Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda

Keuangan perlu dikelola dengan baik dan terencana agar tujuan-tujuan finansial dapat tercapai dan kehidupan yang sejahtera dapat diwujudkan. Untuk itu, perlu dibuat anggaran yang baik sebagai kunci sukses dalam perencanaan keuangan Anda. Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas lebih lanjut mengenai apa itu anggaran, bagaimana anggaran yang ideal, dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat anggaran.

Apa Itu Anggaran?

Anggaran atau budgeting adalah perencanaan keuangan mengenai kebutuhan yang harus dipenuhi berdasarkan dengan penghasilan yang diterima. Berdasarkan hal tersebut, anggaran terbagi ke dalam dua bagian besar yaitu penghasilan (arus dana yang masuk) dan pengeuaran (arus dana yang keluar). Pada prakteknya nanti pos-pos pengeluaran akan dibuat dengan menyesuaikan penghasilan yang diterima, baik rutin maupun tidak rutin.

nggaran perlu dibuat agar kita dapat melihat dengan detail dan rinci bagaimana arus uang yang keluar dan masuk ke dalam kantong atau rekening kita. Dengan mengetahui arus uang, terutama arus uang keluar, kita akan dapat melihat pos pengeluaran mana yang memiliki porsi paling besar. Hal ini akan membantu kita melakukan evaluasi nantinya, apakah pengeluaran tersebut dapat dikurangi atau setidaknya disiasati agar dapat lebih efektif.

Anggaran juga dapat menjadi panduan dalam mengelola keuangan, terutama mengatur bagaimana pengeluaran yang harus dilakukan setiap bulannya. Misalnya kita membuat anggaran untuk belanja baju 5% dari penghasilan, maka kita akan berusaha untuk tidak melebihi anggaran tersebut. Dengan begitu, kita dapat terhindar dari kondisi “Besar pasak daripada tiang” atau besar pengeluaran daripada penghasilan.

Hal lain yang menjadi keuntungan dengan membuat anggaran adalah kita memiliki reminder atau pengingat dalam membayar pengeluaran rutin. Saat membuat anggaran, kita memasukkan rincian pengeluaran rutin seperti biaya listrik, bayaran sekolah anak, dana zakat, biaya asuransi kesehatan, dan lain sebagainya. Dengan mengacu pada anggaran yang dibuat, kita dapat membayar pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan dengan tepat waktu.

Anggaran yang Ideal

Pada dasarnya, membuat anggaran perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing orang sehingga tiap orang bisa saja memiliki anggaran yang berbeda. Anda dapat membuat pos-pos pengeluaran yang menjadi kebutuhan dan dianggap perlu untuk dipenuhi dengan baik. Meski begitu, tentunya ada perncanaan alokasi sebagai anggaran yang ideal dan dapat dijadikan panduan bagi Anda.

Berikut adalah rincian alokasi untuk membuat anggaran yang ideal, terutama anggaran rumah tangga:

  1. Biaya Rumah Tangga : 40%
  2. Cicilan Pinjaman & Hutang : 20%
  3. Kebutuhan Anak & Pendidikan : 10%
  4. Tabungan Dana Darurat : 10%
  5. Premi Asuransi : 5%
  6. Pengeluaran Agama (Zakat atau Sedekah) : 5%
  7. Investasi Masa Depan : 5%
  8. Hiburan : 5%

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah tabel simulasi dari alokasi anggaran yang idea dengan contoh penghasilan Rp 3.000.000 dalam sebulan:

Pos Pengeluaran Persentase Alokasi Anggaran
Biaya Rumah Tanga 40% Rp 1.200.000
Cicilan Pinjaman & Hutang 20% Rp 600.000
Kebutuhan Anak & Pendidikan 10% Rp 300.000
Tabungan Dana Darurat 10% Rp 300.000
Premi Asuransi 5% Rp 150.000
Pengeluaran Agama (Zakat atau Sedekah) 5% Rp 150.000
Investasi Masa Depan 5% Rp 150.000
Hiburan 5% Rp 150.000

