Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Bancassurance? Definisi Bancassurance

Istilah bancassurance merupakan istilah yang tidak asing digunakan dalam dunia ekonomi dan akuntansi. Bancassurance adalah suatu program kerjasama antara suatu bank dengan perusahaan asuransi, dimana bank akan menjual produk asuransi dari perusahaan asuransi tersebut kepada para nasabahnya. Kedua belah pihak nantinya akan berbagi komisi dari penjualan produk asuransi tersebut. Jika dilihat dari aspek ekonomi, bancassurance memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, dimana bank akan mendapat keutungan dengan menjual produk tambahan untuk para nasabahnya, dan perusahaan asuransi akan mendapatkan tambahan konsumen tanpa perlu bersusah payah.

Tonggok utama dari penjualan asuransi dalam bancassurance terletak pada staff bank, khususnya teller bank. Teller bank adalah posisi pekerjaan dalam bank yang paling banyak berinteraksi dengan konsumen. Melalui teller bank, konsumen bisa mengetahui informasi tentang program asuransi yang ditawarkan serta teller bank bisa menggaet konsumen asuransi sehingga pendapatan bank dan perusahaan asuransi bisa bertambah.

Model bisnis yang diterapkan di bancassurance umumnya ada dua, yaitu:

Integrated Model (Model Terintegrasi)

Model terintegrasi adalah model bancassurance dimana aktivitas asuransi sangat terintegrasi dengan proses yang dijalankan di bank. Artinya, bank sangat berpengaruh besar dalam program asuransi yang diambil nasabah. Premi biasanya dikumpulkan oleh bank, dan debit diambil langsung dari rekening nasabah pada bank itu. Dalam kebanyakan kasus, manajemen aset juga dilakukan oleh pihak bank.

Non-Integrated Model (Model Tidak Terintegrasi)

Berbeda dengan model terintegrasi, dalam model non integrasi penjualan produk asuransi  sudah dibatasi oleh peraturan-peraturan tertentu. Hal ini dikarenakan dalam model ini produk asuransi yang ditawarkan tidak semuanya bisa dijual oleh staff bank cabang, melainkan hanya bisa dijual oleh penasihat keuangan resmi dari bank yang telah memenuhi kualifikasi tertentu. Biasanya para penasihat keuangan ini beroperasi sebagai agen terikat dan menjual secara eksklusif produk asuransi.

Pemilihan model bisnis dalam bancassurance akan berdampak pada semua aspek kegiatan dalam bancassurance sendiri. Aspek-aspek yang dipengaruhi antara lain adalah struktur perusahaan, strategi penjualan dan pemasaran, desain produk, dan renumerasi penjualan. Di banyak negara, pemilihan model bisnis bancassurance dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya kualifikasi minimum dalam penjualan produk asuransi, jenis produk asuransi yang diizinkan dijual oleh bank, dan hubungan antara bank dengan perusahaan asuransi sendiri.

Seperti halnya yang terjadi pada seluruh produk asuransi, bancassurance juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan dari bancassurance adalah:

  • Dapat meningkatkan laba, baik untuk pihak bank dan perusahaan asuransi.
  • Perusahaan asuransi dengan mudah akan mendapatkan pelanggan tambahan.
  • Bagi nasabah, bancassurance dapat digunakan untuk berbagai tujuan investasi, contohnya adalah tabungan hari tua, dana pendidikan, hingga dana untuk kebutuhan tak terduga.
  • Bancassurance dapat memenuhi kebutuhan menabung, perencanaan finansial, dan proteksi untuk investasi.
  • Nasabah dapat dengan mudah memantau pertumbuhan dana investasi.
  • Nasabah bebas menambah maupun menarik dana kapanpun tanpa perlu khawatir akan kehilangan perlindungan asuransi.

Setelah dijabarkan mengenai kelebihan bancassurance, berikut ini  beberapa kekurangan bancassurance:

  • Walaupun bancassurance merupakan produk investasi dengan potensi hasil yang lebih tinggi, namun bancassurance memiliki resiko investasi yang lebih besar.
  • Hasil investasi dari bacassurance tidak dijamin oleh bank.
  • Di beberapa negara, bancassurance dilarang untuk dijalankan.
  • Di beberapa negara, peraturan bancassurance sangat ketat.

