Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Asuransi Penyakit Kritis?

Belakangan produk asuransi penyakit kritis sedang naik daun dengan berbagai alasan. Pertama; produk ini dinilai bisa memberikan perlindungan yang lebih baik pada penderita penyakit kritis dibanding dengan asuransi kesehatan. Peserta asuransi bisa melakukan diklaim secara lump sum (sekaligus) untuk mendapatkan dana ratusan juta rupiah bahkan milyaran.

Kedua; banyak fitur menarik yang ditawarkan pihak asuransi ditambah dengan fenomena belakangan yang sedang berkembang. Banyak masyarakat menderita penyakit kritis, dimana awalnya mereka memiliki keuangan yang mempuni tetapi akhirnya harus bangkrut karena mahalnya perawatan. Akhirnya asuransi penyakit kritis jadi pilihan.

Sayangnya banyak tertanggung yang salah memahami soal apa itu asuransi penyakit kritis. Banyak tertanggung yang tidak memahami polis yang diperjanjikan. Akhirnya banyak klaim yang tidak bisa dipenuhi pihak penanggung. Inilah yang kemudian jadi alasan ketiga asuransi penyakit kritis jadi semakin naik daun. Lantas apa itu asuransi penyakit kritis sebenarnya?

Pengertian Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi penyakit kritis adalah terjamahan dari Asuransi Critical Illness (CI), tetapi terjemahan ini tidaklah tepat sebanarnya. Lebih tepat bila diterjemahkan dengan asuransi kondisi kritis. Hal ini karena yang dijamin dalam Asuransi Critical Illness bukanlah penyakit kritis, melainkan kondisi tertentu yang sesuai dengan definisi di dalam polis. Lebih dari itu, dalam dunia medis tidak pernah ada penyakit yang disebut dengan ‘penyakit kritis’.

Yang ada ketika tertanggu mengalami suatu kondisi tertentu yang bisa disebut kritis menurut apa yang ada di dalam polis, maka barulah tertanggung bisa melakukan klaim dana santunan. Tetapi bila kondisi yang dialami tertanggung tidak sesuai dengan definisi kritis yang sesuai dengan yang ada di polis, maka tertanggung tidak bisa melakukan klaim atas dana santunan.

Pertanyaanya apakah bila kita sudah memiliki asuransi penyakit kritis, kita bisa merasa aman karena mahalya biaya penyakit kritis telah ditanggung oleh asuransi?

Ada baiknya jangan terlalu berharap. Sebab seperti yang telah dijelaskan dalam definisi asuransi penyakit kritis di atas, bahwa dana santunan hanya bisa diklaim bila kondisi yang dialami tertanggung benar-benar kritis sesuai dengan ketentuan polis yang dibeli. Karena itu, bila anda ingin mengikuti asuransi penyakit kritis, bacalah terlebih dahulu dengan cermat kriteria kondisi kritis yang disebut dalam polis. Cermati pula berbagai macam tindakan yang dipersyaratkan sebelum melakukan klaim atas kondisi kritis yang anda derita.

Kriteria kondisi kritis dalam polis asuransi penyakit kritis umumnya berbeda dengan kriteria yang ada di dalam dunia medis. Bahkan ada yang mengatakan bahwa klaim asuransi penyakit kritis hanya bisa anda lakukan bila anda dalam kondisi yang mendekati ajal. Misalnya bila kondisi kritis anda karena kanker, maka anda harus memasuki stadium akhir (4) untuk bisa melakukan klaim.

Fungsi Asuransi Penyakit Kritis

Tiap produk yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi tentu ada fungsi dan manfaatnya. Apalagi memang sebelum menerbitkan produk, pasti dilakukan kajian dan penelitian terlebih dahulu soal kebutuhan produk yang akan diterbitkan perusahaan asuransi.

