Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Asuransi? Ayo Mengenal Asuransi!

#asuransi

Berbeda dengan 2 (dua) dekade yang lalu, saat ini proses pembelian barang konsumsi tertentu sering disertai dengan fasilitas asuransi. Ya, asuransi melindungi konsumen dan orang yang ditanggung dalam asuransi tersebut dari berbagai musibah dan bencana dengan mengambil alih risiko yang mungkin terlampau berat untuk ditanggung. Jika kebetulan Anda membeli mobil atau rumah, maka kemungkinan besar Anda bakal diminta bergabung menjadi nasabah asuransi.

Peminjam tentu tidak akan bersedia memberi pinjaman ratusan juta rupiah pada kita untuk membeli rumah kalau saja mereka tahu bahwa ketika rumah itu terbakar kita akan pergi begitu saja dan berhenti membayar cicilan karena, tentu saja, kita lebih membutuhkan uang untuk membangun tempat tinggal baru. Kekhawatiran yang sama juga terjadi saat sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi. Orang yang menabrak, dan kebetulan yang bersangkutan tidak punya asuransi, bisa saja pergi mengabaikan semua korbannya begitu saja tanpa perlu merasa bertanggung jawab mencarikan jalan keluar dan mengganti biaya pengobatan. Lihat, risiko bisa menghadang di mana saja, bukan?

Secara garis besar, risiko terbagi menjadi 4 (empat) kategori:

  1. preventables risks
  2. minimizables risks
  3. avoidables risks
  4. unforeseeable risks

Keempat jenis risiko inilah yang ditangani oleh asuransi. Lalu, apa itu sebenarnya asuransi? Bagaimana dia bekerja?

Asuransi merupakan sejenis kontrak yang dilakukan antara perusahaan penyedia jasa asuransi dengan kliennya. Dalam perjanjian kontrak tersebut perusahaan asuransi sepakat untuk menanggung semua biaya yang dibutuhkan ketika di masa depan terjadi sejumlah peristiwa tertentu sebagaimana tercantum dalam pasal perjanjian.

Contoh paling sederhana, misalnya, adalah dalam polis asuransi mobil perusahaan asuransi setuju bahwa jika mobil klien rusak maka perusahaan asuransi akan membayar biaya perbaikannya. Sementara itu, dalam polis proteksi pendapatan atau income protection policy, perusahaan asuransi setuju bahwa jika kliennya tidak mampu bekerja maka perusahaan asuransi akan membayar kliennya sebesar nilai yang telah disepakati.

Adapun ilustrasi cakupan perlindungan finansial asuransi adalah sebagai berikut:

  • kebakaran rumah
  • perampokan di apartemen
  • body mobil rusak gara-gara kecelakaan
  • pembayaran biaya medis pasien yang terluka akibat kecelakaan
  • disabilitas jangka panjang
  • kematian tulang punggung keluarga
  • pembedahan
  • pemenuhan kebutuhan mendasar rumah tangga, dll

Lalu, apa yang membuat polis asuransi layaknya sejenis kontrak khusus?

Alasan mengapa kita menyebut sebuah polis asuransi sebagai sejenis kontrak khusus adalah karena ada sejumlah karakteristik tertentu yang berhubungan dengan satu polis asuransi yang tidak terkait dengan bagian kontrak lainnya. Secara khusus, polis asuransi merupakan sebuah kontrak yang benar-benar bisa dipercaya. Hal ini berarti bahwa perusahaan asuransi dan pihak atau individu yang terasuransikan sama-sama memiliki kewajiban penting yang tidak tercantum dalam kontrak normal. Hal ini mencakup kewajiban untu terbuka dan terus terang serta kewajiban untuk tidak melayangkan pernyataan salah saat hendak menjalankan klaim.

Ini sebabnya mengapa perusahaan asuransi bisa saja menolak untuk membayar klaim Anda jika Anda tidak menceritakan secara lengkap pada perusahaan asuransi tersebut semua informasi yang dibutuhkan ketika Anda hendak mendaftar atau memperbarui asuransi yang sama. Sejumlah kewajiban yang muncul dalam sebuah kontrak asuransi dapat saja begitu memberatkan individu yang diasuransikan, dan ini menjadi dasar pemerintah melakukan sejumlah perombakan di sektor industri asuransi.

Karakteristik khusus dari kontrak asuransi juga menempatkan beban berat pada perusahaan penyedia jasa asuransi. Perusahaan tersebut harus menempuh jalan yang benar, dan kegagalan dalam rangka melakukan proses tersebut bisa merusak citra perusahaan asuransi tersebut. Sebagai tambahan, karena banyak polis asuransi merupakan kontrak yang ditujukan untuk memberi kenyamanan di kala genting dan memusingkan, satu kegagalan sebuah perusahaan asuransi untuk memenuhi kewajibannya dapat berujung pada kekalahan di pengadilan.

Perlu diingat kembali bahwa karena sebuah polis asuransi itu merupakan sejenis kontrak, maka penting sekali untuk mengingat bahwa berbagai kewajiban perusahaan asuransi dan orang yang ditanggung banyak terikat dalam kontrak tersebut – yang sering dinamakan sebagai polis. Jadi, sebelum tiba pada kesimpulan tentang apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan oleh perusahaan asuransi atau apa saja kewajiban Anda, maka penting sekali untuk terlebih dahulu membaca kontrak atau polis asuransi Anda. Tanyakan pada agen asuransi apakah mungkin Anda mendapat satu salinan polis jika Anda belum mendapatkannya sama sekali, dan baca semua pasal yang ada di sana dengan seksama. Jika memang diperlukan, hindari generalisasi.

Memang banyak polis asuransi yang mirip satu sama lain, tapi, percayalah, tidak ada yang sama-sama mirip. Menariknya, karakteristik khusus dari kontrak asuransi tersebut juga memberi kewajiban yang sangat penting pada perusahaan asuransi. Perusahaan penyedia jasa asuransi harus bisa dipercaya dan kegagalan untuk melakukan hal tersebut berujung pada kerusakaan atau kehancuran perusahaan penyedia jasa asuransi di titik tertentu.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang asuransi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Asuransi Jiwa? Ayo Mengenal Asuransi Jiwa!
Apa Keuntungan Membeli Asuransi Jiwa? Ini Dia Jawabannya.
Apa itu Asuransi Kesehatan? Mari Mengenal Asuransi Kesehatan!
Bagaimana Perusahaan Asuransi Mendapat Uang? Ini Penjelasannya!
Seberapa Penting Asuransi Perjalanan itu?
Ini Dia Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan itu Penting
Apa itu Asuransi Mobil? Mengapa Harus Diambil?
Kenapa Asuransi Perjalanan (Asuransi Travel) itu Penting? Ini Penjelasannya!
Mengapa Asuransi Mobil Diwajibkan di Beberapa Negara?
Daftar Gaji Fresh Graduate (Lulusan Baru) Tahun 2018


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.