Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Asuransi Mobil? Mengapa Harus Diambil?

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, pasti pernah mendengar tentang asuransi mobil. Sama seperti asuransi lainnya, asuransi mobil adalah layanan perlindungan untuk kendaraan pribadi miliki seseorang (dan dalam kasus ini adalah mobil) yang diberikan oleh pihak penyedia jasa asuransi. Dengan membayar premi asuransi dalam jumlah terttentu setiap bulannya, pihak asuransi akan memberikan penggantian sejumlah dana ketika kendaraan mengalami kecelakaan, kerusakan, pencurian dan kemalangan lainnya.

Memiliki kendaraan pastinya beresiko terhadap kecelakaan dan kehilangan. Terlebih lalu lintas di beberapa kota besar di Indonesia bisa sangat padat dan masih banyak pengemudi yang ugal-ugalan. Badan kesehatan dunia, WHO, mencatat bahwa kecelakaan lalu lintas adalah penyebab kematian terbesar di Indonesia selain jantung koroner dan TBC. Kenyataanya setiap hari selalu ada terdengar berita kecelakaan lalu lintas dimana-mana. Bahkan ketika Anda sebagai pengemudi sudah berusaha sehati-hati mungkin, ketika ada pengendara lain yang ugal-ugalan, bisa saja Anda terkena imbasnya.

Untuk mengurangi resiko kematian atau luka yang serius karena kecelakaan, semakin hari produsen otomotif terus meningkatkan kualitas keamanan mobil yang diproduksinya. Namun, tetap saja resiko kendaraan rusak karena kecelakaan atau kecerobohan di jalan sangatlah besar. Mulai dari bodi mobil yang tergores hingga rusak total bisa terjadi. Dan khusus kendaraan mobil dan roda empat lainnya, ongkos perbaikan tentu tidaklah murah. Di samping itu, tingkat pencurian kendaraan bermotor di Indonesia juga terbilang cukup tinggi. Mobil yang Anda parkir baik-baik di halaman rumah bisa saja dipecah kacanya, dibobol kuncinya dan bahkan hilang tak berbekas. Karena itulah asuransi mobil dapat sangat meringankan biaya yang ditanggung pemilik jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jenis-jenis asuransi mobil

Untuk meminimalisir kerugian dalam memiliki mobil pribadi, mengambil asuransi mobil sangatlah disarankan. Memang jumlah premi yang harus dibayarkan mungkin terkesan mahal pada awalnya, terlebih jika mobil Anda jarang dipakai atau lingkungan tempat tinggal Anda sudah cukup aman. Namun, kita tidak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi di kemudian hari. Percayalah bahwa mengasuransikan mobil akan memberikan kelegaan pada diri ketika tagihan diterima saat mobil Anda rusak atau terlibat kecelakaan lalu lintas. Hingga saat ini ada dua jenis asuransi yang ditawarkan kepada pemilik mobil sesuai dengan kebutuhan dan situasinya. Anda bisa memilih mana yang paling tepat dengan premi yang paling menguntungkan situasi Anda sebagai berikut:

  • Asuransi mobil All Risk

Dengan mengambil pilihan asuransi All Risk, maka perusaan asuransi akan menanggung segala kerusakan yang dialami oleh mobil baik besar maupun kecil. Bahkan jika pemilik ingin mengklaim asuransi hanya untuk membetulkan satu goresan kecil, pihak asuansi akan menggantinya. Biasanya jika membeli mobil baru dengan cara kredit, asuransi jenis ini sudah termasuk dalam perjanjian pembelian. Semakin lama waktu cicilan maka semakin besar premi yang harus dibayarkan. Tentu saja dengan perlindungan yang menyeluruh seperti ini, premi asuransinya akan jauh lebih tinggi, namun pemilik sudah tidak perlu khawatir lagi akan resiko kerusakan dan kehilangan yang mungkin terjadi.

  • Asuransi mobil Total Loss Only (TLO)

Asuransi jenis ini hanya akan mengganti jika mobil mengalami kerusakan total atau kehilangan total. Yang dimaksud dengan kerusakan total adalah kerusakan yang terjadi di atas 75%. Jadi apabila kerusakan yang terjadi kurang dari itu, maka pemilik tidak akan mendapat penggantian dari pihak asuransi. Preminya tentu saja jauh lebih rendah daripada asuransi all risk, namun pemilik tidak dapat mengklaim asuransi tersebut selama mobil masih bia berjalan dengan baik walaupun seandainya bodi mobil sudah pesok-pesok dan penuh gores.

Selain memilih salah satu dari asuransi di atas, pemilik juga bisa mengkombinasikan kedua asuransi tersebut. Misalkan, Anda baru saja membeli mobil Toyota Alphard 2 4LX seharga Rp. 775.000.000, sangat disarankan untuk mengambil asuransi All Risk pada tahun-tahun pertama. Untuk mobil mewah yang relatif baru, tentu saja spare part dan biaya perbaikan masih cukup mahal. Bahkan jika mobil mengalami lecet atau gores, tentu Anda akan merasa sayang karena baru saja membelinya. Dengan mengambil asuransi All Risk, perbaikan-perbaikan tersebut tidak perlu menghawatirkan Anda lagi. Setelah memasuki tahun ketiga dan seterusnya, Anda bisa beralih ke Asuransi TLO karena tentu saja harga spare part dan ongkos perbaikan sudah relatif turun dan mungkin kondisi mobil sudah tidak sprima dulu.

Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi pribadi dan lingkungan sekitar saat memilih asuransi. Terutama jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi, sering berkendara jauh, tinggal di kota besar yang rawan curanmor atau memiliki bisnis persewaan mobil atau kursus mengemudi. Mengambil asuransi All Risk akan sangat menguntungkan karena resiko rusak ringan karena kecelakaan, kecerobohan dan tindak kriminal setiap harinya sangatlah besar. Tetapi jika mobil yang Anda miliki sudah berusia cukup lama, jarang dipakai dan lebih sering diparkir di dalam rumah, maka asuransi TLO saja sudah cukup untuk mengantisipasi resiko kehilangan dan kerusakan yang mungkin terjadi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang asuransi mobil dan mengapa harus diambil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Keuntungan Membeli Asuransi Jiwa? Ini Dia Jawabannya.
Apa itu Asuransi Jiwa? Ayo Mengenal Asuransi Jiwa!
Mengapa Asuransi Mobil Diwajibkan di Beberapa Negara?
Mengapa Asuransi Mobil Seharusnya Wajib?
Seberapa Penting Asuransi Perjalanan itu?
Bagaimana Perusahaan Asuransi Mendapat Uang? Ini Penjelasannya!
Serba-serbi tentang Asuransi Unit Link
Apa itu Asuransi Kesehatan? Mari Mengenal Asuransi Kesehatan!
Kenapa Asuransi Perjalanan (Asuransi Travel) itu Penting? Ini Penjelasannya!
Apa itu Asuransi? Ayo Mengenal Asuransi!


Bagikan Ke Teman Anda