Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu BCA QRKU?

Teknologi pembayaran saat ini semakin maju dan canggih. Dalam perkembangannya, sistem pembayaran dalam setiap transaksi jual beli dilakukan dengan menggunakan uang tunai. Dirasa cukup merepotkan dan berisiko jika nilai transaksi cukup besar, sehingga harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Tanpa menghilangkan uang tunai, sistem pembayaran beralih pada e-money atau e-wallet, yaitu sistem pembayaran berbasis kartu baik kartu debit maupun kredit. Pembayaran berbasis kartu ini harus menggunakan alat bantu mesin yang disebut dengan Electronic Data Capture (EDC).

Seiring dengan kebutuhan transaksi keuangan yang semakin tinggi, di mana pengguna menginginkan sistem pembayaran yang lebih cepat dan praktis, berkembanglah teknologi pembayaran berbasis Quick Response (QR).

Apa itu BCA QRku?

BCA QRku merupakan fitur yang dikembangkan oleh PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai sistem pembayaran untuk semua jenis transaksi keuangan yang mudah dan praktis. Fitur ini tersedia pada BCA Mobile sebagai solusi transfer dana tanpa harus menghafal deretan nomor rekening. Sebenarnya fitur ini tak hanya tersedia di BCA Mobile saja, tetapi ada juga di Sakuku, yakni aplikasi digital yang dikembangkan pula oleh lembaga perbankan swasta terbesar di Indonesia ini.

Sebelumnya sistem pembayaran berbasis QR ini telah digunakan oleh perusahaan jasa pembayaran seperti Go-Pay dan OVO Pay. Kedua jasa pembayaran tersebut telah menerapkan metode pembayaran dengan kode QR sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi. Prosesnya pun begitu mudah, hanya cukup dengan scan barcode QR yang tertera di kasir melalui aplikasi Go-Pay dan OVO.

Teknologi pembayaran berbasis QR ini tergolong baru, sehingga belum diadopsi seluruhnya oleh perusahaan penyedia jasa pembayaran, termasuk lembaga perbankan. Khusus untuk lembaga perbankan, meski BCA telah memiliki teknologi tersebut, namun belum masih belum diterapkan sebab belum mendapat persetujuan dari pihak regulator yang memegang otoritas di bidang perbankan, yaitu Bank Indonesia.

Saat ini, belum ada standarisasi perangkat yang mendukung teknologi pembayaran berbasis QR ini. Artinya, layanan pembayaran berbasis QR yang ada belum saling terkoneksi, termasuk antara QR milik bank dengan penyedia jasa pembayaran. Harapan ke depannya, tersedia mesin pembaca kode QR universal. Artinya, hanya butuh satu mesin standar yang bisa membaca semua kode QR sehingga dapat diterima oleh seluruh bank dan penyedia jasa pembayaran.

Fitur BCA QRku untuk saat ini masih bersifat closed loop. Namun, apabila sudah ada standarisasi maka kode QR BCA akan bersifat open loop yang artinya bisa diterima oleh semua penyedia jasa pembayaran berbasis QR.

Kegunaan fitur BCA QRku

Transfer merupakan salah satu jenis transaksi keuangan yang digunakan oleh nasabah untuk mengirimkan uang atau dana dari satu rekening ke rekening lain, baik atas nama sendiri atau orang lain. Kendalanya, nasabah harus memasukkan deretan angka sebagai nomor rekening tujuan yang sering kali sulit untuk dihafal, sehingga harus dicatat lebih dulu. Harus diakui memang cukup ribet untuk melakukan transfer. Sebab itu, BCA kemudian mengembangkan fitur layanan yang dapat mempermudah proses transfer tanpa harus ribet menghafal nomor rekening tujuan. Dengan tagar antiribet, fitur QRku pun diluncurkan dan diperkenalkan ke publik, terutama pada kalangan nasabah BCA dan pengguna aplikasi uang elektronik Sakuku.

