Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Asuransi Kesehatan? Mari Mengenal Asuransi Kesehatan!

#asuransi #asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu wujud pengembangan bisnis asuransi yang cukup menuai sukses. Tingginya jumlah penduduk dan rendahnya pemahaman akan hidup sehat membuat bisnis ini laris manis dan memberi sejumlah keunggulan dibanding mereka yang tidak bergabung menjadi nasabah asuransi kesehatan tertentu. Fitur yang biasa dijadikan keunggulan asuransi kesehatan antara lain seperti waktu antri yang lebih pendek, diagnosa yang lebih cepat dan fasilitas yang lebih baik. Namun, di luar sisi positif yang ditawarkan, apa sebenarnya asuransi kesehatan itu dan seberapa penting ia berkontribusi terhadap kesehatan seseorang? Tulisan ini dimaksudkan untuk mengeksplor lebih jauh soal asuransi kesehatan dan berbagai seluk-beluknya.

Dapat dikatakan bahwa asuransi kesehatan merupakan sejenis layanan asuransi yang memungkinkan penggantian atau pembayaran keperluan medis dan operasi nasabahnya. Praktiknya, asuransi kesehatan mengganti biaya yang telah dikeluarkan untuk perawatan atau langsung dikeluarkan bersamaan dengan kemunculan kebutuhan tersebut. Biaya premi asuransinya sendiri diambil dari nasabah sementara uang hasil gantinya sifatnya bebas-pajak.

Asuransi kesehatan dirancang sedemikian rupa agar jika nantinya seorang nasabahnya memerlukan perawatan medis yang bersangkutan tidak perlu antri terlalu lama atau membayar ongkos perawatan dan pengobatan terlampau besar. Sebagai gantinya, asuransi kesehatan lah yang akan melakukan pembayaran. Tidak hanya itu, sejumlah asuransi kesehatan memberi layanan yang lebih prima dengan terlebih dahulu merujuk nasabahnya (yaitu pasien) untuk menjalani konsultasi medis sebelum ditempatkan di rumah sakit yang tepat dan nyaman yang telah disepakati dalam klausul perjanjian.

Adalah asuransi kesehatan yang memungkinkan Anda, sebagai nasabahnya, untuk bebas memilih rumah sakit swasta yang dikehendaki dan masuk dalam kategori rumah sakit yang disepakati saat perjanjian klausul asuransi kesehatan. Rasa sakit tidak terlampau terasa karena Anda relatif lebih nyaman dan tenang dalam menjalani perawatan dalam kamar yang lebih luas dan enak serta ada pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi selama itu tidak kontraproduktif dengan kesehatan dan perawatan.

Banyak hal yang masuk dalam cakupan asuransi kesehatan; dan itu juga tergantung pada jenis dan kelas premi asuransi yang Anda bayarkan. Yang masuk dalam cakupan asuransi kesehatan mulai dari obat-obatan eksklusif, perawatan inap di rumah sakit, pemindaian dan bahkan tindakan operasi atau bedah. Asuransi kesehatan juga bisa berfungsi untuk perawatan pasien inap, dimana Anda memerlukan menginap di rumah sakit guna mempermudah perawatan. Asuransi kesehatan juga bisa membiayai pasien rawat jalan dimana Anda, misalnya, diharuskan mengunjungi dokter spesialis atau konsultan tertentu. Hanya saja, yang satu ini biasanya memiliki nilai polis lebih tinggi.

Apa layanan yang bakal Anda rasakan, itu semua tergantung pada pilihan yang Anda ambil saat bernegosiasi soal harga dan jenis polis asuransi kesehatan. Namun, ada pula layanan kesehatan yang tidak dijamin pembayarannya oleh asuransi kesehatan. Contohnya adalah penyakit kronis, penyalahgunaan obat terlarang, transplantasi organ, kelahiran normal serta berbagai perawatan kosmetik yang tidak esensial. Lalu, jenis asuransi kesehatan yang seperti apakah yang harus diambil seseorang calon nasabah?

Ketika tengah mempertimbangkan asuransi kesehatan yang seperti apa yang hendak diambil, calon nasabah harus paham bahwa ada 2 (dua) jenis cakupan asuransi ksesehatan, yakni moratorium underwriting dan full medical underwriting. Apa beda antar keduanya?

Dengan moratorium underwriting Anda cukup memberi informasi terbatas pada provider Anda. Hanya saja, perusahaan asuransi tidak akan mengganti pengeluaran Anda untuk sembarang kondisi yang mempengaruhi Anda selama beberapa tahun terakhir ini. Setelah sekian lama, baru perusahaan asuransi akan mengganti pengeluaran Anda sebagaimana persayaratan dan ketentuan yang Anda sepakati.

Sementara itu, dengan full medical underwriting, Anda diminta untuk memberi catatan lengkap atas riwayat medis Anda sebagai bagian dari proses pendaftaran. Anda nantinya memang bakalan mendapat cakupan perlindungan lebih luas tapi juga nantinya dikenakan biaya lebih tinggi. Tidak mengherankan dan merupakan sesuatu yang sah jika untuk memenuhi ketentuan proses ini perusahaan asuransi menyurati dokter Anda guna mendapat informasi lebih lengkap lagi. Untuk konsumen dengan usia di atas 75 tahun kebanyakan perusahaan asuransi mengeluarkan kebijakan full medical underwriting.

Asuransi kesehatan memberi jaminan layanan kesehatan yang lebih prima dan memiliki akuntabilitas lebih tinggi mengingat sifatnya yang berbasis profit. Hal ini berbeda dari praktik layanan kesehatan nasional yang biasa dijalankan oleh pemerintah yang kualitas pelayanannya cenderung generik dan kurang memuaskan.

Salah satu hal yang menyenangkan dari asuransi kesehatan adalah cakupannya yang ada kalanya bersifat internasional. Tidak mengherankan jika para ekspatriat maupun pelajar hingga wisatawan cenderung memilih asuransi kesehatan swasta karena memudahkan perawatan mereka saat ada di luar negeri. Isu kesehatan dan perawatan kesehatan menjadi lebih krusial dan penting untuk dipenuhi ketika seseorang tengah berada di negeri orang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang asuransi kesehatan, semoga bermanfaat bagi Anda semua,



Belum Berkeluarga, Pilih Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan?
Ini Dia Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan itu Penting
Apa Keuntungan Membeli Asuransi Jiwa? Ini Dia Jawabannya.
Mengapa Asuransi Mobil Diwajibkan di Beberapa Negara?
Bagaimana Perusahaan Asuransi Mendapat Uang? Ini Penjelasannya!
Seberapa Penting Asuransi Perjalanan itu?
Apa itu Asuransi Jiwa? Ayo Mengenal Asuransi Jiwa!
Apa itu Asuransi? Ayo Mengenal Asuransi!
Apa itu Asuransi Kesehatan Cashless?
Kenapa Asuransi Perjalanan (Asuransi Travel) itu Penting? Ini Penjelasannya!


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.