Tentu saja alokasi ini dapat disesuaikan dengan kondisi Anda, karena bagaimanapun ini adalah alokasi anggaran yang ideal. Misalnya untuk Anda yang belum berumah tangga, biaya rumah tangga dapat digantikan dengan biaya kebutuhan sehari-hari yang persentasenya dapat dikurangi menjadi 20% atau 30%. Atau jika Anda tidak punya cicilan pinjaman dan hutang, maka pos tersebut dapat dialokasikan pada pos lain seperti tabungan pernikahan anak atau tabungan pensiun.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Anggaran

Setelah mengetahui apa itu anggaran dan bagaimana anggaran yang ideal, Anda juga perlu mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat anggaran. Berikut adalah hal-hal yang penting untuk diperhatikan dan diterapkan dalam membuat anggaran yang baik:

1. Menuliskan Tujuan dan Target Keuangan

Dalam membuat anggaran, pastikan Anda menulis tujuan dan target keuangan dengan jelas dan rinci. Hal ini agar Anda menjadi lebih termotivasi untuk meraih tujuan dan target tersebut, sehingga Anda akan mematuhi anggaran yang dibuat. Misalnya tujuan Anda adalah memiliki rumah sendiri dalam waktu 10 tahun dan naik haji dalam waktu 5 tahun, maka masukkan keduanya dalam alokasi anggaran Anda.

2. Menabung dengan Rutin

Tidak ada keuangan yang terencana dengan baik tanpa adanya langkah menabung dengan rutin dan konsisten, karena itu mulailah menabung sekarang juga. Idealnya, Anda perlu menyisihkan 10% dari penghasilan untuk ditabung sebelum penghasilan itu dibelanjakan. Anda juga bisa memiliki kondisi keuangan yang lebih bagus lagi dengan memiliki beberapa tabungan, misalnya tabungan untuk pendidikan anak, tabungan untuk masa tua, tabungan untuk keadaan darurat, dan lain sebagainya.

3. Memprioritaskan Kebutuhan

Agar Anda dapat mengalokasikan pengeluaran sesuai dengan anggaran yang dibuat, penting untuk memiliki prioritas kebutuhan yang harus dipenuhi. Ingat bahwa kebutuhan bukan keinginan, jadi pisahkan keduanya dan jangan mendahulukan keinginan diatas kebutuhan. Terlebih lagi jika penghasilan yang masuk jumlahnya terbatas, maka kebutuhanlah yang harus didahulukan pemenuhannya.

4. Menyesuaikan Gaya Hidup

Hal lain yang juga penting dalam membantu Anda memenuhi anggaran yang dibuat adalah menyesuaikan gaya hidup dengan penghasilan. Bukan justru menyesuaikan pengeluaran dengan gaya hidup, karena itu tidak akan ada habisnya. Buang jauh-jauh gengsi dan fokuslah pada kebutuhan pribadi serta keluarga di masa kini juga masa depan. Dengan begitu kehidupan Anda dan keluarga akan lebih sejahtera secara keuangan, bukan hanya penampilan dan gengsi belaka.

Itulah pembahasan mengenai anggaran yang dapat menjadi kunci sukses dalam perencanaan keuangan Anda dan keluarga. Membuat dan menerapkan anggaran bukan saja baik untuk kondisi keuangan Anda saat ini, namun juga untuk keuangan di masa depan. Selamat membuat dan menerapkan anggaran keuangan Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang anggaran sebagai kunci sukses perencanaan keuangan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips Keuangan Ibu Rumah Tangga
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
UangTeman.com Tawarkan Pinjaman Uang Online
Inilah Cara Jitu untuk Mempersiapkan Dana Kuliah Anak
15 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Menyiapkan Tabungan Pensiun
Ajarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
6 Cara Mengelola Keuangan Keluarga Secara Efektif
Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina
Cara Mencari Uang Jajan Tambahan untuk Anak Sekolah


Bagikan Ke Teman Anda