Layaknya konsumen asuransi lainnya, nasabah yang memutuskan untuk membeli produk bancassurance juga memiliki sejumlah hak dan kewajiban. Berikut ini keterangannya:

Hak Nasabah

Seorang nasabah yang membeli produk bancassuranre memiliki hak-hak sebagai berikut:

  • Mendapatkan uang pertanggungan
  • Produk bancassurance tertentu dapat memberikan manfaat tambahan terhadap penyakit kritis, rawat inap, meninggal karena kecelakaan, dan lain-lain.
  • Nasabah dapat mendapatkan informasi perubahan dan perkembangan mengenai bancassurance secara terkini.

Kewajiban Nasabah

Selain hak-hak yang telah dijabarkan di atas, nasabah juga memiliki kewajiban-kewajiban, diantanya:

  • Membayar premi secara berkala sesuai perjanjian.
  • Memberikan update informasi pada pihak bancassurance jika ada perubahan data diri seperti alamat rumah, dan informasi-informasi penting yang berkenaan dengan kebijakan bancassurance.

Hal unik tentang bancasurrance adalah bahwasanya bancasurrance termasuk ke dalam sistem yang kontroversial. Pihak-pihak yang tidak setuju akan konsep bancassurance menganggap bahwa sistem ini memberi terlalu banyak kendali pada bank atas industri keuangan. Beberapa negara juga melarang dicanangkannya sistem bancassurance ini.Walaupun begitu, program bancassurance terbukti menjadi sistem yang efektif di negara-negara Eropa, Amerika Latin, Asia, hingga Australia.

Di Eropa sendiri, banyak bank yang telah mendominasi pasar bancassurance. Bank-bank tersebut diantaranya adalah Bank Crédit Agricole (Prancis), Bank ABN AMRO (Belanda), Bank BNP Paribas (Prancis), dan Bank ING (Belanda). Tak kalah dengan Bank-nya, perusahaan asuransi di Eropa juga tak kalah dalam mendominasi pasar bancassurance. Pada Desember 2015, Allianz yang mana merupakan perusahaan asuransi yang berkantor pusat di Munich, Jerman, menjalin kerjasama dengan Philippine National Bank (PNB) dimana dalam kerjasama tersebut Allianz mendapatkan akses ke lebih dari 660 cabang bank komersial dan 4 juta pelanggan yang berlokasi di Filipina. Tak mengherankan jika PNB bersedia menjali kerjasama dengan Allianz, karena memang Allianz adalah perusahaan asuransi raksasa yang memiliki jumlah kapitalis pasar sebesar $93,8 miliar pada 12 Maret 2019.

Terlepas dari negara-negara di Eropa yang merupakan kontributor utama dari perumbuhan pasar bancassurance, negara-negara di wilayah Asia-Pasifik justru merupakan negara-negara yang paling signifikan di dunia. Di Amerika Serikat juga diprediksi bahwa akan menunjukkan tingkat pertumbuhan yang relatif tinggi dari tahun 2018 hingga 2025. Hal ini disebabkan oleh portofilio produk unggulan dari bank, dan meningkatnya pengguna internet di sana. Amerika Latin dan Afrika juga diprediksi akan menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di tahun-tahun mendatang.

Itulah penjelasan mengenai bancassurance, lengkap dengan perkembangannya di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri, bancassurance merupakan sistem yang diperbolehkan untuk dijalankan.

Artikel Terkait

Demikianlaha artikel tentang apa itu bancassurance dan definisi bancassurance,semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kartu Kredit ANZ
Alasan Mengapa Kita Memerlukan Bank
Mengenal Kartu Kredit BCA
Apa itu Asuransi? Ayo Mengenal Asuransi!
Kartu Kredit Bank BNI
Penasaran Kartu AEON? Simak Ulasannya di sini!
9 Pertanyaan yang Sering Diajukan Ketika Membuka Bisnis Baru
Apa itu Asuransi Mobil? Mengapa Harus Diambil?
Apa Untungnya Jadi Nasabah Prioritas Bank?
Mengapa Orang Pintar Gagal Berbisnis?


Bagikan Ke Teman Anda