ini Dia Cara Praktis Belajar Ekonomi yang Mudah, Efektif dan Efisien!


Bagikan Ke Teman Anda