Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Asuransi Jiwa? Ayo Mengenal Asuransi Jiwa!

#asuransi #asuransi jiwa

Ketidakpastian di masa depan serta potensi akan adanya ancaman finansial jika sesuatu menimpa seseorang merupakan dalih utama mengapa orang ikut serta menjadi nasabah asuransi jiwa. Asuransi jenis ini dapat melindungi keamanan finansial orang yang Anda sayangi dengan memberi mereka uang bebas-pajak sepeninggal Anda. Adapun jumlah dan tipe cakupan yang Anda pilih akan sepenuhnya tergantung pada kondisi dan kebutuhan Anda. Meski saat ini Anda telah terjamin asuransi jiwanya dari kantor, asuransi tersebut mungkin tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda – dan cakupannya pun akan habis ketika karir Anda selesai di kantor tersebut. Biaya asuransi jiwa yang Anda beli sebagai seorang individu sepenuhnya tergantung pada usia, jenis kelamin, kesehatan, riwayat medis dan juga gaya hidup Anda.

Secara umum ada beberapa tipe asuransi jiwa, yang dijabarkan sebagai berikut.

1. Term life insurance

Asuransi jenis ini sederhana dan mudah diikuti, dan akan memberi nilai jumlah asuransi yang tetap selama kurun waktu tertentu. Ketika Anda meninggal, polis akan membayar sejumlah uang bebas-pajak pada mereka yang masuk dalam daftar tanggungan Anda. Asuransi jenis ini memberi perlindungan sementara yang bisa Anda atur sedemikian rupa guna memenuhi perubahan kebutuhan Anda.

2. Permanent life insurance

Biasa dinamakan juga dengan whole life insurance, asuransi ini melindungi Anda selama Anda masih hidup dan beberapa di antaranya bisa mewujudkan ‘cash value’ di sepanjang waktu. Biaya setoran untuk asuransi ini biasanya dijamin tidak akan meningkat dari sejak pertama Anda membeli polisnya. Sementara itu, ada pula perencanaan permanent insurance yang memberi peluang bagi Anda untuk membayar sejumlah uang selama kurun waktu terbatas dan, uniknya, Anda tidak perlu membayar lagi

3. Participating life insurance

Asuransi jiwa jenis ini merupakan sejenis asuransi whole life yang memungkinkan nasabahnya untuk mendapatkan dividen. Jumlah nilai tanggungan dan premium yang Anda pilih sepenuhnya dijamin seumur hidup. Dengan menggunakan asuransi jiwa jenis ini, Anda dapat menggunakan dividen-nya untuk menambah uang tanggungan, mengurangi premi tahunan, mencari keuntungan dari bunga atau sekedar mengambilnya dalam bentuk tunai.

4. Universal life insurance

Asuransi jiwa jenis ini tergolong fleksibel dan mengkombinasikan antara proteksi dan tabungan. Di asuransi jenis ini, Anda bisa memilih uang tanggungan yang bakal dibayarkan pada individu yang masuk dalam daftar tanggungan Anda.

Mungkin Anda saat ini masih gamang akan perlu tidaknya melibatkan diri ke dalam praktik bisnis asuransi jiwa ini. Namun, jika Anda cermati, ada sejumlah hal yang membuat Anda wajib untuk segera bergabung dalam asuransi jiwa:

  • Jika Anda memiliki anak, orang tua, atau orang cacat dalam keluarga, atau
  • JIka Anda kebetulan menyokong kehidupan kedua orang tua Anda

Mungkin sedikit yang menyadari, tapi asuransi jiwa jenis life insurance merupakan rencana finansial jangka panjang. Agar lebih mudah dalam menjad nasabah life insurance dan tidak terjebak dalam memilih polis dan jenis asuransi yang tepat, ada baiknya Anda mempelajari seberapa cepat dana akan diperoleh oleh penyedia jasa asuransi jiwa.

Tujuan asuransi jiwa adalah memberikan keamanan finansial pada keluarga Anda sepeninggal Anda. Jadi, sebelum membeli polis asuransi jiwa, terlebih dahulu Anda pelajari kondisi finansial Anda dan standar hidup yang ingin Anda pertahankan bagi mereka yang terkasih di rumah. Sangatlah penting untuk mengevaluasi kembali polis asuransi jiwa Anda setiap tahunnya atau ketika Anda mengalami sebuah peristiwa besar dalam hidup seperti pernikahan, perceraian, kelahiran atau adopsi seorang anak, atau membeli sebuah perangkat baru yang mahal seperti rumah atau mobil. Kurang lebih ada 3 (tiga) komponen dari kontrak asuransi jiwa yang dijadikan dasar, yaitu: death benefit; pembayaran premi dan cash value account.

Yang dimaksud dengan ‘death benefit’ adalah sejumlah uang yang bakal diterima oleh mereka yang Anda tanggung setelah Anda wafat. Berapa jumlah ‘death benefit’ yang bakal diterima sepenuhnya ditentukan oleh nilai asuransi yang Anda ikuti. Adapun pembayaran premi di sini nilainya dihasilkan dari perhitungan perusahaan asuransi sedemikian rupa agar bisa menutupi biaya kematian. Faktor-faktor seperti usia Anda, sejarah medis personal dan keluarga dan gaya hidup merupakan faktor penentu risiko utama nilai premi yang harus dibayarkan. Sementara ‘cash value’ di sini memiliki dua fungsi; pertama, sebagai tabungan yang memungkinkan Anda untuk mengakumulasikan uang; dan, kedua, sebagai sarana investasi yang dapat ‘digunakan’ oleh perusahaan asuransi untuk kemudian Anda selaku nasabah mendapatkan semacam bagi hasil.

Polis asuransi jiwa memberi perlindungan pada pemegang polis dan mereka yang disayangi dengan pemahaman bahwa permasalahan finansial yang muncul bersamaan dengan kematian seseorang adalah sesuatu yang dapat dihindari atau diantisipasi dengan mudah. Asuransi jiwa sangat berperan besar dalam memberi kesempatan keluarga yang ditinggalkan untuk sejenak merasakan hidup ‘normal’ sepeninggal tulang punggung keluarga; dan mempersiapkan kehidupan berikutnya tanpa dukungan finansial kepala keluarga.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang asuransi jiwa, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.