Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Akrual? Definisi Akrual

Metode akuntansi akrual begitu bermanfaat untuk mencatat laporan keuangan secara lebih jelas. Metode tersebut begitu menguntungkan dalam mencatat pembayaran untuk produk atau layanan tertentu yang belum diterima atau dibuat. Metode satu ini juga begitu tepat dalam menilai kesehatan sebuah perusahaan atau organisasi dalam hal keuangan.

Untuk memahami apa itu akrual, pertama-tama kita harus paham terlebih dulu definisinya secara baik. Akrual sendiri bisa mengacu pada entri yang dibuat pada pembukuan. Entri tersebut terkait dengan pencatatan pendapatan atau biaya yang dibayarkan tanpa adanya pertukaran uang tunai. Agar lebih dalam memahami apa itu akrual, mari kita pelajari lebih dalam lagi.

Pengertian Akrual

Akrual merupakan istilah akuntansi serta pembukuan yang mengacu pada penyesuaian yang mesti dilakukan sebelum laporan keuangan perusahaan diterbitkan. Transaksi bisnis yang dilibatkan pada akrual bisa berupa:

  • Beban, kewajiban, dan kerugian yang telah terjadi namun belum dicatat dalam akun.
  • Pendapatan dan aset yang telah diperoleh namun belum dicatat dalam akun.

Metode akrual dianggap lebih tepat dalam menilai kesehatan organisasi terkait dengan keuangannya. Penggunaan akrual sangat berguna dalam bisnis dimana di dalamnya ada banyak transaksi kredit. Termasuk penjualan barang dan jasa secara kredit yang didalamnya tidak ada pertukaran uang tunai.

Manfaat Akrual

Penggunaan akrual begitu bermanfaat dalam meningkatkan jumlah informasi di laporan akuntansi. Sebelum menggunakan akrual, para akuntan hanya mencatat transaksi tunai pada laporan. Namun transaksi tunai saja tidak memberikan informasi jelas tentang kegiatan bisnis lainnya.

Misalnya pendapatan berdasarkan kredit hingga kewajiban yang akan dilaksanakan di masa depan. Maka dengan mencatat akrual, perusahaan mampu mengukur apa saja yang terhutang dalam jangka pendek begitu juga dengan pendapatan tunai. Dalam hal ini pun mampu memungkinkan perusahaan untuk menunjukan aset yang tidak memiliki nilai tunai.

Dengan metode akrual, seorang akuntan bisa melakukan penyesuaian untuk pendapatan yang telah diperoleh namun belum dicatat dalam akun. Begitu pula biaya yang telah digunakan namun belum dicatat dalam akun. Akrual mesti ditambahkan melalui penyesuaian jurnal sehingga laporan keuangan mampu melaporkan jumlah secara menyeluruh.

Karena berisi pendapatan dan pengeluaran yang tidak terjadi selama periode akuntansi serta tanpa faktur atau pembayaran yang dilakukan, akrual bisa berupa angka yang diperkirakan karena faktur dan ketika diterima yang mungkin memiliki perhitungan berbeda.

Sebab jika faktur sudah diterima, perusahaan mencatat jumlah di bawah hutang yang dibayarkan dan kemudian akan dikumpulkan di neraca.

Contoh Akrual dari Biaya/Pengeluaran

Salah satu contoh akrual dari pembukuan biaya adalah akrual pengeluaran dan kewajiban. Akrual tersebut merupakan perbaikan besar yang terjadi di bulan terakhir tahun akuntansi. Namun Semua tagihan tersebut tidak dibayarkan sampai tagihan diterima pada bulan pertama tahun berikutnya.

Hal ini berfungsi agar laporan keuangan tahunan yang sedang terjadi menjadi lengkap. Maka diperlukan sejumlah hal dalam menjalankan metode satu ini. Antara lain:

  • Laporan laba-rugi untuk tahun berjalan. Laporan tersebut juga harus melaporkan biaya perbaikan.
  • Neraca pada hari terakhir tahun berjalan dan harus melaporkan liabilitas yang terkait.

Untuk mencatat akrual tersebut, perlu dibuat entri untuk menyesuaikan debit biaya perbaikan dan kredit biaya yang masih harus dibayar.

Contoh lain untuk akrual pengeluaran adalah bonus karyawan yang diperoleh pada tahun 2018. Namun bonus tersebut akan dibayarkan hingga tahun 2019. Maka laoran keuangan 2018 perlu menuliskan biaya bonus dan kewajiban bonus. Sebelum menerbitkan laporan keuangan 2018, diperlukan entri penyesuaian untuk mencatat akrual tersebut.

Akuntan perlu meningkatkan biaya dan menuliskan kewajiban tersebut. Setelah pembayaran dilakukan di tahun 2019, kewajiban akan dieliminasi dan secara otomatis uang tunai akan berkurang.

Akrual pengeluaran juga bisa terjadi pada bunga. Misalnya perusahaan dengan obligasinya akan dikenai biaya bunga. Bunga obligasi biasanya dibayarkan tiap enam bulan. Namun beban bunga tetap dicatat sebagai jumlah yang telah bertambah pada tanggal laporan keuangan. Liabilitas bunga terkait pun akan dicatat di neraca.

Contoh Akrual Pendapatan

Contoh akrual pendapatan bisa dilihat di pada perusahaan listrik. Misalnya selama bulan Desember, perusahaan cenderung menggunakan gas alam dan/atau batu bara serta banyak karyawan tidak menggunakan banyak listrik untuk para pelanggan di bulan tersebut.

Akan tetapi, utilitas tidak menagih para pelanggannya untuk listrik tersebut sampai pembacaan meteran di bulan Januari. Akibatnya, laporan keuangan akan memerlukan penyesuaian akrual sehingga menimbulkan beberapa hal sebagai berikut:

  • Laporan laba rugi untuk bulan Desember dan tahun berjalan akan melaporkan semua pendapatan yang diperoleh perusahaan listrik.
  • Neraca 31 Desember akan melaporkan aset lancar untuk jumlah yang berhak diterima dari pelanggan. Hal ini termasuk jumlah untuk listrik yang disediakan bulan Desember.
  • Penyesuaian akrual akan mendebit aset lancar piutang tak tertagih dan akan mengkredit laporan laba rugi dari pendapatan listrik yang masih ada.

Jika anda menjual barang/jasa secara kredit, maka penjualan dicatat dalam buku berdasarkan faktur yang dihasilkan. Ada kemungkinan bahwa anda belum menerima pembayaran dengan uang tunai pada waktu tertentu.

Suatu biaya dicatat ketika bahan mentah dipesan. Bukan ketika pembayaran aktual dilakukan kepada pemasok dengan uang tunai/cek. Maka satu-satunya kelemahan dari sistem akuntansi ini adalah anda harus membayar pajak pendapatan pada akhirnya meskipun anda belum menerima pendapatan tersebut.

Dengan metode akrual, beban akuntansi diimbangi dengan pendapatan pada laporan laba dan rugi. Hal ini juga akan memberikan gambaran lebih baik mengenai kondisi keuangan perusahaan.

Sampai disini, kita mungkin sudah memiliki gambaran soal apa itu definisi akrual. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu akrual? definisi akrual, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Utang Jangka Panjang?
Prinsip Dasar Akuntansi
Apa itu Price to Book Value?
Apa itu Utang Hipotek?
Apa itu Rasio Profit Margin?
Apa itu Utang Beban?
Apa itu Return on Equity (ROE)?
10 Alasan Mengapa Usaha Kecil Butuh Akuntan
Apa itu EBITDA?
Apa itu Utang Jangka Pendek?


Bagikan Ke Teman Anda