Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Efek Ekonomi Melambat?

Angka pertumbuhan menjadi tolok ukur kemakmuran dan kemajuan sebuah negara. Namun demikian, kini pertumbuhan ekonomi bukan sekedar daya beli masyarakat saja, tetapi mencakup aspek-aspek yang lebih luas. Di masa demokrasi modern seperti ini, seseorang dengan tingkat ekonomi rendah bisa hidup dengan fasilitas yang nyaman.

Kini pertumbuhan ekonomi lebih pada kenyamanan masyarakat karena perekonomian yang stabil sehingga mereka bisa menjalani kehidupan yang layak. Namun bagaimana jika terjadi perlambatan pada pertumbuhan ekonomi? Apakah masyarakat akan langsung terkena dampaknya?

Melambatnya pertumbuhan ekonomi bisa dialami oleh semua negara, tidak hanya negara miskin atau berkembang saja. Negara adidaya Amerika Serikat juga mengalami perlambatan pada pertumbuhan ekonomi mereka pada tahun 2009 setelah terjadi krisis global yang parah.

Artikel ini akan membahas efek ekonomi melambat secara menyeluruh, mulai dari penyebabnya hingga dampak negatif dan positif yang dirasakan negara dan masyarakat.

Penyebab Ekonomi Melambat

Perlambatan ekonomi tidak semata-mata dipengaruhi oleh resesi global. Ada faktor-faktor yang lebih spesifik di dalamnya, antara lain:

  • Pertumbuhan produktivitas melambat

Penyebab pertama ini jelas membawa dampak buruk bagi perekonomian secara keseluruhan. Jika produktivitas semakin melambat, maka standar hidup masyarakat juga semakin sulit untuk meningkat. Gaji yang didapatkan tidak setara dengan jam kerja yang dihabiskan. Namun paha ahli memprediksikan hal ini tidak mudah terjadi di suatu negara.

  • Angka pengangguran tinggi

Angka pengangguran sudah sejak lama dijadikan indikator pertumbuhan ekonomi. Terlebih lagi di negara-negara yang tidak menjamin hidup pengangguran, peristiwa ini tentu sangat merugikan. Oleh karena itu negara perlu memudahkan pembukaan lapangan pekerjaan untuk mengurangi jumlah pengangguran secara signifikan.

  • Pertumbuhan populasi melambat

Pertumbuhan populasi yang melambat dapat diindikasikan dari rendahnya angka kelahiran pada sebuah negara. Apabila angka kelahiran rendah, maka jumlah penduduk semakin sedikit, berdampak pada melimpahnya modal di negara tersebut. Akibatnya negara tidak memiliki banyak masalah untuk diselesaikan sehingga pertumbuhan ekonomi mereka relatif lambat.

  • PHK dan pengurangan jam kerja

Sedikit mirip dengan poin kedua, namun berbeda. Penurunan jam kerja dapat dilihat dari banyaknya pekerja yang mengambil cuti dan liburan sehingga produktivitas mereka menurun. Selain itu, PHK yang dilakukan perusahaan juga bisa berdampak pada peningkatan jumlah pengangguran yang menyebabkan ekonomi melambat.

Efek Ekonomi Melambat

Sebagai situasi yang kurang menguntungkan dalam perekonomian, ekonomi melambat jelas berdampak pada kehidupan negara dan masyarakat di dalamnya. Berikut beberapa dampak yang disebabkan oleh ekonomi melambat.

  • Peningkatan jumlah pengangguran

Penganggurang bisa menyebabkan ekonomi melambat, namun pada saat yang sama juga bisa terjadi karena ekonomi yang melambat. Penerapan teknologi baru oleh perusahaan mungkin akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam waktu singkat. Namun jika pertumbuhan tersebut tidak mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi pengangguran karena teknologi, maka bisa disebut bahwa pertumbuhan ekonomi sangat lambat. Apabila hal ini terus terjadi, maka kecanggihan teknologi akan sulit mendorong pertumbuhan ekonomi.