Untuk saat ini, kegunaan fitur QRku hanya dikhususkan untuk melakukan transfer uang antara nasabah BCA atau sesama pengguna aplikasi Sakuku. Fitur ini bisa digunakan oleh nasabah BCA yang menggunakan BCA Mobile baik yang berstatus finansial maupun non-finansial. Sementara pada aplikasi Sakuku, fitur ini hanya bisa digunakan oleh kalangan yang terdaftar sebagai pengguna Sakuku Plus.

Keberadaan fitur QRku ini harus diakui mampu mempermudah dan mempercepat proses transfer baik oleh nasabah BCA maupun pengguna Sakuku. Tak hanya itu, transfer dengan fitur ini tidak ditentukan jumlah minimal, di mana transfer dapat dilakukan mulai dari Rp 1,-. Keunggulan lainnya, limit transfer pun tak dibatasi, tergantung pada saldo kartu dalam tabungan atau uang elektronik dalam aplikasi. Asyiknya lagi, penggunaan fitur layanan transfer berbasis QR ini bebas biaya alias gratis.

Meski fitur QRku masih dikhususkan untuk transfer, namun nasabah BCA atau pengguna aplikasi Sakuku bisa menikmati layanan lain dalam fitur ini. Nasabah dan pengguna aplikasi bisa menikmati layanan notifikasi atau pemberitahuan setiap ada dana masuk ke rekeningnya.

Dalam menggunakan fitur QRku, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan berkenaan dengan kode QR. Kode QR pada BCA Mobile tidak akan mengalami perubahan ketika nasabah mengganti nomor ponselnya. Sebaliknya, kode QR pada aplikasi Sakuku secara otomatis akan berubah saat pengguna mengubah atau mengganti nomor ponselnya.

Cara mengakses dan menggunakan fitur QRku

Untuk bisa mengakses fitur BCA QRku, pastikan Anda merupakan nasabah BCA dan menggunakan aplikasi BCA Mobile atau terdaftar sebagai pengguna aplikasi Sakuku Plus. Selain itu, pastikan pula Anda memiliki ponsel pintar yang dilengkapi dengan jaringan internet.

Pertama-tama Anda harus mengunduh aplikasi BCA Mobile atau Sakuku yang terbaru pada platform iOS atau android. Bagi Anda pengguna BCA Mobile, pastikan BCA Mobile (m-BCA) telah aktif. Sementara bagi Anda pengguna aplikasi Sakuku, upgrade lebih dulu ke Sakuku Plus.

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur BCA QRku? Fitur BCA QRku masih bersifat closed loop sehingga penggunaannya masih terbatas pada layanan transfer saja. Penggunaan fitur BCA QRku untuk transfer melalui aplikasi BCA Mobile dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  1. Mulailah dengan membuka aplikasi BCA Mobile pada ponsel Anda terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya klik menu QR.
  3. Muncul tampilan kode barcode pada layar ponsel Anda, scan kode QR rekening tujuan.
  4. Di halaman yang muncul pada layar ponsel Anda kemudian, tentukan nilai transfer yang diinginkan.
  5. Pastikan informasi nilai transfer sudah sesuai.
  6. Berikutnya masukkan PIN m-BCA Anda.
  7. Dalam sekejap muncul notifikasi bahwa proses transfer telah berhasil.

Cara melakukan transaksi transfer menggunakan fitur QRku pada aplikasi Sakuku tak jauh berbeda dengan BCA Mobile. Anda hanya perlu membuka atau mengaktifkan aplikasi Sakuku kemudian ikuti instruksi yang muncul pada layar ponsel Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang BCA QRKU, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Remittance?
Program Sakuku BCA dan Persyaratan Penggunaannya
9 Hal yang Harus Dimiliki Founder Startup Berbasis Teknologi
Trend Teknologi Tahun 2018? Ini Prediksinya!
Seluk-beluk Mengenai BCA Prioritas
Apa Itu ‘Bank Stress Test’?
Apa Perbedaan Crowdsourcing vs Crowdfunding?
Apa itu Key BCA? Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Key BCA!
Analisis CAMEL untuk Kesehatan Perbankan
Perbedaan GPN, Visa, dan Mastercard Serta Dampaknya pada Perdagangan Internasional


Bagikan Ke Teman Anda