Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Asuransi Kesehatan Cashless?

#asuransi kesehatan #cashless

Alasan utama seseorang membeli rencana asuransi kesehatan tentunya adalah untuk memastikan bahwa mereka bisa mendapatkan perawatan yang tepat dengan tarif yang terjangkau. Tiap orang tentunya tidak ingin besarnya biaya pengobatan menghalangi mereka untuk mendapatkan perawatan terbaik pada saat yang amat dibutuhkan.

Asuransi kesehatan cashless merupakan salah satu jenis asuransi kesehatan yang dapat Anda pelajari saat ini dan mungkin dapat Anda jadikan pilihan untuk diri Anda maupun orang terdekat yang sedang membutuhkan hal serupa.

Apa itu asuransi kesehatan cashless?

Seperti namanya, cashless yang berarti tanpa uang tunai, asuransi kesehatan ini menghubungkan secara langsung perusahaan asuransi dengan rumah sakit atau pemberi jasa layanan kesehatan serupa. Segala macam tagihan yang berhubungan dengan kesehatan akan langsung ditagihkan oleh rumah sakit pada perusahaan asuransi.

Di antara pihak rumah sakit dan perusahaan asuransi ada pihak ketiga yang akan menyelesaikan pembayaran tagihan individu yang diasuransikan. Dengan begini Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk mendapatkan perawatan maupun saat meninggalkan rumah sakit. Sehingga penting pula bagi individu untuk mengetahui apa saja peran rumah sakit dan apa saja jenis perawatan yang di-cover oleh pihak asuransi serta berapa banyak yang dapat dibayarkan oleh mereka.

Bagaimana cara kerjanya?

Pemberi jasa asuransi kesehatan cashless memiliki perjanjian dengan berbagai rumah sakit yang menyatakan bahwa para pasien dengan asuransi jenis ini tidak perlu membayar apapun untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit tersebut. Tagihan perawatan/pengobatannya akan langsung dibebankan dan dibayarkan oleh perusahaan asuransi. Untuk dapat menikmati fasilitas ini Anda perlu mengetahui rumah sakit mana saja yang menjadi partner perusahaan asuransi saat Anda mendaftarkan diri dalam rencana asuransi kesehatan jenis ini.

Biasanya ada dua jenis pelayanan yang Anda dapatkan melalui asuransi kesehatan ini, yaitu:

1. Perawatan yang direncanakan

Anda sudah mengetahui kapan Anda akan diopname beberapa hari sebelumnya, sehingga Anda punya cukup waktu untuk memutuskan rumah sakit mana yang akan Anda tuju dan manfaatkan jasa asuransinya.

Saat Anda sudah mengetahui dan memutuskan akan menuju rumah sakit mana, bawa kartu asuransi atau data diri Anda ke sana dan mintalah formulir untuk otorisasi mengenai perawatan yang akan Anda jalani ada yang diisi oleh pasien, ada pula yang harus diisi oleh dokter yang merawat Anda. Formulir ini diserahkan pada perusahaan asuransi.

Setelah pihak perusahaan memeriksa otentitas Anda, pihak ketiga akan memrosesnya untuk mengetahui apakah pengajuan klaim Anda diterima atau ditolak. Bila diterima, maka pihak ketiga akan menghubungi rumah sakit untuk membayarkan biaya perawatan sejumlah yang tertagih.

2. Perawatan darurat

Bila Anda memerlukan perawatan darurat, pastikan bahwa Anda mengurus klaim asuransi ini dalam kurun waktu 24 setelah masuk rumah sakit. Tunjukkan kartu penyedia informasi asuransi Anda pada pihak rumah sakit (berisi nama, nomor polis, perusahaan asuransi, dan tipe asuransi Anda), lantas Anda dapat mengisi formulir yang diharuskan. Biasanya pihak ketiga dapat memroses klaim asuransi darurat ini dalam waktu enam jam agar pasien segera mendapatkan perawatan.

Keuntungan asuransi kesehatan cashless

Asuransi kesehatan jenis ini dapat mengurangi beban finansial pasien dan membantunya untuk menjalani proses pengobatan dan penyembuhan dengan lebih tenang. Selain itu, dapat pula membantu pasien yang tidak selalu memiliki uang tunai untuk membayar fasilitas pengobatan.

Kemudahan dalam mendapatkan perawatan kesehatan tanpa harus mengeluarkan uang tunai harusnya cukup untuk meyakinkan Anda membeli polis asuransi ini. Namun asuransi tipe ini akan lebih menguntungkan bagi Anda yang merupakan self-employed atau freelancer.

Hal ini karena biasanya para self-employed (individu yang bekerja sendiri, bukan karyawan) dan freelancer (pekerja lepas) tidak memiliki pemasukan yang tetap setiap bulannya. Sehingga polis asuransi yang cashless dapat memberikan keuntungan bagi mereka dalam kondisi darurat.

Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang kerap bepergian jauh atau sedang merencanakan perjalanan ke luar negeri. Dalam kondisi tidak membawa uang yang cukup atau tidak memiliki keluarga dan orang terdekat yang dapat dimintai bantuan pada saat-saat darurat di negara orang, polis asuransi ini tentunya dapat memberi manfaat bagi Anda.

Apa yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi jenis ini?

Saat membeli polis asuransi, selalu perhatikan batasan biayanya, seberapa banyak yang dapat mereka berikan, seberapa luas perlindungan diri yang ditawarkan, serta rumah sakit mana yang bekerja sama dan menerima jenis asuransi kesehatan cashless ini.

Perhitungkan juga risiko keterlambatan atau lamanya respon dari pihak ketiga yang harus mengevaluasi dan mengurus klaim asuransi Anda. Buruknya hubungan atau komunikasi antara pihak ketiga yang dipekerjakan perusahaan asuransi dan pihak rumah sakit dapat menghambat proses perawatan yang seharusnya Anda dapatkan, maupun izin untuk meninggalkan rumah sakit.

Memilih polis asuransi kesehatan terbaik dari pilihan yang ada di pasaran bisa jadi hal yang menjenuhkan. Sehingga manfaatkan informasi yang dapat Anda temukan secara online untuk mengeliminasi perusahaan yang rencana asuransinya tidak menarik atau menguntungkan bagi Anda sebelum melangkah lebih lanjut dan menghubungi representatifnya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang asuransi kesehatan Cashless, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.