Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Barang Subtitusi? Berikut Contoh Barang Subtitusi!

Untuk memenuhi kebutuhan dan mempermudah kehidupan manusia, barang dibuat dengan beragam bentuk dan fungsi. Secara sederhana, barang adalah benda berwujud yang memiliki nilai sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia. Terdapat banyak sekali jenis barang yang ada di dunia ini, salah satunya adalah barang substitusi. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai barang substitusi dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Apa Itu Barang Substitusi?

Seperti yang telah diulas sebelumnya, terdapat berbagai jenis barang yang dibagi atas beragam kategori. Salah satunya adalah barang yang dibagi berdasarkan hubungannya dengan barang lain, yang terdiri dari barang komplementer dan barang substitusi. Barang komplementer merupakan jenis barang yang kegunaannya untuk melengkapi barang lain.

Berbeda dengan barang komplementer, barang substitusi dapat berdiri sendiri tanpa harus melengkapi atau dilengkapi barang lain. Sesuai dengan namanya, barang substitusi adalah barang yang berperan untuk menggantikan barang lain dengan fungsi sama. Jadi bisa saja ada dua barang atau lebih yang memiliki bentuk berbeda namun dapat digunakan untuk kebutuhan yang sama.

Mengapa Manusia Membutuhkan Barang Substitusi?

Seperti halnya barang lain, barang substitusi pun muncul karena adanya kebutuhan manusia terhadap barang tersebut. Barang substitusi muncul karena manusia membutuhkan suatu barang, namun keadaan tidak mendukung untuk bisa mendapatkan barang tersebut. Keadaan ini bisa saja terjadi karena berbagai faktor seperti faktor ekonomi, sumber daya, waktu, lokasi, dan lain sebagainya.

Karena tidak bisa mendapatkan barang yang dicari sedangkan kebutuhan tetap ada, maka manusia pun mencari barang lain yang bisa menggantikan barang itu. Dan karena tujuan utamanya memenuhi kebutuhan, maka barang yang dicari adalah barang yang memiliki fungsi dan kegunaan sama. Atau kalau tidak bisa benar-benar sama, setidaknya barang tersebut memiliki kemiripan dalam memberikan apa yang dibutuhkan.

Selain karena faktor kebutuhan, barang substitusi juga muncul sebagai bentuk dari perluasan produksi dan pemanfaatan sumber daya. Perluasan produksi ini dilakukan untuk menghasilkan keuntungan secara ekonomi dan meningkatkan kreativitas dalam menciptakan barang. Hal ini juga tentu berdampak positif karena manusia dapat mengelola sumber daya yang ada menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai lebih.

Contoh Barang Substitusi

Pada dasarnya tidak ada standar baku yang menentukan apakah suatu barang merupakan barang substitusi atau bukan karena semua tergantung pada fungsi dan penggunaannya. Karena itu dalam menentukan apa saja yang termasuk barang substitusi, yang pertama harus diperhatikan adalah fungsi dari barang tersebut. Barang itu dapat dikategorikan sebagai barang substitusi dari barang lain selama memiliki fungsi yang sama atau setidaknya serupa.

Misalnya saja untuk memenuhi fungsi bahan makanan, gandum dan kentang dapat menjadi barang substitusi dari beras yang selama ini menjadi makanan pokok. Atau dari segi fungsi berpakaian untuk menutupi tubuh, celana dapat menjadi barang substitusi dari rok dan kemeja dapat menjadi barang substitusi bagi kaos. Bisa juga dari segi fungsi untuk mendinginkan ruangan, kipas angin dapat menjadi pengganti tepat dari AC yang harganya jauh lebih mahal.

Memilih Barang Substitusi

Kita mungkin saja mengalami keadaan dimana tidak bisa mendapatkan barang yang dicari sehingga mengharuskan untuk menggunakan barang substitusi. Meskipun dalam konsep sederhananya tidak sulit menentukan barang substitusi, namun tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam memilih barang substitusi:

1. Mengetahui Kebutuhan

Hal pertama dan paling mendasar dalam menentukan serta memilih barang substitusi adalah mengetahui apa kebutuhan yang harus kita penuhi. Mengetahui kebutuhan akan membantu dalam menentukan barang apa saja yang fungsinya dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi jika misalnya kita membutuhkan sesuatu yang dapat digunakan sebagai alas kaki, kita perlu memikirkan barang apa yang memiliki fungsi tersebut.

2. Membuat List Barang

Setelah mengetahui apa kebutuhan kita dan fungsi barang yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat list barang. Tentunya list barang ini dibuat dengan kriteria utama yaitu fungsi yang sama atau serupa. Kita dapat membuat list dengan urutan yang menunjukkan prioritas sesuai dengan keadaan yang dihadapi atau bahkan keinginan pribadi.

Misalnya dalam memenuhi kebutuhan akan alas kaki, list barang yang pertama adalah sepatu. Baru di-list selanjutnya ada sepatu sandal dan sandal, yang digunakan kalau list pertama tidak bisa didapatkan.

3. Memperhatikan Harga Barang

Meskipun barang substitusi dibutuhkan untuk menggantikan barang yang tidak bisa didapatkan, namun jangan sampai kita mengabaikan soal harga. Memang penting untuk memenuhi kebutuhan dan mencari barang yang berfungsi sama, tapi ingat bahwa kita masih punya kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Jangan sampai karena berpikiran asalkan kebutuhan dapat terpenuhi segera, kita jadi asal memberi barang dengan harga selangit.

4. Menggunakan Barang dari Bahan Bekas

Sebelum memutuskan untuk membeli barang substitusi, ada baiknya kita mengecek kembali barang bekas yang dimiliki. Bisa saja dari bahan-bahan bekas tersebut, kita dapat membuat barang substitusi yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Akan lebih bagus lagi kalau kita kemudian dapat menjual barang tersebut dan menjalankan bisnis yang menguntungkan dari pengelolaan bahan bekas.

Demikianlah pembahasan mengenai barang substitusi, mulai dari pengertian, penyebab dibuatnya, hingga hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih barang tersebut. Adanya barang substitusi tentu sangat membantu kita untuk memenuhi kebutuhan saat barang yang dicari tidak ada. Meski begitu, kita tetap perlu bijak dalam mencari dan memilih barang substitusi agar tetap mendapat manfaat yang dicari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang barang subtitusi dan contohnya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Barang Komplementer? Berikut Contoh Barang Komplementer
Ini Dia Barang-barang Termahal di Dunia
Bagaimana Membeli Barang dari China Secara Grosir?
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Contoh Keputusan Finansial yang Buruk
Mengapa Orang Yahudi Sukses?
Jangan Beli Mainan Anak-anak Seperti Ini
Kesalahan dalam Membeli Mobil
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini


Bagikan Ke Teman Anda