Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Asuransi Rumah? Mengapa perlu mengambil Asuransi Rumah?

#asuransi rumah

Dalam beberapa hari belakangan ini, asuransi menjadi salah satu jenis produk keuangan yang paling laris. Alasannya, produk keuangan satu ini bukan hanya menjamin kekayaan yang bertambah, namun juga melindungi jiwa atau benda yang diasuransikan, termasuk asuransi rumah.

Secara umum, asuransi rumah adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi atau perlindungan atas keseluruhan rumah sebagai hunian seseorang. Asuransi rumah merupakan asuransi yang “wajib punya”, mengingat adanya hal-hal berikut ini:

1. Desain Rumah Saat Ini yang Penuh dengan Risiko

Saat ini, desain minimalis merupakan desain yang sering diaplikasikan pada rumah. Bukan hanya interior rumah saja yang didesain minimalis, namun eksteriornya juga terkadang berukuran kecil. Selain itu, rusun sebagai salah satu bentuk rumah sederhana juga sedang trending saat ini.

Kendati demikian, rumah-rumah berukuran kecil semacam itu memiliki risiko yang cukup tinggi apabila tidak diasuransikan, yakni kebakaran. Apabila satu rumah terbakar, maka seluruh isi rumah termasuk penyimpanan berharga kita juga akan lenyap. Hal ini diperparah dengan keadaan orang yang susah membedakan hal-hal mana yang harus disimpan dan mana yang tidak sebaiknya disimpan, di mana hal-hal yang ada dalam rumah dapat saja menjadi banyak.

Fenomena tersebut tidak hanya terjadi pada satu orang saja, namun juga terjadi pada banyak orang yang menerapkan desain interior maupun eksterior rumah yang sama. Karena itu, merupakan hal yang penting bagi kita untuk mengasuransikan rumah kita. Bila tidak, maka bersiap-siaplah menghadapi risiko rumah yang dapat menjadi kenyataan kapanpun.

2. Pertanggungan Risiko yang Lebih Ringan

Sebagai salah satu elemen kebutuhan manusia yang paling mendasar, urusan rumah dapat menjadi urusan yang membuat kita sakit kepala. Semakin sakit apabila semua risiko yang telah disebutkan pada poin sebelumnya menjadi tanggungan kita sendiri.

Dengan mengambil asuransi rumah, kita akan dapat mengalihkan sebagian risiko tersebut ke tangan orang lain, dalam hal ini perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi rumah. Selain kita tidak lagi merasa sendirian, kita pun akan memiliki kepastian akan jaminan barang-barang berharga yang kita simpan dalam rumah yang kita huni.

Beberapa perusahaan asuransi saat ini juga cukup friendly dengan asuransi rumah gabungan, yakni keadaan di mana kita menggunakan 2 asuransi atau lebih untuk meng-cover risiko apapun yang dapat terjadi pada rumah kita. Dengan adanya ijin untuk memasuki kedua jenis asuransi ini, kita akan dapat

3. Keuntungan Klaim yang Lebih Menyeluruh

Sisi positif asuransi rumah ini berkaitan dengan ukuran rumah sebagai bangunan. Dibandingkan dengan manusia, di mana proteksinya hanya meliputi seputar tubuh manusia itu sendiri, asuransi rumah memiliki covering area yang lebih besar.

Covering area yang lebih besar dari sekadar melindungi manusia membuat klaim asuransi rumah seharusnya lebih besar dibandingkan dengan klaim asuransi yang hanya berpusat pada badan seseorang. Apalagi, nilai jual rumah di kawasan tertentu selalu menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, sehingga hampir pasti kita memperoleh keuntungan klaim yang lebih besar saat mengasuransikan rumah.

Kenaikan nilai jual rumah sebesar 2 hingga 5 kali lipat dari pembelian awal merupakan hal yang umum terjadi pada rumah-rumah saat ini, terutama rumah-rumah di daerah yang mewah dan mahal. Lagipula, saat ini banyak cara untuk membuat rumah menjadi sumber penghasilan. Dengan adanya asuransi rumah sebagai tambahan penghasilan, kita tidak akan rugi saat hendak mengasuransikan rumah kita.

4. Asuransi Rumah Merupakan “Persiapan Masuk Liang Kubur”

Dalam kaitannya dengan persiapan seseorang masuk liang kubur atau meninggal, seringkali yang di pikiran kita adalah produk-produk asuransi yang melibatkan manusia, seperti asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, atau santunan meninggal dunia.

Siapa sangka, kejadian meninggal dunia dapat melibatkan rumah. Ada saat di mana rumah termasuk bagian dari warisan orang yang meninggal dunia. Warisan rumah tidak hanya berbentuk pendapatan atau harta (yakni rumah itu sendiri), melainkan dapat pula termasuk warisan hutang rumah turun-temurun.

Bila seseorang dengan asuransi rumah meninggal dunia, ia akan memiliki jaminan pembayaran atas hutang-hutangnya yang terkait dengan rumah hingga anak-cucunya. Selain itu, bila orang yang bersangkutan bergabung dengan bank penyedia kartu kredit yang bekerja sama pada perusahaan asuransi rumah, maka ahli waris serta orang-orang di sekitarnya akan menjadi lebih tenang karena segala sesuatu terkait uang pembayaran rumah sudah aman.

Karena itu, asuransi rumah merupakan “persiapan seseorang memasuki liang kubur” dengan tenang. Bila digabungkan dengan ketiga alasan yang telah disebutkan di atas, asuransi rumah merupakan sesuatu yang “wajib punya” bagi siapapun yang sudah cukup umur untuk membeli atau menyewa rumah.

Dengan adanya keempat poin alasan seperti di atas, kita akan tahu mengapa asuransi rumah sangat kita butuhkan. Seperti jenis-jenis asuransi lainnya, asuransi rumah melibatkan risiko, namun ada juga pendapatan investasi asuransi yang menjanjikan dan jaminan pembayaran hutang anak-cucu yang membuat roh tertanggung menjadi tenang di alam baka sebagai dampak positif bergabung dalam asuransi rumah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang asuransi rumah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.