  • Standar kehidupan masyarakat sulit naik

Tingginya angka pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi bahwa masyarakat sebuah negara hidup dengan layak. Meskipun kesenjangan sosial masih sangat kentara, namun jika standar kehidupan masyarakat semakin naik artinya jarak antara pendapatan absolut dalam masyarakat semakin memudar.

Dalam artian, masyarakat dari kelas yang lebih rendah bisa mendapatkan pelayanan yang setara dengan masyarakat kelas atas. Ini bisa terjadi karena pendapatan yang terus naik akibat pertumbuhan ekonomi yang positif.

Sebaliknya, jika ekonomi melambat maka pendapatan masyarakat akan stagnan, bahkan semakin menurun. Saat pendapatan mereka menurun, maka standar kehidupan mereka pun ikut menurun. Hal ini menyebabkan daya beli masyarakat rendah sehingga terjadi perlambatan pada pertumbuhan ekonomi.

  • Utang pemerintah semakin meningkat

Salah satu sumber pendapatan negara yang terbesar adalah penerimaan pajak. Namun dengan pertumbuhan ekonomi yang lambat, tentu penerimaan dari sektor pajak tidak dapat setinggi yang diharapkan. Artinya, pemerintah akan kekurangan dana untuk membiayai kehidupan masyarakat.

Ditambah dengan rendaha pertumbuhan populasi, maka pemerintah akan lebih banyak menanggung subsidi kesehatan bagi orang-orang tua. Untuk menutup semua biaya tersebut, meminjam uang atau utang kepada negara lain adalah solusi yang tidak dapat dihindari.

Keuntungan Ekonomi Melambat

Meski ekonomi melambat adalah hal yang buruk, bukan berarti tidak ada dampak positifnya sama sekali. Berikut ini adalah dampak positif dari ekonomi yang melambat:

  • Lingkungan terselamatkan

Di era industri dan teknologi canggih seperti sekarang ini, kerusakan lingkungan menjadi isu yang darurat. Perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi karbon di udara membuat suhu Bumi semakin naik, terbukti dengan melelehnya es di daerah kutub Bumi.

Namun jika terjadi perlambatan di bidang ekonomi, lingkungan menjadi semakin aman. Produk-produk yang dihasilkan secara nasional semakin menurun sehingga emisi karbon di udara dapat berkurang secara signifikan saat perusahaan menurunkan intensitas kegiatan mereka.

Saat ekonomi melambat, masyarakat punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan teknologi ramah ligkungan sehingga tidak ada tekanan berat karena bahaya kerusakan Bumi yang relatif rendah. Selain itu, konsumsi sumber daya tidak dapat diperbaharui juga semakin menurun karena fenomena tersebut.

  • Inflasi rendah

Saat terjadi perlambatan ekonomi, bank sentral bisa menerapkan bunga rendah untuk bank-bank umum. Hal ini sekaligus menurunkan resiko inflasi sehingga masyarakat akan lebih terdorong untuk melakukan investasi, terutama di bidang properti, surat berharga, dan pinjaman dana. Jika tren positif ini terus terjadi, maka secara perlahan akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebuah negara.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa efek ekonomi melambat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ada Apa dengan Krisis Ekonomi di Turki?
Persiapan untuk Usaha Kecil Menghadapi Resesi Ekonomi yang akan Datang
5 Alasan Mengapa Bisnisman Tidak Naik Pesawat Kelas Ekonomi
Ongkos Ekonomi Menggunakan Jet Pribadi
Apa itu Sistem Ekonomi Pasar?
Apa itu Resesi Ekonomi? Apa Indikatornya?
Apa itu Hukum Permintaan?
Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Krisis Ekonomi
Strategi Menabung Sesuai dengan Kondisi Ekonomi
Mengapa Belajar Ekonomi Penting?


Bagikan Ke Teman Anda