Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Fungsi ATM Sebenarnya?

#ATM #fungsi

ATM tentu bukanlah sesuatu yang asing lagi di kehidupan kita sehari-hari, yang mana hampir semua tempat umum memiliki mesin ini. Baik itu di tempat perbelanjaan, perkantoran, perumahan, hingga di kawasan sekolah pun kini sudah terdapat banyak mesin ATM. ATM memang sangat memudahkan kita dalam keseharian, terutama pada transaksi keuangan. Namun sebenarnya apa sajakah fungsi dari mesin ATM ini? Kita kan mengulasnya lebih lanjut pada pembahasan kali ini.

Sejarah Singkat ATM

Sebelum membahas mengenai fungsi ATM, ada baiknya kita memahami dulu pengertian serta sejarah singkat dari alat ini. ATM dalam bahasa Indonesia merupakan kepanjangan dari Anjungan Tunai Mandiri, sedangkan dalam bahasa Inggris adalah Automatic Teller Machine. Seperti namanya, ATM ini merupakan pengganti dari peran teller atau petugas bank dalam memberikan layanan keuangan kepada nasabah. Jadi kita tidak perlu jauh-jauh datang dan mengantri panjang di bank untuk melakukan berbagai transaksi, kecuali yang tidak bisa dilakukan di ATM.

ATM pertama kali muncul di Amerika, Eropa, dan Jepang sekitar tahun 1950 sampai 1960-an, dan tidak diketahui dengan pasti siapa yang menemukannya terlebih dahulu. Ada beberapa nama yang disebut-sebut sebagai penemu ATM yaitu Donald C Wetzel, Luther Simjian, John Shepherd – Barron, James Godfellow. Selain itu, ada juga beberapa perusahaan yang disebut sebagai penemu ATM yaitu De La Rue, Speytec – Burroughs, Asea – Metior, dan Omron Tateisi.

Awalnya ATM berfungsi sebagai mesin pinjaman uang, dimana orang bisa meminjam uang dari mesin ini jika tidak sempat ke bank atau membutuhkan uang di luar jam operasi bank. Di Jepang misalnya, ATM pernah disebut sebagai Mesin Komputer Pinjaman yang dapat memberikan pinjaman dalam bentuk uang tunai. Kini mesin ATM digunakan dengan memasukkan kartu ATM atau kartu debit dengan chip yang menunjukkan identitas diri dan keamanan nasabah.

Fungsi ATM

Setelah mengetahui sejarah singkat dari ATM, selanjutnya kita akan mengulas apa saja fungsi dari mesin tersebut. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan mesin ATM:

1. Menarik Uang Tunai 24 Jam

Fungsi utama dan paling sering digunakan nasabah dari ATM adalah untuk menarik uang tunai kapanpun dibutuhkan. Fungsi ATM yang satu ini sangat memudahkan ketika kita sedang membutuhkan uang tunai dengan segera, karena ATM sudah banyak tersebar dimana-mana. Kita juga tidak perlu datang ke bank yang jumlahnya tidak sebanyak ATM dan memiliki batasan jam operasional.

Hal yang perlu diperhatikan adalah adanya jumlah maksimal atau limit penarikan uang tunai melalui ATM yang berbeda-beda sesuai dengan kebijakan bank terkait. Namun meski begitu, ATM tetap menjadi pilihan terbaik untuk menarik uang tunai dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, atau saat keadaan darurat. Banyak orang yang memilih untuk mengambil uang tunai di ATM dibandingkan melalui teller bank karena tidak perlu mengantri panjang dan lama.

2. Menyetor Uang ke Rekening Tabungan

Selain menarik uang tunai, ATM juga bisa digunakan untuk menyetor uang ke dalam rekening tabungan milik kita atau mengirimkannya ke rekening orang lain. Meskipun tidak semua mesin ATM memiliki fasilitas yang bisa menyetorkan uang, tapi sudah banyak ditemukan di tempat-tempat umum. Hal ini tentunya memudahkan kita dan menghemat waktu dibanding harus menyetorkan uang melalui teller bank.

3. Melakukan Pengiriman Uang

Fungsi selanjutnya dari mesin ATM adalah memudahkan kita dalam proses mengirim uang atau transfer, baik ke sesama nasabah dari bank yang sama atau bank lain. Fungsi yang satu ini tentu bukan sesuatu yang asing lagi, terutama bagi masyarakat jaman sekarang yang sering berbelanja melalui online shop. Belanja melalui online memang menuntut kita untuk melakukan transaksi tanpa bertatap muka, yang hal in berarti kita harus membayar dengan cara transfer.

4. Membayar Tagihan Rutin

Jika dulu kita harus mendatangi loket pembayaran resmi dari perusahaan air (PAM) atau listrik (PLN) untuk membayar tagihan bulanan, kini kita sudah bisa membayarnya melalui ATM. ATM memang memiliki fitur yang memudahkan kita untuk membayar tagihan rutin yang digunakan dalam sebulan, jadi kita tidak perlu repot-repot datang ke loket pembayaran.

Ada banyak jenis tagihan yang bisa dibayar melalui ATM, tergantung dengan apakah penyedia jasa tersebut bekerjasama dengan bank yang kita gunakan atau tidak. Jadi bukan hanya tagihan air dan listrik, kita juga bisa membayar tagihan telepon, internet, TV kabel, bahkan hingga asuransi dan bayaran sekolah. Selain itu, bagi Anda yang senang menyumbang untuk kegiatan sosial juga bisa menyalurkan donasi melalui fitur dalam ATM ke lembaga kepercayaan Anda.

5. Membeli Produk Lainnya

Bukan hanya produk perbankan yang bisa dibayar atau dibeli melalui ATM, namun juga berbagai produk lain yang tidak berhubungan dengan langsung dengan perbankan. Jadi tidak aneh ketika orang membeli pulsa telepon melalui ATM, atau bahkan membayar tiket pesawat. Ada berbagai penyedia produk yang bekerjasama dengan bank, sehingga kita dapat membeli produknya melalui ATM. Mulai dari pulsa dan paket internet, tiket pesawat dan kereta, tiket bioskop, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi fungsi dari mesin ATM, yang sering kita temui dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya mesin ATM sebagai tanda dari kemajuan teknologi dan jaman memang sangat memudahkan kita dalam melakukan transaksi keuangan. Bukan hanya itu, ATM juga membantu kita dalam menyelesaikan urusan lain diluar perbankan, seperti yang telah diulas diatas. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang fungsi ATM sebenarnya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.