Jika melihat apa itu pengertian asuransi penyakit kritis, setidaknya bisa ditarik kesimpulan bahwa produk asuransi ini sengaja difungsikan untuk pengganti pendapatan pihak tertanggung karena pihak tertanggung menderita kondisi kritis. Pihak tertanggung tidak lagi bisa menghasilakn pendapatan karena tidak bisa bekerja dengan normal.

Selain itu, asuransi penyakit kritis juga bisa difungsikan untuk menanggung biaya yang tidak ditanggung oleh Asuransi Kesehatan. Sebagai contoh sebut saja biaya perjalanan untuk perawatan, biaya perjalanan dan akomodasi keluarga pasien, dan lain sebagainya.

Bila kondisi kritis yang diderita oleh tertanggung mengharuskan tertanggung untuk melakukan transplantasi organ tubuh, maka dana yang didapat dari klaim asuransi penyakit kritis bisa digunakn untuk mengganti biaya pembelian organ tubuh. Pembelian organ tubuh biasanya tidak ada tagihan yang datang dari Rumah Sakit.

Dari beberapa penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa asuransi penyakit kritis memiliki fungsi untuk:

  • Mengganti biaya pengobatan/perawatan penyakit kritis
  • Mengganti penghasilan yang hilang pihak tertanggung karena tidak bisa bekerja.
  • Mengganti biaya lain di luar pengobatan/perawatan
  • Melindungi aset dan mencegah jeratan utang
  • Mengurangi beban biaya kehidupan sehari-hari keluarga
  • Menambah dana aset keluarga dan lain sebagainya.

Kapan Anda Bisa Beli Asuransi Penyakit Kritis?

Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu saja tergantung dari keuangan dan program asuransi lain yang telah anda ikuti. Sebelum anda memutuskan untuk membeli peroduk asuransi penyakit kritis ada baiknya anda cermati beberapa hal. Pertama; ikuti dulu asuransi kesehatan. Karena mahalnya biaya perawatan saat ini, ada baiknya anda menyiapkan asuransi kesehatan dengan limit yang besar.

Kedua; setelah anda memiliki asuransi kesehatan yang memadai, langkah berikutnya adalah mengikuti Asuransi Jiwa. Ini ditujukan untuk anda yang memiliki penghasilan. Pilihlah produk asuransi jiwa yang memiliki nilai uang pertanggungan setara dengan tiga tahun penghasilan anda. Setidaknya dengan begitu, jika anda meninggal keluarga anda masih bisa survive setidaknya selama tiga tahun kedepan untuk menyiapkan memulihkan keadaan.

Baru setelah itu, jika anda merasa keuangan anda masih mencukupi untuk membayar premi asuransi, belilah salah satu produk asuransi penyakit kritis. Cara menghitung berapa Uang Pertanggungan yang anda butuhkan sama dengan cara menghitung asuransi jiwa.

Yang pasti sebelum anda mengikuti asuransi penyakit kritis, bacalah dengan cermat apa yang tercantum di dalam polis. Jika anda kurang paham, jangan ragu untuk menanyakannya. Setidaknya anda harus paham apa syarat yang harus anda pahami sebelum melakukan klaim untuk memastikan Uang Penanggungan bisa cair.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu asuransi penyakit kritis, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Serba-serbi tentang Asuransi Unit Link
Bagaimana Perusahaan Asuransi Mendapat Uang? Ini Penjelasannya!
Mengapa Asuransi Mobil Diwajibkan di Beberapa Negara?
Kenapa Asuransi Perjalanan (Asuransi Travel) itu Penting? Ini Penjelasannya!
Apa itu Asuransi? Ayo Mengenal Asuransi!
Seberapa Penting Asuransi Perjalanan itu?
Apa itu Asuransi Kesehatan? Mari Mengenal Asuransi Kesehatan!
Ini Dia Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan itu Penting
Apa Itu Pialang Asuransi?
Apa itu Asuransi Mobil? Mengapa Harus Diambil?


Bagikan Ke Teman Anda