Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Anda Rendah Diri, Pemalu dan Tidak Percaya Diri? Ini Triknya agar Sukses!

#pemalu #percaya diri #rendah diri #sukses

Tiap individu memiliki penghalan untuk sukses. Ada yang sifatnya eksternal, dimana kesuksesannya terganjal karena ulah kotor mereka yang tidak menghendaki keberhasilannya. Yang ini dapat dibasmi dengan mudah begitu biang kerok telah diketahui. Ada pula yang sifatnya internal, dimana kesuksesan yang bersangkutan sepenuhnya disebabkan oleh sikap buruk, tindak tanduk dan kebiasaan buruk yang senantiasa dilakukan tanpa disadari. Ini yang paling sulit ditangani dari semuanya, meski yang bersangkutan telah menyadari sekalipun.

Di antara penyebab internal yang mendera seorang individu, adalah rasa malu, tidak percaya diri dan rendah diri lah yang ikut andil dalam menghambat kesuksesan seseorang. Memang, ada banyak artikel yang menyatakan bahwa ada banyak orang banyak yang pemalu yang menuai kesuksesan dan ketenaran hingga dikenal seantero jagat. Tapi, itu adalah pengertian yang salah dari rasa malu. Justru, agar sukses seseorang harus memiliki rasa malu. Karena rasa malu (yang manusiawi) merupakan sumber terjaga dan meningkatnya martabat seseorang. Nah, yang dimaksud dengan rasa malu di sini adalah rasa malu yang tidak ada dasarnya, yang tidak beralasan dan tidak menunjang produktivitas seseorang dan justru membuat yang bersangkutan kehilangan martabat di muka orang karena tidak menindak seseorang yang telah mencederai harkat dan martabatnya sebagai manusia, misalnya.

Rasa malu yang terakhir inilah yang harus diantisipasi karena merupakan penghalang kesuksesan yang nyata. Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

1. Jadilah diri sendiri

Berhenti berpura-pura hanya karena ingin membuat orang lain senang
Ada pepatah yang mengatakan, “Anda bisa membodohi segelintir orang selamanya. Anda bisa juga membodohi semua orang barang sebentar. Tapi, Anda tidak akan bisa membodohi semua orang selamanya.” Perhatikan baik-baik. Inti dari pepatah tersebut adalah akan ada suatu hari dimana tindakan ‘membodohi’ yang Anda lakukan itu ketahuan. Jadi, mulai sekarang, berhentilah berpura-pura karena itu tak berbeda dengan membodohi sesama manusia. Memang, tidak banyak yang berani untuk berhenti berpura-pura. Butuh keberanian besar untuk menjadi diri sendiri dan apa adanya. Pada awalnya memang mengerikan. Tapi, jika Anda berhasil mengantisipasi rasa takut yang muncul di awal, maka hanya akan ada rasa bebas yang tersisa. Dan, rasa terbebaskan itulah yang akan menyediakan jalan menuju sukses yang sebenarnya.

2. Belajar untuk berkata ‘Tidak’

Mau Anda akui atau tidak, ada kalanya Anda berkata ‘Ya’ hanya karena takut pada orang yang kuasanya lebih tinggi, takut melukai perasaan orang lain, atau khawatir bakal mengecewakan seseorang. Hanya saja, setiap kali Anda berkata ‘Ya’ pada sesuatu yang menurut Anda harusnya berkata ‘Tidak’, maka konsekuensinya adalah Anda harus melakukan sesuatu yang tidak Anda inginkan. Yang ada hanyalah rasa penyesalan karena sudah mengatakan yang tidak seharusnya Anda katakan. Dan, melakukan hal konyol yang seharusnya tidak Anda jalani. Ingin sukses? Hancurkan kebiasaan buruk ini. Mulai sekarang, beranikan diri untuk mengatakan yang sesungguhnya. Anda tidak perlu kasar. Apa adanya saja, dan katakan dengan tegas.

3. Berani mengambil resiko dan berbuat salah

Biarkan diri Anda berbuat salah dan lihat itu sebagai peluang untuk tumbuh
Memang berat pada awalnya, tapi ijinkan diri Anda untuk berbuat salah. Dan, yang paling penting adalah belajar dari apa yang sudah Anda jalani. Melakukan kesalahan merupakan hal yang normal dan manusiawi. Yang salah adalah jika Anda melakukan kesalahan tapi tidak belajar dari itu. Anggap saja kesalahan yang telah Anda buat itu sebagai pijakan untuk melakukan sesuatu yang lebih benar.

4. Bertanggung jawab atas apa yang Anda lakukan

Sebagai manusia yang normal, Anda pasti akan mengambil sebuah keputusan. Dan, sebagai buah keputusan tersebut, akan ada orang yang dikecewakan. Jangan khawatir, itu adalah hal yang sangat manusiawi. Justru tidak masuk akal jika Anda berkeinginan menyenangkan semua orang. Maka dari itu, ketika ada orang yang merasa Anda kecewakan, terima saja kondisi itu dan anggap sebagai konsekuensi dari pilihan yang Anda buat.

5. Bantu sesama

Sekaya apapun Anda, sepintar apapun Anda, dan sekuat apapun fisik Anda, Anda tetap membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan Anda pribadi. Tidak ada yang bisa eksis tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu, jika Anda ingin mendapatkan perhatian dan penghargaan orang lain, mulai dari sekarang biasakan untuk membantu sesama manusia dalam bentuk apapun. Langkah tersebut penting bagi Anda karena itu artinya Anda memahami bagaimana dunia ini bekerja, dan Anda mendapatkan pemahaman sosial yang nyata bahwa setiap orang pada dasarnya membutuhkan bantuan orang lain.

6. Berhenti mengkhawatirkan pilihan Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa terlalu khawatir akan keputusan yang Anda buat hanya berujung pada kegagalan dan hasil yang tidak maksimal. Kebanyakan manusia hanya khawatir akan respon yang bakalan diberikan orang lain atas keputusannya. Bersikap masa bodoh lah atas komentar orang. Mengapa demikian? Pertama, karena sudah menjadi kebiasaan manusia kebanyakan untuk mengomentari sesama manusia, terutama jika manusia itu melakukan sesuatu yang benar dan menuai keberhasilan. Kedua, karena pada dasarnya manusia merasa terintimidasi saat mengetahui ada orang lain yang berani melakukan hal yang hanya membuat sang komentator takut. Dan, ketiga, pada dasarnya manusia tidak ingin manusia lainnya maju. Jadi, adalah Anda yang memutuskan menjadi pelaku atau korban dari kondisi sosial semacam ini. Anda pemalu? Sudah pasti Anda menjadi korban.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang triknya agar sukses untuk Orang rendah diri, pemalu dan tidak percaya diri, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips Membangun Rasa Percaya Diri dengan Mudah
Mental Kaya adalah Kunci Mencapai Sukses
Ingin Sukses? Kesalahan Ini Harus Dihindari Sebelum Usia 30
10 Tips Mudah Agar Percaya Diri
Softskill yang Penting Dimiliki agar Sukses
Hal-hal ini yang Membuat Orang Sukses
Alasan Mengapa Singapura Sukses
Orang-orang Introvert Juga Bisa Sukses, Lho. Ini Buktinya!
Anak Tidak Percaya Diri? Ini Beberapa Kesalahan Orang Tua yang Menyebabkan Anak Tidak Pede!
Keahlian yang Bisa Dipelajari dalam 1 Jam per Hari agar Semakin Sukses


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.